October 4, 2021

Agak Grogi

Sebagai pengguna Windows sejak Windows 98, ga pernah terpikir untuk menggunakan OS lain. Udah nyoba Linux dengan berbagai distro seperti Ubuntu dan Elementary, tapi tetap aja ga betah dan ujung-ujungnya balik lagi ke Windows. Ga pernah niat untuk menggunakan mereka secara jangka panjang. 

Waktu kuliah juga beberapa semester diajarin Linux, tapi ya semata-mata karna tuntutan nilai. Eh iya, ini Windows untuk penggunaan komputer umum ya, bukan server. Kalau server mah, Linux la kemana-mana.

---

Beberapa minggu lalu, ada yang servis Macbook Air dan akhirnya saya berkesempatan nyobain Mac OS. Saya nyobain High Sierra 10.13, setelah beberapa hari pakai sangat terkesan dengan performanya

Penyebab Racun Eppel

Edan! Ini RAM cuma 4 Gb, Intel i5 lawas, SSD, dan cuma pakai integrated VGA aja kok bisa smooth bener performanya. Apalagi berinteraksi dengan touchpad Macbook yang feel and control-nya ga ada yang bisa ngalahin. Macbook yang saya pegang ini Macbook Air 2014 11 Inch. Bukan Macbook ataupun Macbook Pro yang spesifikasinya lebih tinggi.

Sempat kepikiran, apa iya nyobain Hackintosh? Tapi kan ilegal. Beli perangkat Macbook / iMac baru rasanya kemahalan. Kalau beli bekas juga sama aja mahal. Kalau dipikir-pikir ni perangkat Apple bener-bener awet harganya 😅

Dan ya sudah. Sampai situ aja mikirnya. Ga ada tindak lanjut apapun. Karena udah tau ujungnya apa, ga beli 😂

Kotak iMac keren bener yak

Sampai pada akhirnya, beberapa hari setelah pikiran tersebut, saya disuruh om saya untuk ke rumahnya ambil iMac nganggur di rumahnya. Katanya udah 5 tahun sejak baru ga pernah dipakai. Dan akhirnya dihibahkan ke saya. Saya ga bisa nolak, karena beliau juga udah ada iMac yang lebih bagus dirumahnya. Dalam pikiran saya, ini bentar lagi Panji Pragiwaksono dateng sambil ngomong "Kena Deh".

Alhamdulillah, bukan kena prank. Dan tulisan ini perdana ditulis pake Mac OS 😁

30 comments:

  1. Wah keren banget memang kalau Mac Os gak perlu memori banyak ini berarti, aku dulu juga ke mana-mana pakai windows ragu mau ganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bikin ragu kak, wkwkwk

      Dari windos -> mac ataupun sebaliknya :))

      Delete
  2. Baru tahu tentang Mac Os sebelumnya cuma terpaku sama windows kalau linus pernah nyoba cuma ya sekadarnya ajalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu sekolah diajarin windos kak, wajar aja jadi terbiasa sama produk ini..

      Delete
  3. Ini nih aku jarang pahamin cuma instan, terima aja dari awal windows ga pernah ganti atau pengin nyoba yang lain, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena dengan pakai windows semuanya udah bisa dilakuin, makanya ga tertarik pakai yang lain mbak

      Delete
  4. Nah, sama kayak Mbak Neny selama dari pabriknya windows yaudahlah gak mau ganti takut aja karena gak paham begituan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak, lagian laptop biasa ga bisa pakai mac os juga soalnya :))

      Delete
  5. Bener banget, kalau yang udah tahu linus, windows, mac os pasti milih yang Mac Os karena bagus dan sesuai untuk kebutuhan. Gak rugi kalau mau nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuh! Tapi ya sesuai kebutuhan lagi si mbak hihi

      Delete
  6. windows, linux, atau os apapun, kayaknya sama aja sih mas menurutku, karna aku gak begitu tau perbedaanya apa :D.. oiya, dulu aku pernah waktu jaman masih suka main di warnet, ada salah satu warnet yang make os linux, tapi ya sekali lagi aku gak ngerti perbedaan apa, mungkin kayak tampilanya gitu yang agak beda.. seingetku sih gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbadaannya pasti keliatan si bang, karena punya ciri khas tertentu. Yang agak sulit itu bedain distro linux karena mirip-mirip..

      Tapi kalo misalnya kerja cuma di browser, insyaallah ga keliatan bedanya bang :))

      Delete
  7. Numpang nyimak, Mas Andie. Gak bisa komen. Ha ha .... Selamat siang. Doa sejahtera untuk kita semua.

    ReplyDelete
  8. Kemarin juga waktu mau ganti laptop ditawarin macbook tapi masih sayang uang aku tuh hehee
    Semoga kapan-kapan bisa beli tanpa mikirin kalau harganya mahal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada macbook harga murah tapi cakep, langsung samber mbak.. macbook juga bisa dipasang windos kok :))

      Delete
  9. wah prodak keluaran apple mah aku uda sadar diri ga isa beli bang...hahaa..tapi dulu beruntung oernah dapat doorprise ipad aku wkwkwk...vuma sekarang uda rusak juga sejak saat itu masih lebih pewe pake samsung

    kalau linux sama ini cuma buat menuhin tugas aja soale di kampus pakenya itu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, linux hanya dipakai untuk kebutuhan yang ada nilai ujiannya aja :))

      Beruntuuung banget! Tapi kalo ipados sama android kayaknya ga terlalu banyak beda selain aplikasi2nya..

      Delete
  10. Ngeri2 uda beralih ke mac os,
    Saya jg kmrn nyobain macbook air istri, emang beda rasanya sih, speknya biasa tapi performa nya itu mantep,ditambah gengsinya yang g ada lawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang! Ini saya pakai iMac jadi ga bisa gengsi-gengsian keluar rumah :))

      Delete
  11. enak ya, dapat gratis dari om yang baik....
    mantul ...👍👍👍

    ReplyDelete
  12. alhamdulilah dapat rejeki anak sholeh ya bang dapat gratis dari Om, ga perlu pake prank wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. bechuuuull.. Kirain di prank, "Ambil aja ndi, 10 juta aja harga keluarga"

      :))

      Delete
  13. Jadinya gimana mas, bakal setia Ama Mac os dong skr?:D. Ada temenku yg fanatik bangetttt Ama produk2 nya Apple. Semua gadget kayaknya keluaran iPhone dan iMac punya dia. Pas aku tanya kenapa, kan mahal bgt, dia jawabnya, 'sekali lu udah pake iPhone/iMac, lu ga bakal mau pake android/windows' :D. Jujurnya, aku yg gaptek jelas ga bisa nangkep Apa enaknya Mac OS :D. Tapi bagi yang kerjanya memang related digital, mungkin memang ngerasain banget kali yaaa se smooth apa kalo pake Mac OS ato perangkat Apple yg lain :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya udah semingguan full pakai macos mbak, rasa-rasanya belum pede buat dipakai kerja (ngoding, programming)

      Jadi saat ini saya pakai macos untuk entertainment aja, bukan buat kerja. Kalau buat kerja lebih enak di laptop yang mana laptop saya windos :))

      Delete
  14. Ini ceritanya mau pamer ngeblog pakai iMac, Bang? Haha. :p

    Saya belum pernah pakai yang selain Windows juga, sih. Alasan pertama, ya saya cukup payah dalam hal semacam itu dan punyanya laptop model medioker (masih dualcore dong). Saya pernah dikasih pinjam Macbook sama seorang kawan, tapi agak bingung pemakaian kombinasi tombol-tombolnya. Kalau urusan performa dan kecepatan sistem, saya akui, ya memang jauhlah. Harga tak bisa bohong~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk kalo pamer mah beli sendiri bang, lha ini dikasi :))

      Jadi inti ceritanya, rejeki itu tidak hanya duit, tapi bisa dikasi iMac gratisan.. Terus walaupun ga punya duit, kita tetap bisa dapat hal yang kita inginkan..

      Begicu bang

      Delete
  15. Weeeh alhamdulillah bang, akhirnya dapat juga macbook. Hibah pula. Ga ngeluarin duit nih hiihii.
    Btw bang Andi sejak 98 udah mengenal windows (eh bener gak?). Keren yaa. Aku lahir aja di tahun 97 😅

    ReplyDelete
  16. hehehe rejeki ga kemana ya bang
    aku jadi inget pas awal awal kenal komputer, masih zaman windows 98 mungkin ya
    tampilan simple banget

    ReplyDelete