Pada suatu hari yang indah, dengan niat mencari cuan di bidang uncomfort zone, saya melakukan servis televisi. Hal yang saya rasa bukanlah bidang saya. Tapi, dengan gelar Anak IT yang saya miliki, saya yakin bisa melakukannya.
Tentunya dibantu temen dong. Temen yang jago servis elektronik. Mukegile kalau ga ada backingan.
---
Mulanya, saya minta tolong istri untuk broadcast message ke grup WhatsApp dokter anak kami bahwa saya bisa melakukan servis alat elektronik di tempat. Alhamdulillah, ngefek lho. Setidaknya ada 4 pekerjaan servis yang saya dapat dari grup wasap ini.
Pekerjaan pertama servis mesin cuci. Selesai, dengan pergantian parts.
Pekerjaan kedua servis fan ceiling. Selesai, dengan modifikasi kabel.
Pekerjaan ketiga servis CCTV. Selesai, dengan pergantian parts.
Pekerjaan keempat yaitu servis televisi. Selesai, dengan penuh air mata.
---
Kami menyanggupi perbaikan servis televisi ini dengan bermodal video Yutub. Setelah kami telusuri beberapa video, dan kami yakin bisa melakukan servis ini.
Polarizer Mengkerut |
Kerusakannya yaitu polarizer mengkerut yang kemungkinan disebabkan usia televisi yang sudah tidak muda atau televisi yang terus-terusan hidup menyebabkan lapisan polarizer mengkerut. Bahasa awamnya LCD rusak.
Jadi ganti polarizer ini reparasinya mudah. TV dibuka, kupas polarizer yang rusak, dan terakhir ganti lapisannya dengan lapisan polarizer yang baru. Saya liat di yutub, dengan bermodal obeng, sampo bayi, dan kartu ATM. Metodenya sama persis seperti ganti anti gores di handphone, cuma ini layarnya 32 inci.
Dengan tingkat kepo yang tinggi, saya membongkar televisi itu sendirian tanpa bantuan teman saya. Dari sini sudah keliatan klimaksnya seperti apa. Kepo yang membawa petaka yang menyebabkan televisi yang awalnya tidak-rusak-rusak-amat, jadi rusak banyak. LCD-nya jadi beneran rusak.
Petaka is typing... |
Singkatnya, fleksibel televisi (T-Con) dari controllernya kegencet casing televisi pas saya memasang televisinya, sehingga menyebabkan sebagian layar hitam atau blank karna tidak dapat signal.
Perlu diketahui, bahwa televisi yang rusak ini usianya sudah 10 tahun dan sangat sulit mencari parts-nya. Karena panik, saya coba menghubungi beberapa servis televisi terdekat, setidaknya ada 2 tempat servis spesialis televisi. Dan hasilnya kedua-duanya hands up terhadap masalah ini.
---
Tidak ada solusi lain, akhirnya saya menghubungi konsumen dan menyebutkan bahwa ada kecelakaan kerja yang menyebabkan televisinya semakin rusak. Sebagai komplimen dan permintaan maaf, saya pinjamkan televisi saya agar konsumen bisa menonton televisi di rumahnya. Alhamdulillah, konsumennya mau menerima penjelasan saya bahwa televisinya butuh waktu yang agak lama di UGD.
Setidaknya 2 bulan lebih saya mencari parts televisi ini. Sampai pada akhirnya, saya berencana rugi dengan membeli televisi yang persis sama seperti yang rusak. Hampir tiap hari saya cari di marketplace dengan keyword yang sama "Toshiba Regza 32" atau "32PB1E". Dan akhirnya, ketemu di Jakarta.
Awalnya saya ketemu di OLX, terus saya rayu-rayu agar bisa transaksi di Topokedia. Tentu saja saya sebutkan permasalahannya apa dan mengapa saya butuh televisi tersebut.
---
Setelah televisi datang di sore hari, dan ternyata televisinya beneran mulus lengkap dan berfungsi normal. Ya sudah, akhirnya televisi tersebut langsung saya antar ke rumah konsumen saya. Tentu saja, biaya servis tetap dibayar dong. Alhamduilillah. Walaupun saya takutnya tidak dibayar karena waktu pengerjaan yang lama. Oiya ini televisi yang saya dapat beneran televisi yang exacty the same model. How lucky?!
Anboksing |
Jadi uang yang saya terima yaitu 650.000 dengan biaya pembelian televisi baru 900.000. Artinya saya nombok atau rugi sekitar 250.000. Tapi, (untungnya) saya dapat televisi yang mesinnya bagus walaupun LCD nya rusak.
Saya masih yakin televisi ini masih bermanfaat, jadi saya jual 2 mesin utamanya di Topokedia. Setelah 2 bulan menunggu, akhirnya parts tersebut laku terjual dengan harga sekitar 350.000.
---
Ternyata saya masih untung sekitar 100.000 dan pengalaman berharga bahwa saya tidak cocok jadi tukang servis elektronik. Another plot twist of my life.
Semoga teman-teman bisa ambil manfaatnya, ya.
Karena niat baik selalu ada aja berkahnya ya, Kak 😁
ReplyDeleteNiat mencari cuan emang niat murni yang paling baik kak, wkwkwk
Deletewadidau mas Andie bisa servis TV juga ya, asik, bongkar-bongkar mas, sampai ketemu penyakitnya, tapi kalau TV udah 10 tahun biasanya memang lebih ribet karena spart partnya yang udah terbatas
ReplyDeleteTerima bongkar, tidak terima pasang wkwkwkwk
DeleteBetul bang, spare part terbatas.. Untung aja bukan tivi tabung bang
Wah... Syukurlah masih dapat untung juga Mas.
ReplyDeleteSaya dulu juga pernah tuh service kipas angin, punya sendiri sih.
Dan hasilnya meledak, sakering listriknya sampe lompat. 🤣
Alhamdulillah masih selamat bang.. Jangan main listrik lagi ya bang, kasi kang serpis aja :))
DeleteHahahahaha 😂😂😂
ReplyDeleteMantep banget ya Om mau benerin apa malah yang lain jadi ikutan rusak. Pengen nangis banget pastinya 😂😂
Untung banget ya semesta nunjukin jalan, akhirnya bisa ketemu televisi yang serupa 😁
Btw, orangnya tau nggak om kalo tv nya ini dituker?
Walaupun prosesnya muter2 Alhamdulillah bisa untung lagi ya 👏👏😁
Pengen nangis, terus meratapi nasip..
DeleteOrangnya ga tau bang, karena tivinya persis sama model dan tipenya.. Untungnya kondisi fisik tv yang baru lebih bagus dari tivi konsumen..
percaya ga percaya ulasan kayak gini tuh mengandung kata kunci sakti di kolom pencarian google loh bang hahhahahah....(seriusss)..cerdas betul memang abang kita yang satu ini nerapin pola tulisannya
ReplyDeleteberarti dikau anak IT rasa elektro dong bang ? hahaha
tapi sayang amat yang di bawah tipinya akhirnya rusak haqiqi ya..ga pa pa bang, namanya penasaran pengen ngoprek sendiri wkwkkw
dannn..thanks God pada yutub yang sebagian nichenya berisi tutorial berfaidah yang mengulas how to nya mengapa apakan suatu benda, salah satunya elektronik, jadi bisa dipelajarin bang andie deh buat nyoba ngoprek sendiri wkwk
Wah! Gitu ya mbak, saya sama sekali ndak tau :))
DeleteBetul! Anak IT rasa Elektro.. Tapi cuma sekitar 3 bulan la, abis itu tobat nasuha jadi impostor anak elektro :))
Iya mbak, kalau nyari how-to baiknya emang nyari di yutup daripada nyari di gogel wkwkwk
Hahaha, kocak juga saya bacanya. Setelah dua bulan lebih, akhirnya untung 100rb. Padahal jika dihitung waktu, pikiran, dan tenaga, uang tersebut sepertinya tidak seberapa. Tapi jika dibandingkan dengan pengalamannya saya rasa cukup berharga.
ReplyDeleteTapi laki-laki memang beda ya, saya kalo tahu sedikit dari youtube, paling ngoprek barang sendiri. Tapi ini udah berani buka jasa servis. Salut 👏👏
Ini ceritanya kocak, aslinya saya keringat dingin 2 bulan mbak T.T
DeletePengalaman berharga untuk tidak terjun ke dunia elektronik lagi :))
Waduh kalau yang benerinnya enggak amanah, bisa lepas tanggung jawab tuh dan pura-pura nggak tau kalau tv nya makin rusak ahha
ReplyDeleteMantap bang, jadi pelajaran berharga ke depannya. Tapi tetep ya, bisa untung 100 ribu
Duh ga kebayang kalo ga tanggung jawab, keringat dingin sampe akhirat rasanya itu :))
DeleteHa ha ha ha ha
ReplyDeleteYampuuun, bwaaank...
Klo aku udah pengsan di tempat keknya 🤭
Bener-bener suka becanda nih anak IT 🤣
Hampir pingsan mbak pas dimana TV-nya ngeblank... Keringat dinginnya udah kayak air keran
DeleteTuluuuung, Ha ha ha ha ha...
DeleteWahh syukurlah kalau masih ada untungnya mas,
ReplyDeleteNiat baik memang selalu ketemu jalannya ya mas.
mas Andieee perjuangannya ga sia sia ya
ReplyDeleteaku ngebayangin kalau aku di posisi mas Andie, pasti bingung dan berusaha untuk bisa nemuin solusi sambil mikir keras
beruntung ya dapet juga barang yang sama dan ada pengganti juga dari jual parts yg sebelumnya
gini ini yang kadang bikin aku ga yakin untuk ngerjain bidang hal yang belum bener bener aku kuasai
Tukang servis super bertanggung jawab. Untung seratus ribu, tapi nilai pengalamannya berlipat ganda dan tak dapat dibeli dengan uang. Ah, mengingatkan saya pada awal jadi tukang jahit. Baju pelanggan salah krah dan tak ada solusi selain beli bahan baru untuk mengganti. selamat malam, Mas Andie.
ReplyDeleteYa ampuunn ini anak IT yg bikin reputasi sendiri sebagai palugada eheheehe.. tp gapapa mas, yg mahal itu justru ilmunya. Ga sebanding dgn nominal berapapun ya
ReplyDeletehmmm, pertama dapet pengalaman meski kurang berhasil, kedua masih tetep untung meskipun diawal2 banyak drama,
ReplyDeletemakanya sekarang2 kadang saya agak ogah2an kayak servis2 gitu, resikonya kalau ada yang hilang atau makin rusak, kecuali memang tadinya mati total, tapi memang bener sih yah yang namanya jadi seorang lelaki, meskipun dia bukan background it atau apalah, yang namanya lelaki kayak di tuntut multi talent, dari mulai benerin genteng bocor, sampai listrik konslet
Woohoho... Keren Bang. Sampe sampe ngebelain beli tv baru buat konsumennya.. 😅
ReplyDeleteDan ternyata..... Masih dapet untung jg nih ya Bang hahah
sedih dan lucu bacanya.....hehehe
ReplyDeleteAlhamdulillah, akhirnya untung..... experience is the best teacher.
Have a wonderful weekend.
Wadaw, tapi salut kang Andie berani servis televisi, memang resikonya begitu, bukannya tambah bener tapi malah akhirnya rusak.😂
ReplyDeleteJadi ingat cerita teman saya, dia servis ganti lcd hape, biayanya 200k, padahal harga lcd cuma 70k. Tapi entah kenapa hapenya tidak mau nyala, akhirnya terpaksa beli hape yang satu tipe 300k, nombok 100 ribu dia.😄
hahahhaha agak ribet juga ya bang tapi yang penting kan tetep untung
ReplyDeleteuntung bukan soal materi tapi juga pengalaman
mungkin lain kali bisa coba Hp rusak
mayan tuh kalo bisa nyala lagi
Betul sekali pak guru, selain untung materi juga untung pengalaman. Dengan pengalaman maka kedepannya akan lebih baik.
Deleteqiqiqiqiqiqiqi, maaf Masss, saya ngakak :D
ReplyDeleteYa ampuunn, itu beneran berlinang air mata deh :D
tapi saya salut banget dengan solusinya yang meminjamkan tVnya ke konsumen, apalagi sampai beliin TV baru.
Karena duit mah bisa dicari, tapi kepercayaan itu luar biasa mahal :D
Semoga makin berkah, dan dapat servis yang mudah-mudah tapi cuannya gede ya, aamiin :D
wahhh.. parah nih mba rey.. malah diketawain.. *padahal aku juga ngakak sih* wekekek :D
Deletetp jgn keseringan jg sih beliin TV baru, bisa2 byk yg servis deh bawa TV rusak berharap dpt yg baru...
DeleteAnak IT bukan berarti bisa menyervis perangkat elektronik, kan. Tapi setahu saya banyak yang salah paham. Haha.
ReplyDeleteYa ampun, bisa-bisanya sampai ganti rugi begitu, Bang Andie. Syukur aja mesinnya bisa dijual, ya. Anggap aja membeli pengalaman juga, sehingga jadi cerita begini.
Hhaahahaha, tapi saluuuut loh aku, kamu berani ;). Dan toh akhirnya untung kan ;).
ReplyDeleteHebat.
Iya sih, itu tv udh lama bangetttt. Aku di rumah juga ad tv Samsung, beli pas nikah, setahun doang kuatnya, trus blank, mati. Garansi udh habis, Krn udh setahun. Sampe skr brgnya msh terpasang di dinding kamar atas, tp ga bisa diidupin :p. Cm aku dan suami udh males juga perbaiki. Krn di lt bawah ada 2 tv. Tp gara2 ini, aku jd ga suka Ama merk Sa*sung itu hahahaha. Kapok.
Mnding dijual spare part nya yaaa
Maaf mas andie saya jadi ketawa dengan tulisannya, TV selesai..dengan penuh air mata, wkwk rasanya sesuatu ya mas tapi untungnya masi dapat laba 100rb, lanjutkan mas andie siapa tau jadi expert beneran perbaiki tv ini :)
ReplyDeleteYa ampun bacanya pun mau nangiiis, mau betulin apa malah kebawa rusak yang lain 😭😭😭 Ini yaa makanya Bunda, anak IT ga berarti jago juga betulin alat elektronik wkwkwk
ReplyDeleteTapi syukurlah yaaa walaupun di awal rugi, tapi akhirnya masih dapet untung juga 100ribu 😆 dan dapet pengalaman thriller juga 😆 Tapi oke juga tuh Mas Andie, kalau udah sukses servis perangkat elektronik lainnya 😆
aku uda deg-degan loh kak bacanya!! Untung saja konsumennya pengertian dan kaga ngamuuukk. Terus kaya berasa mau untung malah buntung. Untung saja tetep cuan ya kak Andie fiuuuhh
ReplyDeletekeren ini.. berani mengambil resiko.. wekekek..
ReplyDeleteaku baca ceritanya aja deg-degan, takut pemilik tv marah-marah gitu gegara makin parah rusaknya. hihi..
tapi, btw.. pemilik tv tau gak kalo tv yg mas andi kasih itu hasil beli dan tv dia itu udh rusak?
wah, mas Andie nih ternyata punya skill byk ya... dari mulai programer ampe bisa servis mcm2... saya jd inget ama kakak saya, dia jg berawal dr demen bongkar pasang alat elektronik, ampe skrg jd nerima jasa servis di rumahnya, tp ya gitu, ada beberapa barang yg tdk bisa ditangani, salah satunya televisi... emang ribet kali ya benerin televisi tuh...
ReplyDeleteWahahahhaha
ReplyDeleteWalau butuh waktu lama, setidaknya masih ada keuntungannya yaak brother kwkwkwkw
Kipas ku mati nihh
Apa bisa servis di siniiiiiii???
Lah kalo gw mah tau diri. Gw orangnya gak ngerti elektronik. Jadi gw serahin aja ke ahlinya. Drpd gw bongkar trus gak bisa pasang. Bisa amsyong ntar.
ReplyDeleteTapi lumayan loh, bisa jadi cerita gara-gara bongkar tipi, wkwkwkwwk
Whaaaaaa, sempet merasa merugi, ternyata ketika menjual lagi, hasil akhirnya adalah untung yak :D mantap ini
ReplyDeletewah mantep ya bermodal youtube
ReplyDeletesaya pengen bongkar kipas angin rusak ada ini gagal terus hehe
Bwuahaha ...belum-belum baca komplit udah dibuat ngakak duluan baca tulisan dicoret mukegile kalo ngga ada beckingan ..., ada ajaa celetukannya
ReplyDeletemas satu ini ��!!.
Tapi, masih mending mas Andy loh masih brani nyoba bongkar pasang elektronik.
Kalo aku kapok setelah radio kuutak atik brasa seolah ilmuwan elektro, malah berujung konslet parah totqp ngga mau ON.
saya juga pengen nih merambah ke youtube.. lagi ngumpulin modal biar bs jadi youtuber kenamaan kaya mas andi wkwkkw
ReplyDeleteya untung masih untung 100 ribu meskipun nunggu beberapa bulan, hahaha
ReplyDeleteWah, proses yang panjang dan kreatif. Pengalaman yang berharga dan menjadikan mental dan semangat makin kuat dan tertempa. masih untung cepek ya. semangat Om
ReplyDeletekemaren saya nyoba bongkar kipas angin yang rusak dan tetaap tidak berfungsi kipas anginnya
ReplyDeleteSaya rasa untungnya gak 100rb doang kak,, karena dapet pengalaman kayak gitu sdah termasuk gede banget.. Bisa jd pelajaran hidup
ReplyDelete