February 2, 2019

New Baby on the Block

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat membaca tentang Quarter Life Crysis. Tidak baca detail, tapi yang saya tau secara garis besar mengenai orang yang berumur 25 tahun yang belum sukses, padahal teman yang lain dengan umur yang sama sudah sukses. Ya, kira-kira seperti itu lah yang saya tangkap dengan kemampuan saya ini.

Tahun 2018 adalah life-changing bagi saya. Tapi dapat saya pastikan, bukan quarter life crysis itu. Cuma, kejadian yang terjadi kebetulan pas saya berumur 25 tahun.

Salah satu yang mengubah hidup saya yaitu dikaruniai seorang anak laki-laki di bulan April tahun 2018. Menjadi bapak baru benar-benar life-changing.

---

Sejak menikah di Tahun 2016 lalu, akhirnya di Tahun 2018 kami dianugerahi seorang anak laki-laki. Namanya Ammar Radeya, lahir dengan sehat, sempurna, massa 3,1 kg, panjang 49 cm. Lahirnya di salah satu rumah sakit di Pekanbaru. Ibu-nya juga sehat dan selamat. Alhamdulillah.


Pemberian nama Ammar, terinspirasi dari nama sahabat Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam, yaitu Ammar bin Yasir. Bukan Ammar Zoni ya, apalagi amar ma'ruf nahi mungkar.

Semenjak ada Ammar, hidup saya berubah. Menjadi lebih berarti kalau saya bilang. Selama ini hidup cuma ngurus diri sendiri plus istri, orang dewasa yang sudah berakal, masih bisa kompromi dengan diri sendiri.

Salah satu nikmat yaitu punya alasan baru. Biasanya saya yang kerja lembur hampir setiap hari (bahkan weekend), bisa pulang lebih cepat dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Menikmati aksi-aksi si anak yang baru tiap harinya. Orang kantor juga mengerti, kalau saya punya bayi yang harus diberi perhatian lebih.

Selain itu, punya anak juga jadi penyemangat untuk saya belajar agama yang lebih baik.

---

Buat teman-teman yang sudah menikah dan belum dikaruniai anak, jangan sedih dan jangan risau. Karena apapun yang kita alami tidak akan pernah sia-sia dan ada nilainya di akhirat nanti. Jangan lupa terus berdo'a dan yakin bahwa Allah pasti mengabulkan do'a hambanya dengan 3 kemungkinan.

Terakhir, saya dan istri sepakat untuk tidak publish foto anak di media sosial secara umum, untuk mencegah ain pada anak. Bisa juga menjadi pertimbangan sebelum mem-publish foto anak di media sosial.

Sekian, terima nasi biryani 2 porsi.

38 comments:

  1. Salam buat adik Ammar.
    Semoga kelak jadi blogger handal seperti ayahnya 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas, nanti disampaikan salamnya..

      Delete
    2. Jadi insyiyur, kalau bisa jadi preseden,biar lebih top markotop.

      Delete
    3. Apapun itu yang penting sholeh dah mas, aamiin..

      Delete
    4. Terimakasih salamnya :)

      O, iya diing kelak jadi insinyur atau jadi presiden saja ..., kalo jadi blogger saingannya bejibun wwwkkwkk *lol* :D

      Delete
  2. Punya alasan baru ya? Hati-hati bos ngebaca ndi hahaha :))

    Selamat ya buat Pak Andie dan keluarga. Semoga keharmonisan dalam rumah tangga selalu terjaga. Semoga kelak dek Ammar menjadi anak yang shaleh. Aamiin ya Allah o:)

    Semoga saya juga segera nyusul bisa menikah di tahun ini. Aamiin ya Allah o:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, masyaallah.. Terima kasih bay do'anya, semoga dilancarkan segala urusan pernikahannya ya.. Aamiin..

      Delete
  3. Selamat yaa..statusnya udah jadi bapak.. banyak tanggungjawab + pengalaman baru tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, benar mbak bertambah tanggung jawab plus pengalaman-pengalaman yang bakal di share di blog hahaha..

      Delete
  4. Apakah 25 tahun itu harus sukses yah .. whahah, sekarang lagi berjuang, berusaha untuk sukses secara finansial, tapi susahnya minta ampun,,, padahal temen2 saya banyak yang sudha sukses2...

    Kalau masalah anak sih, saya sebagai jomblo hanya bisa berkomentar bahwa idealnya foto2 anak, atau keluarga kita jangan terlalu diumbar di publik, biarlah di konsumsi sendiri, apalagi umbar2 foto pernikahan, kasian kan jomblo duuh... wheheheh :D takutnya kena ain pasangan idupnya.. soalnya suka banyak yang dengki, terutama kalau itu fotonya foto mantan.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha, korban mantan ini mah namanya :))

      Insyaallah, hasil tidak akan mengkhianati usaha mas. Semangat terus!

      Delete
  5. Nama adalah doa, namanya bagus juga, tidak terallu panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, nama adalah do'a..

      Tapi emang kalau namanya sampai lebih dari 4 kata boleh lah disortir lagi itu do'anya yang mana :))

      Ujung-ujungnya, nama Rahmat, dipanggil 'mat'.. ya ga ada artinya itu mat..

      Delete
  6. Selamat menjadi bapak. Semoga Ammar sehat selalu dan menjadi anak yang shalih. Semoga pula Ammar segera diberi adek, biar ada temen bermain. *Upppsss keceplosan. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha, padahal ya bapaknya pun teman maen lah mas Irhan hahaha..

      Delete
  7. Setuju, jangan terlalu royal publish photo di media sosial. Tetap harus punya selektif, mana yang layak dan mana yang tidak. Kalau bisa tidak publish itu lebih bagus.
    Bagi yang belum punya anak, semoga semakin didekatkan rezekinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, betul mas, tidak dipublish lebih bagus, tapi apalah daya orang tua millenial butuh endorse produk bayi mas wahahaha

      Delete
  8. Wah senangnya jadi bapak sungguhan...
    Apalah dayaku yang belum memiliki keturunan.
    *lho nikah aja belum..

    Iya deh, doain deh mas mudah2an ditahun ini aku bisa bertemu dengan jodohku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin, semoga Mas Adhi cepat ditemukan dengan jodohnya, yang sholehah aamiin..

      Delete
  9. jadi terbukti bahwa menikah hingga dikaruniai anak sebuah rezeki tak terhingga yg diberikan oleh Allah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat mas, disertai dengan tanggung jawab yang besar juga mas pastinya. Kayak kata Sepidermen itu lho mas..

      Delete
  10. Wahhh selamat ya mas atas kelahiran anaknya, semoga saja bisa menjadi anak yang berbakti dan patuh kepada orang tuanya. Memang betul dengan memiliki anak, hidup serasa bahagia. Ada penghibur setelah pulang kerja capek.

    Saya sebagai anak bungsu dirumah tidak bisa merasakan rasanya punya adek, disaat melihat orang lain punya adek jadi kepengen wuehehe, karena seru gitu. Tapi saya bersyukur aja lah memiliki kakak yang juga menyayangi adik adik nya..

    Semngat Pak, semoga bisa nambah lagi satu wueheh ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin, terima kasih do'anya mas Bepe..

      Saya juga sebagai anak bungsu, merasakan hal yang sama.. Hahaha.. Tapi beda sih sayang sama adek dan anak wkwkwk plus beda tanggungjawabnya..

      Delete
  11. Sama anak saya juga laki laki, yang paling senang sih Pak Su sebelum punya anak paling betah lemburan sampe tiap hari, pas udah ada anak udah jarang lemburan maunya main sama anak aja, senang rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama banget itu dengan saya.. Akhirnya sadar, lembur keterlaluan tu tak baik. Hahaha..

      Delete
  12. Wah umur kita samaan, mas. Tahun menikahpun sama. Anak saya juga laki-laki. Selamat menikmati jadi bapak. Ayo sharing di blog suka dukanya menjadi bapak, belum banyak yang bikin soalnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah begitu yaa? Siapp! Diusahakan mbak, terima kasih sarannya yah!

      Delete
  13. alhamdulilah akhirnya diberikan bayi mungil yang soleh yaa.. saya juga sama kang.. kemarin baru lahiran dan dikasi bayi perempuan.. semoga kita bisa menjadi orangtua yang amanah ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin, insyaallah..

      Barakallah kelahiran putrinya Mbak Vika, semoga jadi anak sholehah juga yaaa!

      Delete
  14. Alhamdulillah selamat ya mas sudah jadi Ayah makin tambah bersemangat menjalani hari ni, kalo saya masih menjemput buah hati, salam kenal kembali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Hafizhah, aamiiinn.. Do'anya sangat berarti..

      Delete
  15. Selamat ya, Pak. Sudah resmi jadi bapak. Semoga ananda tumbuh menjadi anak solih yang berbakti kepada orang tuanya.

    ReplyDelete
  16. Pak andieee ternyata anak kita beda sebulan umurnya. Halloo kakak amar dari baby Kama.

    Btw, aku pun sejak punya anak hidup kerasa banget berubahnya. Dan aku baru sadar justru ini tahap pendewasaanku, setiap harinya banyak belajar. Kama yg bikin aku belajar. Pelajaran yg gak pernah aku dapetin selama ini di bangku sekolah.

    Masalah penyakit ain, percaya gak percaya aku pernah share di IG story foto Kama kala itu pake caption "aku anak sehat tubuhku kuat". Gak lama, Kama tiba2 demam 38,7 derajat C. Tanpa pilek, batuk, dan keluhan lainnya. Langsung aku drop pct karena panik sendirian di rumah, dan pakein singlet. Alhamdulillah turun. Sampe sekarang aku gak tau kenapa bisa tiba-tiba demam. Kalau dihubungkan sama penyakit ain itu mungkin iya mungkin juga gak.

    Sekarang gak sering-sering lagi post foto dia. Kalau pun post,aku pakein caption MasyaAllah Tabarakallah. Kata Pak Ustad kalau yg liat ikut pada ngucapin, bisa untuk menangkal ain. Wallahualam.

    Tapi memang sampai sekarang aku belum bisa stop 100% ngepost foto Kama. Susah banget ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu persis seperti kata Istri tiap anak bertambah kepintarannya.. Pelajaran berharga membesarkan anak.. Apalagi dulu awalnya kami besarin anak sendirian tanpa orangtua sampai 6 bulanan..

      Subhanallah T.T

      Emang efeknya itu bi, langsung.. Aku dan istri tetap share foto anak sih, tapi di akun privat yang followernya cuma 3 :)) Karena kalau liat anak sakit tu, teriris hati rasanya hik..

      Plus lelah tentunya T.T

      Delete
    2. Nahh itu ndie, aku juga kebetulan pengen bikin akun IG buat anak. Tapi walaupun diprivate tetep aman gak ya? Takut ada yg iseng hack.

      Soalnya di IG enak bisa jadi reminder juga buat cerita kronologis perkembangan anak. Cocok untuk emak2 pelupa seperti eike hahaha

      Delete
    3. Kayaknya ndak ada yang mau hack akun IG anak awak bi :))

      Kalau istri emang biasanya tumbuhkembang anak, diletak di instagram.. Apalagi yang lucu-lucu.. Plus tanggal-tanggalnya sihh tu biar inget..

      Delete