March 8, 2021

Maghribi ya Habibi

Menurut saya, waktu menulis yang paling enak itu setelah maghrib. Sangat personal, tapi beberapa tulisan saya terakhir ditulis pada waktu maghrib. Termasuk tulisan ini.

Ya walaupun seringnya "cari ide" lalu postingnya jam 10 malam :))

Tapi tetep, mulainya setelah maghrib.

---

Sebagai profesi freelancer serabutan dengan jam terbang yang cukup-tidak-begitu-tinggi-tinggi-amat, emang sulit mencari waktu yang pas untuk melakukan hobi. Hobi nulis ya, kalau hobi nyiram tanaman mah ga perlu mikir 😅

Jadi selain ngoding, hobi saya itu menulis, nyiram tanaman, dan fotografi

Ilustrasi maghrib buat yang ga tau ðŸ˜…

Ok lanjut. Saya udah pernah coba nulis di waktu pagi sekitar jam 09.00 - 12.00 pagi, tapi terlalu banyak distraksi karena dibarengi dengan ngumpulin nyawa nemenin anak makan dan main sampai jam tidur. Kalau disaat pagi, biasanya saya habiskan waktu untuk pekerjaan yang simpel-simpel, seperti sarapan dan tiduran.......

Pernah juga siang, sekitar jam 13.00 - 16.00. Nah ini sebenarnya bisa, tapi tidak bisa dijadikan jadwal rutin karena seringnya keluar untuk beraktivitas. Nasib kalau tidak rutin yaitu sering malas karena tidak disiplin. Jadi opsi siang ini coret.

Lompat ke jam malam setelah jam 22, alias setelah anak lagi mau tidur. Waktu ini agak kondusif karena minim distraksi. Tapi, waktu malam adalah waktu untuk pekerjaan utama yaitu ngoding. Ketika pekerjaan utama dan hobi bentrok, maka sebagai manusia yang sesuai kodratnya, tentu saya lebih memilih pekerjaan utama dibandingkan hobi (menulis).

Nyiram tanaman

Setelah lompat, balik ke jam 17.00 - 20.00, ini adalah waktu terbaik karena waktu itu seringnya jam kosong. Walaupun siangnya beraktivitas, seringnya sore udah pulang kecuali bang toyip. Sekitar 1 jam bisa digunakan untuk istirahat, mandi, makan, nyemil, sambil nyiram-nyiram tanaman. Setelah maghrib dan Isya, biasanya waktu yang lengang untuk dapat mengolah ide untuk menjadi tulisan.

Anak biasanya lagi makan malam, jadi seringnya anteng. Minim distraksi.

---

Buat teman-teman, biasanya gunakan waktu kapan saja buat menulis produktif? Ga berlaku buat full-time writer yak :))

23 comments:

  1. tauladan sekali bapak kita yang satu ini, telaten nemenin anak makan hahaha

    kalau aku waktu terbaiq itu pagiiii buta bang, abisbsubuhan nah tuh ekseluso setelah sebelumnya upload fotonya duluan di dashboard kosong...abis itu paginya tinggal ngarang indang nyelipin kata kata diantara foto fotonya wakkaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, nemenin doang sambil main hape wkwkwkwk

      Bener juga sih ini, bisa saya coba implementasikan.. makasi tipsnya mbak!

      Delete
  2. wah...hebat hobinya.... semuanya positif...
    saya sendiri, kadang nyiram tanaman, tapi, lebih banyak lupanya ...hehehe...

    Have a wonderful day

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kalau saya lupa nyiram, istri yang nyiram bang :))

      nambah-nambahin kerja beliau :))

      Delete
  3. pukul 5-8 malam itu malah jam-jam sibuknya saya :D
    Mengingatkan anak-anak mandi dengan segera, mengingatkan sholat Magrib, nyiapin makan malam, nyuapin anak, ngingatin kakaknya sholat Isha, ngaji dan hafalan, lalu menyiapkan mereka tidur, meski tidurnya di atas pukul 11 malam hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mbak, istri saya juga lagi sibuk-sibuknya.. Kalau saya *ehem* agak nyantai dikit :))

      Anakku juga lagi kacau ni jam tidurnya, kadang jam 11an juga T.T

      Tapi aku biasanya lanjut aja nulis mbak :))

      Delete
  4. Waduh kalau setelah magrib itu malah jam-jam sibuk banget, pasti siapin nasi buat dimasak, masukin peliharaan kerumah, kunci pintu gerbang, dan akhirnya bisa selo setelah jam 9, dan itupun kalau udah gak ada orang yang sibuk ketawa-ketiwi karena menonton tv atau yutub. Alhasil waktu efektif untuk menulis diatas jam 11 dan itu terasa fresh sekali pikiran hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, bechul.. jam 11 malam itu saya pakai buat kerja pokok gitu wkwwk

      Delete
  5. assallammualaikum om Andie, jujur kalau saya meski sekarang sibuk juga dengan bisnis marketing online tapi alhamdullilah saya nulisnya full time bahkan sehari bisa nulis artikel sampai 4 artikel atau 5 artikel sekaligus bahkan kalau lagi mood boster seperti sekarang ini. maaf ?'' jadi curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam mbak!

      wadooo, sehari bisa 4, sebulan bisa 120 T.T

      blog ini udah 10 tahunan tulisannya baru 300 :))

      Delete
  6. Halo Om Andi salam kenal...
    Wah bener-bener dicoba semua kapan waktu yang tepat buat nulis, hehe sampai akhirnya ketemu waktu yang tepat.

    Kalau saya masih belum nemu waktu yang tepat. Sesempetnya aja, tapi biasanya pas jam kerja dari jam delapan sampai sepuluh pagi. Soalnya sering nggak ada kerjaan di sekolah setelah ngasih tugas ke anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bang, salam kenal!

      Iya bang, dicobain semuanya untuk eksperimen :))

      Delete
  7. Kaget ya wak, pas lihat yang disiram foto tanamannya sekebon. wkkwkw

    kalau saya masih belum nemu waktu yang pas, sampai saat ini masih sesempetnya, tapi biasanya itu dimulai jam 20.00/ 21.00 pas anak-anak tidur, sampai mata nggak kuat melek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dibayangin nyiram tanaman sekebun ya mbak :))

      Iya mbak, kalau saya misinya cari jadwal rutin biar bisa disiplin hihi

      Delete
  8. Waktu terbaik untuk menulis ternyata sangat personal sesuai ritme hidup keseharian.

    Ahad siang kemarin mulai nulis tapi disela ngelakuin banyak hal, alhasil kelarnya pukul 10 malam. Lalu bisa tayangkan pukul nol nol sekian karena ada masalah trouble di hotspot antara komputer dan ponsel, syukurnya bisa pakai hotspot dari tablet.

    Ditambah harus cari foto dan desain di Canva plus mengedit ukurannya di paint komputer.

    Mungkin waktu terbaik saya adalah setelah Zuhur tapi harus disela dengan banyak distraksi sehingga selesainya malam atau mitnait baru tayang. Khas ibu rumah tangga he he he.

    Kalau lewat mitnait atau habis tahajud sudah tidak kuat untuk mikir, pengen langsung tidur, pengaruh umur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pola nulis kita sama mbak, nulis macem-macem, terus cari poto (agak lama ni prosesnya), edit di kanpa, terus upload..

      Abis juhur tu kalau ndak ada kegiatan diluar, biasanya ikut bobok sama anak :))

      Delete
  9. Wahahaha aku selalu terhibur kalau baca postingan mas Andie ini. Selalu kocak-kocak bergembira dengan sisipan humornya :)

    Waduh kalo aku random aja mas, gak pernah ada waktu terbaik nulis. Yang pasti malah ga pernah tengah malam gitu, soale ndak kuat melek mataku ini. Jadi lebih milih tidur hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih mbak compliment-nya, jangan sering-sering dipuji mbak, nanti berat badan saya naik ke langit

      kalau saya emang sengaja diniatin untuk cari jadwal rutin mbak, maklum lagi terapi nulis :))

      Delete
  10. Kalo saya malah seringnya pagi Mas buat nulis. Biasanya saat jam kosong pas ngajar di sekolah.

    Walau kadang ada distraksi sih, tapi daripada nggak ada kegiatan lain, mending nulis aja. Lumayan dapat setengah atau satu tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang, suka kali aku sama prinsipnya..

      Kalau saya susah bang kalo dah distraksi tuu.. pengennya ya udah ngelakuin hal lain aja gitu *kejebak distraksi* wkwkwk

      Delete
  11. Waaah beda kita. Aku ngerasa paling produktif itu pas abis subuh mas :). Abis solat, trus mulai deh buka laptop. Tp kalo dipikir, aku memang LBH suka ngelakuin sesuatu, termasuk belajar selesai subuh. Dulu zaman sekolah, abis solat subuh buka2 lagi buku pelajaran. Dan itu LBH lama nempelnya drpd aku belajar tiap malam :D

    ReplyDelete
  12. Saya di hari minggu dan malam. 🤭🤭 Karena waktunya lebih longgar. Dan bisa nyicil buat tulisan di minggu-minggu berikutnya. Hehhee..

    ReplyDelete
  13. aku seringnya malam pulang kantor
    kalau pas wiken,mungkin bisa dari siangan
    kalau di jam jam kantor susah banget mau nulis, pasti ada aja gangguan, apalagi kalau lagi hectic banget

    ReplyDelete