August 21, 2021

Cleantronics Laptop Laundry

Setelah beberapa hari persiapan, akhirnya hari ini salah satu usaha baru saya publish to public, yeaay! Usaha kecil-kecilan saya untuk menyalurkan bakat bersih-bersih peralatan elektronik, yaitu Cleantronics.

Singkatnya, Cleantronics ini adalah laundry laptop atau komputer. 

---

Niat awalnya, terinspirasi dari laundry sepatu. Semua orang bisa mencuci sepatu. Tapi apakah kita punya peralatan dan cairan sabunnya? Apakah metode mencuci sepatu kita ini bikin awet sepatu, atau malah merusak?

Kalau sepatu dengan harga sekitar 200-300 ribuan, mungkin kita cuek aja. Rusak, tinggal ganti baru. Tapi coba sepatu dengan harga sekitar 3 juta, atau mungkin 5-8 juta seperti sneakers hypebeast seperti Nike Air Jordan Travis Scott, atau mungkin Nike Air Jordan Dior? Apa rela? 


Sama dengan laptop. Biasanya kita beli laptop dengan harga minimal 5 juta. Bahkan mungkin laptop jaman sekarang udah tidak segan-segan lagi membandrol harga lebih dari 20 juta. Nah, setelah menggunakan laptop mungkin sekitar 2 atau 3 tahun, sudah berapa kali laptopnya dibersihkan?

Jawabannya mungkin 1-2 kali. Itupun yang jawab cuma 1 dari 20 orang.

---

Padahal penting untuk membersihkan laptop. Karena laptop membutuhkan angin untuk memutar kipas heatsink yang berguna untuk mendinginkan komponan CPU dan GPU laptop. Namanya angin, pasti membawa debu kalau bawa duit mah suami yak. Debu ini lama kelamaan menumpuk akan menyebabkan sirkulasi udara terganggu. Hal ini yang menyebabkan heatsink tidak bekerja maksimal untuk mendinginkan CPU dan GPU.

Passionate Laptop Technian tsah

Itu masalah 1. Masalah selanjutnya adalah thermal paste. Thermal paste adalah pasta yang terletak diantara heatsink dan CPU/GPU tujunannya untuk menyalurkan panas CPU/GPU ke heatsink. Namanya juga pasta ya (seperti pasta gigi, bukan pasta spageti), bernasib naas dengan berurusan dengan panasnya CPU/GPU yang beroperasi sekitar 50-90 derajat celcius, lama kelamaan pasti akan mengeras. Pasta yang mengeras artinya tidak optimal lagi menyalurkan panas.

Akibat kedua masalah ini adalah CPU mudah panas. CPU yang cepat panas, menyebabkan kipas laptop kerja keras yang biasanya bikin berisik. Ujung-ujungnya, performa laptop jadi lemot. Bahkan dapat memperpendek usia CPU.

Ujung-ujungnya nyalahin laptop lemot, padahal laptop ga pernah diurus 😅

---

Nah itu dari sisi hardware, belum lagi dari sisi software. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja laptop dari sisi software. Bisa dari penggunaan software bajakan, junk files, virus, dan terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada sisi background. Nanti bakal diposting satu-satu secara detail disini.

Buat teman-teman yang baik, boleh bantu saya untuk follow akun sosial media Cleantronics karena nantinya bakal banyak ngasih tips seputar dunia perlaptopan yang bermanpaat. Ya sekalian biar rame gitu follower-nya 😅


Nanti bakal difollow balik, mumpung follower-nya masih dikit 😂

Makasi yah! 

37 comments:

  1. Saya juga pernah mengalaminya mas, terutama kasus pertama gara-gara pasta-nya sudah habis, jadi laptop begitu panas langsung mati. Setelah di bawa ke service langsung ditegur gara-gara jarang bersihkan laptop. sekarang jadi lebih peduli mas sama laptop :D

    ReplyDelete
  2. Ternyata laptop yang tidak diurus yang menyebabkan lemot ya kang. Mungkin perlu dibersihkan apalagi untuk laptop harga 3 jutaan yang memang dari sananya sudah lemot karena ram dan cpu yang murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sempet nyuci laptop harga segitu bang, emang sistem pendinginnya minimum sekali.. Jadi selain dicuci, baiknya, juga perlu optimasi dari sisi OS biar kinerjanya mantul

      Delete
    2. Iya, dulu aku beli laptop Lenovo yang harga 3,7 juta. Kadang lemot, biarpun sudah di refresh tetap lelet. Padahal cuma buka Chrome sama aplikasi edit subtitle

      Delete
  3. Benar sekali tu...celana jeans saya tahan tidak di cuci dua minggu. Tapi sepatu under armour saya cuci seminggu sekali.

    Tapi macbook saya belum di apa apain, mungkin nanti periksa ke tukang maintenace. Kalau mas andie dekat mau dong minta tolong...he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Macbook, belum pernah nyoba bongkar si bang.. Kalo abg mau, boleh kirimin ke Pekanbaru, nanti gratis biaya cucinya wkwkwk

      Delete
  4. Waah saya baru tau masalah ini. Yang dibersihkan ya yang keliatan aja. Nggak pernah sampai bongkar gitu. Kayaknya perlu di bersihin laptop lama karena suaranya tuh udah memelas gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, suaranya memelas, atau suaranya kasar itu tanda-tanda fan laptopnya kotor mbak..

      Delete
  5. Kirain punya laptop ya udah tinggal pakai saja, ternyata harus rajin di-laundry juga ya, hehe jadi malu betapa laptop 5tahunan saya itu jarang dibersihkan, hiks. Pantesan suka ngambek, lemot dan suka panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu rutin 1 kali per 3 bulan mbak, biasanya cukup 1 tahun sekali hihihi

      Delete
  6. Replies
    1. Masih jasa si bang, semoga ntar ada produk bersi-bersinya hihihi.. Makasi doanya bang aamiin..

      Delete
  7. Aku baru tau laptop ada tempat bersih2nya. Biasanya baru bersihin kali udh masuk service centre wkwkwkkw.

    Btw mas, udh aku follow yaaa ;). Eh kamu ga ada niat bikin tempat bersihin kamera? Di JKT memang sbnrnya banyak, tp aku ga tau yg bisa dipercaya di mana. Banyak yg cerita kalo ga trusted, kamera bisa dipreteli dan diganti Ama spare part kw. Iya sih, bagusan ke service centre resmi. Tapi kayak Nikon aja, bersihin lensa bisa abis banyak hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu juga ketika masuk SC, dibersihin mbak :))

      Makasih udah follow ya mbaaak! Rally appreciated! Eh kok relly, really :))

      Kalau yang aku tau untuk bersihin kamera analog/film mbak untuk yang di Jakarta, di sekitar Pasar Baru

      Delete
  8. Mas, laptop saya sepertinya perlu dibersihkan. Udah 14 tahun, nggak pernah dibersihkan, karena nggak tau caranya. Laptop udah berisik bunyi kipasnya. Panas dan lemot. Gimana dong caranya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAJIIIBB! Bisa yutup bang, coba cari sesuai dengan seri laptopnya..

      Delete
  9. wah saya harus banyak belajar nihd ari mas andie soal bersih-bersih laptop
    iya juga sih sama kayak piranti lain harus dibersihkan
    kalau saya paling tak lap monitornya aja klo udah berdebu
    engga bisa bongkar2 soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini bang laptopnya awak bersihin, kirim ke Pekanbaru yaa

      Delete
  10. wah bener sih, saya juga kadang suka lupa bersih2, atau lebih tepatnya lebih kearah males aja sih.. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemageran seseorang emang peluang bisnis bagus bang wkwk

      Delete
  11. Luar biasa. Orang kreatif ada saja peluang bisnisnya. Salam sukses, Mas Andie.

    ReplyDelete
  12. wow makasih atas uraiannya ya Bang
    aku baru mudeng
    selama ini abai banget dengan leptop, udah bisa ditebak kalau akhirannya lemotnya kanmaen, hiks hiks
    ternyata emang perlu serpis ya....selama ini kalau leptop lagi ngambek, aku malah larinya ke hengpon aja, leptopnya dicuekin ya makin ngambek lah dianya hahhaha

    sukses untuk usahanya Bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbak, kirim ke aku laptopnya hahaha..

      Bener, beda ma henpon, kalo laptop/komputer perlu diberisihin rutin mbak, setelah 1 tahun pemakaian

      Delete
  13. sakseis untuk usahanya ya eimm

    bang andi keren banget urusan ngoprek elektronik...kemarennya tipi sekarang leptop..memang kalau udah urusannya kreatif apa aja mah jadi ladang usaha ya bang

    dan untuk masalah leptop yang paling krusial setelah dibongkar itu debu dan thermal ya #manggut manggut mencoba memahami saia nyah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk iya maren gagal keknya buat nyerpis TV, pindah jalur sesuai keahlian aja wwkwk

      bener mbak, bagian debu dan thermal yang paling penting

      Delete
  14. Waw, inovatif sekali mas ku .. laptop saya juga kebetulan lemot. Jangan-jangan minta dibersihkan nih. Hmm saya coba ntar bongkar deh. Btw tombol follownya dimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tombol follow yang mana ya mas? Langsung ke Instagram yang ada link diatas mas

      Delete
  15. Nah bener sih
    Pas punya laptop dulu, kadang juga kefikiran buat ngebersihin sebulan sekali, malah. Karena debu nya itu yang gue yakin banyak banget. Terlebih lagi, laptop nya digunakan untuk main game dalam waktu yang lama.

    Lalu, saat ini udah beralih menggunakan pc.
    Jauh lebih parah lagi sih.
    Enggak pernah dibersihin. Thermal paste, yang udah gue beli, bahkan engak pernah digunakan. Padahal gue ngerti kalo thermal paste ini, penting banget fungsinya.
    Selama tiga tahun, bahkan sekarang masuk ke tahun ke 4, hanya sekali bersihin debu-debu kompenen pc. Itu pun, karena memang ganti casing. Tapi tetep sih, thermal paste ga diganti-ganti juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kalo debu PC mah ga perlu diraguin lagi, ngebersihinnya musti 1 bulan sekali apalagi kalau pake radiator wahahahah

      Delete
  16. wah ide dan bikin usaha yang menarik mas, setauku belom banyak ya usaha seperti ini, ga tau apa aku yg kudet :D.. yah semoga lancar mas usahanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum banyak kalau menurut saya sesuai survei dari instagram ya bang, atau saya yang salah keyword ga tau dah wkwkwkw

      Delete
  17. Oh I see, jadi kemaren-kemaren nggak muncul itu, nyiapin Cleantronics.

    Selamat Mas Andie, sakses terus ya shay (baca ala bunda Rita Sugiarto)

    Berasa tertampar, padahal kita aja harus mandi ya biar clean. Kenapa sama laptop tega. Kenapa??!!

    *drama*

    Otw memfollow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin ga muncul karena balik kampung mbak, hahaha

      Kalau Cleantronics ini ngurusinnya baru 1 bulanan sepertinya hihihi

      Delete
  18. Saya laptop ngerti makenya aja 😁😁

    ReplyDelete