February 5, 2019

Too Broke to Microsoft

Komputer pertama yang saya miliki yaitu komputer Pentium 2 dengan Operating System (OS) Windows 98 di Tahun 2000. Waktu itu dibeliin oleh ayah saya. Monitor tabungnya masih diletak di atas casing PC, ala-ala kasir mini market gitu. Waktu itu isinya aplikasi kasir full game, seperti Doom, Dangerous Dave, dan Prince of Persia.


Hingga tahun 2008, yang saya tau OS itu cuma Microsoft Windows. Waktu SMA, saya mulai tau OS lainnya seperti Ubuntu. Terima kasih buat anak kuliahan yang dulu datang ke sekolah dengan pamerin Ubuntu lengkap dengan 3D Compiz-nya. 

Mulai saat itu, saya tau kalau Windows itu ternyata berbayar dan Windows yang selama ini saya pakai yaitu bajakan.

Saking seringnya saya pakai aplikasi bajakan, menggunakan aplikasi crack itu sudah lumrah, udah ga kayak dosa lagi. Bahkan dulu aplikasi-aplikasi crack itu dijual dalam bentuk DVD dan dibanderol dengan harga 50 ribu rupiah. Rasa-nya dulu beli DVD aplikasi itu udah beli aplikasi original padahal mah kena tipu.

---

Tahun 2019 ini, saya hijrah dari Microsoft Windows setelah lebih dari 18 tahun bersama, mulai dari Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 sampai Windows 8.1. Bukan karena saya ga suka produk Microsoft Windows, tapi karena 'too broke to Microsoft'. I can't afford the price for now.

Dihitung-hitung, aplikasi bajakan yang sering yang saya pakai:
  • Microsoft Windows 8.1, harga sekitar 2 juta
  • Microsoft Office 2013, harga sekitar 1,4 juta
  • Adobe Photoshop CS6, harga 11 juta
  • Adobe Ilustrator, harga 6,2 juta (untuk 1 tahun versi CC)
Jadi hampir 20 juta. Udah bisa beli ultrabook dengan spesifikasi tjanggih itu mah. Daripada beli software yang tidak terlalu saya butuhkan, so I decided to move on. Saya coba beralih ke aplikasi gratis.


OS gratis yang saya pilih yaitu Elementary dengan base Ubuntu 18.04. Saya pilih Elementary ini karena tampilannya cakep bener. Jadi ga perlu konfigurasi yang aneh-aneh lagi, tinggal pakai lah istilahnya. Selain itu juga OS ini dibangun dengan base Ubuntu yang komunitasnya besar jadi banyak referensi kalau terjadi error. Rencananya pengalaman menggunakan Elementary OS ini, saya buat 1 tulisan khusus yang detail.

---

Kepindahan saya ke open source dengan pertimbangan kerjaan saya yang ga butuh-butuh amat aplikasi berbayar selain OS. Untuk keperluan ngoding PHP, saya cuma perlu web server, database server, text editor dan browser. Semua aplikasi tersebut sama, semuanya gratis.

Emang berat awalnya pindah OS, saya juga. Terasa kikuk, yang dulu pakai Photoshop, sekarang pakai GIMP. Dulu pakai Microsoft Office, sekarang pakai LibreOffice. Dulu nginstall printer gampang bener, sekarang susah bener ga bisa-bisa.

Tapi 1 hal yang paling dasar, yang ga bisa dibohongin yaitu, saya nyaman sekali pakai aplikasi original. Jadi ga ada keraguan lagi, penghasilan yang didapat halal atau tidak. Karena emang pembajakan ini sama saja dengan "mencuri" hak pemilik aplikasi. Apalagi saya, sebagai pengembang aplikasi tau rasanya aplikasi yang udah dibuat dengan susah payah, digunakan secara illegal.

Saya juga belum full hijrah ke aplikasi original, di komputer kantor masih pakai Windows bajakan karena kantor tempat saya bekerja belum menghargai hak-hak pembuat aplikasi. Tapi minimal, laptop saya udah pakai aplikasi original. Ya, minimal udah ada kemajuan untuk hijrah dari aplikasi bajakan. Jaga-jaga nanti kalau di akhirat ditanya.

Sekian, terima hibah windos dan offis aseli.

Sumber foto: Dangerous Dave | Elementary OS

49 comments:

  1. Saya jadi teringat komputer pertama saya beli tahun 2007. Komputer bekas sih tapi betul2 memuaskan saat itu. Stiap hari sy mainnya Zuma terus atau kalo enggak ya age of empires. :)

    btw congratz sudah move on dari barang bajakn... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, sampe sekarang masih banyak yang main Zuma mas.. Tapi kalau Ages of Empires, bener-bener dah tu, legenda abis pada jamannya hahaha..

      Delete
    2. zuma? wah itu mah masih tergolong baru. Kalau saya dulu adanya ya kartu remi itu.

      Delete
    3. Wahaha, bayangin aja sekarang di Windows 8.1 dan Solitaire itu tidak jadi games pre-installed.. Hahaha.. Jadi kangen main Solitaire waktu sekolah dulu *eh*

      Delete
  2. udh bukan rahasia umum, hampir 50% mungkin pengguna windows di Indonesia pake bajakan semua termasuk warnet warnet di pinggir jalan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, semoga ke depannya banyak warnet yang sadar dan peduli akan penggunaan aplikasi original. Apalagi itu untuk usaha..

      Delete
  3. kalo ada yang bagus dan gratis kenapa enggak :D, lagian pake bajakan terus juga gak baik untuk kesehatan :D

    ReplyDelete
  4. Pernah beli kompi buat temen, lupa cek pas sampe rumah tmn saya komplen krena ternyata windows nya gak asli, malu aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau beli komputer/laptop baru/bekas, harus diperhatikan benar itu mas OS-nya original atau bajakan. Buat pelajaran di kemudian hari itu mas 😁

      Delete
  5. perspektif yang bagus! tidak hanya aplikasi (kebetulan di kantor saya diharuskan memakai aplikasi windows asli dan berikut aplikasi lainnya), pengunduhan/streaming film ilegal juga sudah mulai saya kurangin bgt. salah satunya beralih ke netflix, ternyata isinya bagus semua jadi ngerasa ga rugi jg sih untuk bayar #justsharing :)

    cheers,
    CAT WRANGLER

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren sekali kantornya mbak! Kalau saat ini emang untuk unduh film-film bajakan udah mulai saya kurang-kurangi, tapi emang belum pernah coba subscribe Netflix sih.. Terima kasih sharingnya mbak..

      Delete
  6. yah windows kebanyakan bajakan... karena kalau udah instal yang asli katanya mahal dan itu biasanya jarang ada penjual kompi atau laptop yang perhatikan hal ini. akhirnya kita santai aja sampai kita gak sadar kalau selain windows juga kebanyakan bajakan. pokoknya sekitar 70 atau 80 persen aplikasi di kompi kita itu bajakan... iya kan min...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu mas, seperti yang saya tulis, emang Microsoft Windows dkk itu mahal makanya saya hijrah ke aplikasi open source..

      Kalau saya udah terbiasa pakai aplikasi gratis Mas, cuma 4 aplikasi diatas yang masih pakai bajakan..

      Delete
  7. Saya gak tahu Windows laptop saya asli atau tidak karena tiap ada update Windows selalu pihak penjual yang melakukan update.. Memang rata2 masih banyak yang menggunakan aplikasi bajakan, mungkin karena mahalnya aplikasi tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kalau bisa melakukan update, insyaallah Windows ori mas.. Biasanya tau kalau bajakan ada aplikasi crack berjalan di background seperti KMSpico..

      Delete
  8. Gw gak tau apa-apa kalo aplikasi dan perkomputeran. Bego banget sumpah, hahahaha. Taunya mah cuman pake. Kalo komputer error ya tinggal panggil adek gw. Praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, untung bukan tipe yang kalau error langsung beli komputer baru *pakai mahkota kerajaan brunei*

      Delete
  9. Wah aku juga pernah tuhh salah install windows, rupanya windows bajakan pantasan beberapa aplikasi sering eror kalau di install.

    Tapi sekarang udah lumayan ngerti sih sedikit tentang perkomputeran jadi bisa bedain Windows asli dan bajakannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau pakai OS bajakan, banyak aplikasi antah berantah yang jalan di background aplikasi haha..

      Delete
  10. Pakai GIMp juga enak, tapi emang gak semirip dan selengkap photoshop, contoh kecilnya di Photoshop kita bisa ngatur capacity saat akan menggunakan brush, di GIMP belum ada untuk atur capacitynya, tapi secara umum hampir sama2 aja, saya sendiri lebih suka ke Ubuntu, soalnya kayanya ubuntu lebih umum aja,, Libre Office, Inkscape dll,, walaupun ini os gratisan, tapi sangat2 lengkap... salut sama yang bikinnya, entah dariman mereka bisa dapat uang ?? padahal menulis aplikasi sangat2 memakan waktu, tapi ketika jadi mereka gratiskan.. luar biasa sekali... whahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubuntu dibangun dengan komunitas mas, yang benar-benar berdedikasi buat menciptakan OS yang powerfull, aman, bebas virus, dan bebas spyware.. Cari duitnya saya juga ga tau darimana hahaha..

      Delete
    2. Oiya mas, untuk GIMP saya belum eksplot sejauh itu.. Kalau saya yang penting bisa atur brightness, contrast, level, curve dan opacity untuk watermark dah cukup hahaha

      Delete
    3. jiah....nyambung beeng ya kalau urusan yang beginian mah....
      saya baca artikel...eh baca judul langsung liat komentar juga masih ora mudeng....piye kie...hadeuh

      Delete
    4. nah itu yang belum kepikiran, tidak mungkin juga kalau mereka tak dapat uang sama sekali, mungkin bisa aja dari donasi, atau mengerjakannya kalau lagi senggang hahahah... dan mereka kerja di tempat lain yang dapat bayaran...

      Delete
    5. Mang Lembu - yang sabar yah mang, intinya gunakan produk orisinil lah hahaha..

      Ahmad Zaelani - Kalau saya baca di Wikipedia, Canonical (Perusahaan behind Ubuntu) dapat profit dari server dan professional support solutions.

      Delete
  11. Sepertinya saya belum bisa move-on pak. Sementara masih pakai OS Windows bawaan laptop aja. Minimal OS nya original hahaha -_-

    Ditunggu review OS nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ini pindah OS karna ndak punya Windows ori bay, kalo kaya kayak kaum borjuis, dah pake Windows asli ndak perlu ke OS gratisan hahaha

      Delete
  12. Photoshop CS 6 11 juta... whatttt!!! saya baru tau,,, hahaha

    saya ga pernah punya pc, langsung ke laptop. Udah 4 kali pakai laptop yang beda dan semuanya OS windows... 3 diantaranya bajakan, whaaa... terakhir sih pakai apps bajakan juga...

    Nah kalau sekarang pakai Mint, karena ga banyak kebutuhan juga sih... tapi pengen suatu saat nanti pakai Mac OS, biar bisa ngerasain beda2 OS... tapi kalau ke Windows kayaknya ga lagi deh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. CS6 bener mas segitu harganya, saya lihat di salah satu online store terpercaya enterkomp**** hahaha.


      Wah, emang dilihat dari distro Ubuntu, yang Linux Mint paling mendekati Windows mas jadi lebih familiar environtment OS-nya..

      MacOS emang masih penasaran saya mas, belum pernah pakai secara full hahaha..

      Delete
  13. KEnapa microsoft mahal sekali ya jual produk ori nya, padahal penggunanya sebagian besar di dunia pakai microsoft product. Laptop saya gak tau, asli atau bukan OS nya.. Udah lama.

    saya inget pertama beli komputer bekas, yang harganya murah banget, udah gitu sering error, gak ngerti cara pakainya, cuma buat game aja, hahaha. akhirnya dijual lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mikirin para blogger yang duitnya sedikit tapi kebutuhan akan si Microsoft sangat dominan ya mang

      Delete
    2. hehehhee bener juga ya mang lembu ini

      Delete
    3. banyak yang pakai tapi tdk ori yah

      Delete
    4. Microsoft Windows emang mahal karena emang bagus dan 'hampir' semua orang pasti pernah pakai Windows.. Kalau saya bilang, 'mantra' windows itu sulit dikalahkan mas haha..

      Karena mengingat ketergantungan masyarakat, plus OS adalah aplikasi wajib komputer, serta biaya research yang dikeluarkan juga tinggi, menyebabkan harga produknya juga tinggi mas.. Buktinya orang masih mau banyak beli Windows original mas..

      Delete
    5. Mang Lembu & Dzaky Dewan
      Kalau menurut saya, blogger itu cuma butuh browser yang notabene aplikasi gratis mas. Kalau misal belum mampu beli Windows ori, bisa pakai Linux OS terus install browser dah bisa ngeblog kok hahaha..

      Delete
  14. Wah saya jadi tersindir nih ,saya dari dulu masih setia menggunakan aplikasi bajakan. Bahkan komputer jadul saya masih ada, yang monitor tabung itu.
    Ah lain waktu juga ada rencana peindah ke ubuntu yang katanya punya power yang leih aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini catatan buat saya pribadi mas, untuk terus sebisa mungkin pakai aplikasi original..

      Benar Mas, Ubuntu emang lebih 'resource-friendly' daripada Windows.. Ati-ati radiasi komputer tabung mas, bisa puyeng dah tu.. hahaha..

      Delete
  15. Haha, sy juga masih bajakan wkwkwkwk
    Pernah pakai yang asli, kebanyakan minta update, nguras memory, mana saya pakai laptop tanpa SSD tambahan, akhirnya tekor memorynya, mana SSD mahal.

    Akhirnya laptop ber OS asli, saya lepas saja ke pasar. Daripada repot.

    Kalau besok mati ditanya, pakai OS bajakan buat cari rejeki, ya Dia Maha Tahu berapa harga OS asli, sedangkan yang free tidak semudah dibayangkan.

    Yang pasti saat ini sedang mempersiapkan dana untuk beli OS ori. Ya dibuat enjoy saja lah. Soalnya ya, harga OS memang tidak murah, tapi live must go on hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puk-puk, sabar ya bang. Kalau ada kemampuan, beli yang ori mas.. Rencana saya juga kalo udah ada duit juga beli yang ori, tapi nunggu Windows versi baru aja hahaha..

      Delete
  16. Komputer pertama aku berupa laptop seken beli di Ramayana Jalan Sudirman, Pekanbaru. Tahun 2005. Merek Compaq. Nyimpen filenya masih pake disket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woah! Saya bisa bayangin tebalnya seperti apa itu mas hahahaha

      Delete
  17. Aku nggak tahu tuh yang mana windows bajakan apa windows asli. Tapi kebanyakan orang bilang sih bajakan. Betul gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan emang menggunakan bajakan mbak, tapi juga banyak kok yang pakai asli.. Cuma emang ga sebanyak yang pakai bajakan haha..

      Delete
  18. Pake windows asli juga mihil kang.. ak juga ampe skg pakenya bajakan aja wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung mbak buat beli produk original, saya juga rencana nanti kalo dah kaya mau beli produk original aja..

      (( kalau kaya ))

      Delete
    2. hhahhahaa baru niat ya mau beli yang ori ckckkckc.. yauda patungan tar copy paste gimana kang andy ckkckc

      Delete
  19. Bingung, nanti kalau beli tablet dan ada aplikasi bawaan dari windows untuk ngetik dan hitungan ala offfice, apa barangnya asli? Itu kalau sudah aawaan pabrik. Kblau ternyata tak ada aplikasi windows dan adanya semacam polaris, apa asli dari pabrikan? Saya mah tak mikir soal asli atau jidaknya program dalam komputer, kirain sudah satu paket dengan produk. UBUNTU mah mana saya paham, kalau tak kenal maka tak biasa. saya nyaman di windows, ada segi kepercayaan dan harapan.

    ReplyDelete
  20. di kantor sha semua-semua nya original dan enaknya jadi ga pernah rusak. Gak pernah ada problem yang berarti :)

    ReplyDelete