December 30, 2020

Akhir Tahun

Hampir 2 tahun tidak menulis di blog ini.

Saya akui, konsistensi saya terhadap menulis blog itu kalau bisa diasosiasikan dalam reaksi kimia:

4Fe + 3O2  2Fe2O3*

Semangat saya sering teroksidasi oleh banyaknya kegiatan sok sibuk lu sehingga semangat ngeblog ini menimbulkan karat-karat yang membuat bentuk dasarnya tidak begitu dikenali, malas dipegang, dan bikin tetanus.

Wah...

Tapi, ya begitulah blog ini. Dibuat sejak Tahun 2008 dan hanya menghasilkan 286 tulisan. Nulisnya sekitar 4 bulan, hiatus-nya 2 tahun. Pola ini berlangsung mungkin ada sekitar 10 kali di blog ini.


Walaupun begitu, saya senang menulis blog. Seperti media menulis sepuasnya tanpa perlu mikirin kehidupan sosial saya di dunia nyata. Ga kayak bikin caption instagram yang nulisnya bisa lama karena memikirkan teman-teman yang "real" disana yang akan memberikan efek-efek getir ketika bertemu.

---

Btw, teman-teman ada yang mau berbagi saran buat nulis blog konsisten gitu? Kayaknya kekonsistenan saya terhadap hiatus perlu diperbaiki.

NB. Foto hanya pemanis buatan.

* Hasil belajar di brainly 

14 comments:

  1. Gak usah konsistenlah, seinget dan semaunya aja, saya juga gitu, hahah, tapi yah kayanya tergantung penting dan tidaknya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh! Nasehat yang sangat menginspirasi kekonsistenan hati ini. wkwkwkw

      Delete
  2. Hahaha, sama banget dengan aku mas, kalau aku polanya 3 bulan ngeblog, setahun hiatus, berulang kayak gitu terus, wkwk. mungkin karena emang gak passion2 bgt ya untuk ngeblog/nulis.

    ReplyDelete
  3. Mungkin karena ada pekerjaan di dunia nyata yg menyita waktu jadi blog tak tersentuh, wajar koq pak tapi keren juga sudah 286 tulisan :) btw saya salah fokus foto salon di atas maksudnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, itu itu cuma pemanis aja biar ada foto yang di postingan :))

      Delete
  4. Hohoho... nulis lagi mas.. bolak balik ke sini isinya terakhir masih yang istri nyukur rambutmu.. hahaha balik ke sini lagi.. eh ada tulisan baru soal jalan buntu..

    Kalau tips buat konsisten, tujuan, kejar tujuan, dan jadikan kerjaan rutin.. wakakaka.. baru bisa konsisten. Tapi kalau memang buat senang senang doang mah ya sulit maksa diri..

    Nice to have you back

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maigat! Beneran bolak balik mas ke blog saya ini? Saya hampir 2 tahun hiatus soalnya wkwkwk

      Doain semoga tujuan 1 hari 1 posting (yang ga pernah saya lakukan di blog ini) terwujud ya mas..

      Sekarang saya mau nyobain jual backlink biar termotipasi nyari duit ehhh nulis blog :))

      Delete
    2. Ember.. biar ga setiap hari, saya emang bolbal.. hahaha.. soale demen baca yang agak nyeleneh nyeleneh.. hahahahaha

      Juaalll... toh juga ga ada ruginya.. siapa tahu bisa konsisten kalau dikasih "duit" di ujungnya.. wakakakak

      Delete
    3. Jadi besar kepala saya ni mas :))

      Iyah, ternyata pas dicek PA/DA blog lumayan, jadi langsung daptar hahahaha

      Delete
  5. Konsistensi lebih ke tujuan, dan kebutuhan. Kalau tujuan & kebutuhannya jelas, pasti bisa konsisten si.

    Blog jadi sarana mesin waktu, dan memory external yang gak bisa diingat di kepala, jadi ya apapun bisa diisikan diblog.

    Saya bisa merasakan manfaat blog ketika sy lagi butuh sesuatu ingatan dan blog itu menjawabnya, dan itu yang membuat saya tetap posting, dan apalagi sekarang dari hape bisa, jadi gak ada alasan gak ngepost. Kalau dulu harus laptop, editing paragraf biar rapih harus laptop, sekarang via hape semua bisa.

    Tapi dinikmati kuncinya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, biasanya emang posting dari laptop/pc, sekarang udah bjsa lewat henpon.. Cuma sayanya kudet kali jadi harus pakai laptop :))

      Delete
  6. Dah lama juga ya pak akhirnya muncul kembali ya pak, banyak yang kecarian juga tulisannya pak andi ini

    ReplyDelete