August 30, 2021

Terlewat Tangguh

Hampir 90% waktu bekerja saya, menggunakan laptop. Kadang beli handphone itu cuma mentingin, desain-nya doang. Kamera nomor 2. Performa nomor 3.

HTC One M8. Cerita singkat dan tidak begitu pentingnya bisa baca disini ya: Cerdas Cermat.

Hape pertama yang saya beli dalam kondisi bekas. Saya beli September Tahun 2017.

---

Baru kali ini rasanya saya ganti handphone tanpa handphone sebelumnya rusak. Padahal HTC ini umurnya udah mau 4 tahun. Salah satu handphone paling awet dan paling tahan banting yang pernah saya miliki. Saya emang agak barbar kalau sama handphone dan ini tidak disengaja. Kayak udah DNA-nya aja begitu.

Layar depannya retak-retak nga fotogenik

Jadi ini handphone niat awalnya mau saya bikin review ala-ala gitu dalam bentuk tulisan. Cuma angan hanya menjadi angin wahahaha. 

Singkatnya, ini salah satu handphone yang bikin saya jatuh hati pada Tahun 2014. Jatuh hati karena desainnya yang bener-bener flawless ya, tanpa cela. Ga perlu debat lagi sebenarnya, bahkan Tech Radar menobatkan smartphone ini memiliki desain terbaik dalam 1 dekade (2009-2019).

Satu yang paling saya suka, bodi handphone ini dibuat dengan 1 lembar alumunium utuh istilah kerennya unibody kalau unicharm itu merk popok ya. Efeknya apa, lebih tahan air dan debu. Efek samping-nya, ini hape beneran tangguh dan kuat. Udah terlempar-lempar, kebanting-banting, tapi masih sanggup untuk hidup. Paling ya layarnya aja yang retak. Ini review paling valid dah. 

---

Dan akhirnya, saya memensiunkan handphone ini di Desember 2020. Karena beberapa alasan seperti lemotnya agak susah ditolerir, hasil kameranya udah ga bisa diandelin, dan panasnya udah ga manusiawi mungkin bisa sekitar 65 derajat. Beneran bisa dipakai buat nyetrika.

Berhubung handphone baru cuma bisa 1 sim card dan biaya internet kartu merah (kartu utama) lumayan mengeraskan hati yang lembut ini, setelah dipikir-pikir lebih hemat menggunakan kartu biru untuk internet. Alhasil, HTC ini saya hidupkan kembali untuk jadi modem.

Kalau dihitung-hitung, HTC ini umurnya udah 7 tahun jika dihitung dari tahun rilis. Pertanyaannya. kira-kira sampai usia berapakah handphone ini akan bertahan

36 comments:

  1. Wah keren sih ada handphone yang bisa bertahan selama itu, padahal kalau dilihat dari bentuknya yang minimalis kayak ga mungkin banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ga ngira hape second bisa bertahan hampir 4 tahun mbak hihihi

      Delete
  2. Menurutku malah tergantung penggunanya hp samsung pun tahan banting, tapi kalau yang digunakan buat aplikasi sih bakalan ga lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sama kayak hp ini yang mentok di OS Android 5.0 :))

      Delete
  3. Aku juga milih hp lewat desainnya apalagi yang ukurannya kecil kek gini gampang dibawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, dulu ini paling gede di tahun 2014-2015 gitu.. Kalau sekarang pasti udah kecil, karena hape-hape sekarang udah punya bezel tipisss

      Delete
  4. Salut sih hpnya sampai bertahan 7 tahun, kalau panas dan lemot ini penuh memorinya dan ramnya sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ram-nya 2gb, memori 32gb, lumayan cukup sih mbak dipakai untuk sosmedan gitu..

      Delete
  5. Kalau zaman sekarang pasti hp dilihat dari ukuran memori internalnya atau RAM-nya karena ya dipakai buat apa saja, kebanyakan hp sekarang juga bagus desainnya berkelas menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurutku, desain hape sekarang cenderung monoton mbak.. Beda sama jaman dulu sekitar tahun 2011 - 2015an

      Delete
  6. bingung mau cari recent post blog ini soalnya pada homepagenya cuma ada satu satunya, untung ada navigasi di sidebar kiri. Dan itu kalau bukanya via macbook he he he..

    Eh aku termasuk pembosan dan suka gonta ganti hape...tapi pasti ada salah satunya jadi pavorit, hape pertamaku adalah iPhone 5s.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sengaja didesain seperti itu.. Karena tau yang baca dikit :))

      Woah! Pernah pegang 5s juga suka banget sama performance-nya..

      Delete
  7. Jadi ingat dengan hape Xiaomi Redmi note 4 milikku, beli tahun 2016, belinya sih karena harganya murah tapi fiturnya bagus dan memang tidak mengecewakan, sekarang juga masih lumayan oke cuma batere nya itu cepat habis, sudah ganti baterai baru dua tiga bulan sudah ngedrop lagi.

    Dulu HTC merk terkenal ya kang, desainnya bagus-bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, hape HTC dulu salah satu merk high-end yang ketinggian ego. Dan akhirnya bangkrut T.T

      Delete
  8. Kak, asik dong kalau hpnya bisa jadi setrikaan? Jadi hemat listrik karena nggak usah colok setrikaan 🤣
    Btw, hp HTCnya terbilang aweeettt sekali 😱 aku rasa 1-2 tahun lagi masih bisa nyala tapi mungkin udah nggak bisa dapat update aplikasi dll karena Androidnya udah ketinggalan zaman 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih begitu mbak, sekarang ini Androidnya masih versi 5.0 alias marsmello.. Bayangin aja tua bangkanya seperti apa :))

      Delete
  9. Wah ..., panatas dinobatkan sebagai hp kualitet terbagus sejagat. Kadang memang begitu. Tanpa direncana terbeli barang bagus. He he .... Selamat sore. Mas Andie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga sejagatt mbaak.. cuma se-dekade itupun dilihat cuma desainnya aja gitu :))

      Delete
  10. pernah punya htc juga aku hahahha..ya modelnya gitu juga, tapi uda is dead wkwkkwkw

    oh kalau sekarang akhirnya dijadikan modem ya bang..pasti semua ini karena simcard yang tidak melembutkan hati karena mehong ye bang paketannya xxixix..jadilah akhirnya buat modeman hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos!

      Bener mbak, nasip punya hape yg hanya bisa pake 1 sim card T.T

      Delete
  11. aku dulu juga punya satu hape yang udah aku pakai hampi enam tahun mas, ahirnya aku jual karna batreinya yang ydah ngedrop, terus lemot juga.. memang sih kalo hape kayaknya mengikuti oerkembangan jaman ya :D

    ReplyDelete
  12. Waah kalau hp android jarang pake salama itu pak :D
    Kalau udah 2 tahun aja kadang performanya udah gak enak, lemot lah, kameranya udah ketinggalan jaman lah wkwk
    Tapi keren si pak bisa bertahan lama juga hpnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, biasanya 2 tahun udah lemot.. Ini ga lemot sih, smooth aja gitu.. Mungkin karena dulu hape ini mahal kali ya hahaha

      Delete
  13. Gile
    Udah selama itu ya hape ini menemani

    Sejauh ini sih gue juga punya hape, lumayan awet juga
    Tapi hanya bertahan selama tiga tahun
    Dan rekor itu terpecahkan sekarang, karena hape yang saat ini digunakan sudah masuk ke tahun ke tujuh

    Yang gue tau, emang hape htc tipe ini sering banget dibahas oleh gadget reviewer di luar sih. Tapi emang mungkin, untuk hape yang keluar di tahun segitu, aksesoris nya kayaknya lumayan ribet buat dicari. Bener ga sih?

    Kalo batrenya masih awet sih, ya bisa bertahan satu atau sampe dua tahun kali ya untuk jadi modem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset, hape apa itu bang?

      Biasanya yang pakai htc ini tech-geek bang. Dulu banyak bener penggemarnya di Indo.. Aksesoris-nya lumayan susah nyarinya bang karna terbatas terus bentuknya melengkung gitu..

      Ya bang, semoga awet sampai akhir hayat ni buat modem wkwkwk

      Delete
  14. Awet juga itu bisa 4 tahunan, Bang.

    Saya dulu termasuk doyan ganti HP setiap 1-2 tahun sekali. Kayak enggak ada puasnya gitu, lho. Tergoda keinginan melulu. Syukurlah sejak beli iPhone saya bisa meredam hasrat menjengkelkan itu.

    Rekor HP terlama saya tentu iPhone 4 ini, dari 2014 sampai hari ini belum rusak. Awet banget sumpah. Sisi buruknya: cuma bisa memotret, dengar lagu, dan fungsi utamanya: SMS/telepon. Sedih banget segala aplikasi udah enggak bisa dibuka karena ketinggalan iOS.

    Syukurlah 2019 ada kerja sama menulis dengan bayaran ponsel. Jadi sekarang pakai itu deh buat komunikasi dan main medsos. Umurnya sekarang udah 2 tahunan. Semoga tak usah ganti dulu karena kondisinya juga masih oke. Apalagi ini masa krisis, tak patut jajan HP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata orang kalau pakai iphone emang bikin jarang gonta-ganti hape bang.. Beda sama android..

      Semoga awet hape barunya yah bang! Kalau hape htc ini udah boros baterenya, jadi di colok casan terus.. Udah kayak kerja rodi gitu hapenya :))

      Delete
  15. wih masih dipakai cuman buat mobile hotspot
    btw dulu emang htc ini emang hape yang jarang tapi terkenal bandel

    ReplyDelete
    Replies
    1. HTC ini menjadi contoh produk bagus dengan biaya marketing sedikit, hasilnya bangkrut :))

      Delete
  16. Mas, aku serem pas bagian panas sampe bisa nyetrika hahahahah. Serius sepanas itu?? Aku takut meledak mas kalo panas hahahahah.

    Gila tapi, bertahan yaaa tuh hp. Aku jujurnya tipe yg hp cuma utk 2 tahun. Setelah melewati itu aku pasti ganti, tp Hp lama yg masih bisa dipake sebenernya ttp aku pertahankan. Sbnrnya lebih Krn keamanan aja, kalo dibuang atau kasih orang, ntr kan data2 nya ttp bisa di retrieve toh :D. Makanya semua hp ku selalu aku simpen walo ga dipake lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran panas mbak.. Panas yang sampe ga bisa dipegang wkwkkw.. Karena SOC 802-nya ini produk gagal :))

      Woaggh, koleksi zombie ya mbak :))

      Jangan dijual mbak, sayang buat koleksi gitu.. Bisa dibikin museum lho

      Delete
  17. hehehe aku belum pernah ada cerita soal HTC, belum pernah punya
    tapi kalau udah sayang banget sama handphone, kayaknya sayang gitu mau dimuseumkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul! Jangan beli HTC sekarang mba, ga worthed wkwk.. ini beli karna faktor emosional aja mah :))

      Delete
  18. Diawet-awet mas, itu bisa jadi barang langka puluhan tahun kedepan, semoga terus bertaha, cuma gak tahu nanti kalau era 5G sudah meluas, bisa2 masuk museum deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hapenya udah bocel-bocel bang, ga layak disimpen hahhaha

      Delete