September 28, 2021

Untung dengan Mediakomen

Rating, review dan komentar mengubah cara hidup kita. Contohnya dulu saat kita mau beli makanan, tinggal cari tempat dekat kantor atau rumah yang rame. Kalau sekarang? Searching hashtag di Instagram dulu, cek review di Google Maps atau Zomato, atau bahkan ada yang percaya dengan akun tertentu yang taste-nya sesuai dengan lidah kita.

Memudahkan atau tidak? Menurut saya memudahkan. Kita bisa lihat foto dan komentar tentang kenyamanan tempat, rasa, pelayanan dan harga di media sosial sebelum menentukan pilihan. Saya yakin, bahwa tempat makan “gacha” yang tidak ada harga di menu-nya bikin badan meriang keringat dingin kalo duit lagi pas-pasan. 

---

Kita jadikan tempat makan sebagai contoh ya, biar tulisan dibawah ini lebih menjurus, terjulur, dan bermanpaat. Sebagai pemilik tempat makan, memiliki rating, review, dan engagement yang baik tentu saja menjadi modal utama diperduniasosialan. Bahkan di film Ratatouile, review Anton Ego menentukan kesuksesan sebuah restoran. Udah kebayangkan gimana vitalnya review atau ulasan ini?


Emang mustahil kita bisa minta Anton Ego untuk review tempat makan kita. Tapi ga harus beliau kok yang berhak memberikan review, komentar dan rating. Di media sosial saat ini, rating baik dari 1.000 orang lebih bagus daripada review buruk dari 10.000 orang.

Nah, sekarang ada platform Mediakomen yang memberikan jasa komentar Youtube dan rating untuk sosial media dengan harga yang cukup terjangkau. Tentunya hal ini legal ya, karena ini bukan bot ataupun spam. Saat ini Mediakomen memberikan layanan di Youtube, Instagram, Google Maps dan Play Store.

Untuk hasil yang optimal, sebaiknya pilih platform dengan tepat sesuai dengan jenis usaha kita ya. Misalnya, kita punya usaha makanan tapi malah pilih layanan rating di Play Store. Sebaiknya pilih Instagram dan Google Maps karena ketika manusia nyari tempat makan biasanya di platform ini. 

Biar ga salah pilih layanan, kita jelasin ya layanan yang diberikan Mediakomen dengan lengkap. Agar promosinya lebih tepat sasaran.


Komentar di Postingan Instagram


Untuk meningkatkan exposure tiap konten yang kita buat di Instagram. Bisa berupa foto, video, reels ataupun IGTV. Komentar yang diberikan tidak asal, tidak pendek, dan tentunya sesuai dengan konten. Hal ini bertujuan agar komentar tidak ditandai spam oleh Instagram.

Beberapa manfaatnya yaitu:
  1. Meningkatkan engagement rate dan eksposur konten kita
  2. Meningkatkan daya tarik terhadap konten

Komentar di Video Youtube

Algoritma Youtube memang ketat saat pencarian video dan trending. Tapi, banyaknya komentar positif berkontribusi terhadap konten video kita di Youtube. Dengan baiknya posisi video kita pada pencarian, maka tentunya dapat meningkatkan jam tayang dan jumlah subscriber.

Beberapa manfaatnya yaitu:
  1. Meningkatkan SEO akun Youtube
  2. Meningkatkan kepercayaan
  3. Meningkatkan engagement dengan berbalas komentar dengan pengguna

Rating dan Review Google Maps

Secara default, ketika mencari suatu tempat maka kita akan mencari pada Google yang langsung mengarahkan ke Maps. Apabila ada 2 tempat makan Sate Padang yang satunya dengan rating 4.8 dari 123 pengguna dan satunya lagi memiliki rating 2.4 dari 40 pengguna. Maka mana yang akan kita pilih? 

Menurut saya, layanan ini salah satu yang penting karena Google memiliki banyak sekali layanan terintegrasi terhubung dengan mesin pencarian.

Beberapa manfaatnya yaitu:
  1. Meningkatkan reputasi bisnis secara online
  2. Meningkatkan posisi pencarian pada Google

Download, Rating & Review Play Store

Salah satu layanan yang menurut saya cocok digunakan untuk aplikasi publik yang dibuat oleh Pemerintah. Bisa juga untuk start-up yang baru meluncurkan aplikasi. Hampir sama seperti di Google Maps, aplikasi dengan rating yang baik akan lebih dipilih oleh konsumen. 

Beberapa manfaatnya yaitu:
  1. Meningkatkan jumlah pengunduh aplikasi
  2. Meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap aplikasi
---

Udah ga bingung kan? Sudah saatnya meningkatkan level sosial media kita dan usaha kita agar lebih dipercayai oleh orang lain. Anggap ini sebagai "pancingan" agar usaha kita makin baik di dunia sosial. Eh iya, ga cuma akun usaha kita lho, bisa juga untuk personal branding, pemilihan ketua kelas, atau yang lainnya.