February 23, 2021

Pertanamtanaman

Setelah nulis selama 2 jam, ngedit poto, do some research, dan 5 menit kemudian...."Ini nulis apaan si?"

Kemudian tulisannya diapus 😅

Mood nulis saya ini kayaknya lebih parah dari PMS. Eh bukan PMS itu ya, tapi PMS ini *apaan si*

---

Selama masa hiatus hampir 2 tahun belakangan. Sudah amat sangat banyak yang terjadi. Bahkan saya udah berhenti dari tempat kerja lama saya dan  telah mendirikan 2 perusahaan baru. Bayangkan roller coaster kehidupannya :))

Nanti saya cerita satu persatu. Mayan kan buat konten wahahaha. Hari ini saya mau cerita tentang hobi lama yang bangkit kembali. Bukan ngeblog ya, walaupun emang bener juga sih...... Eh?

Hobi nanam-nanam. Ini hobi sejak jaman SD bangkit kembali sekarang. Dulu berenti nanam, karena trauma masa kecil. Waktu itu nanam pohon pisang, terus dibabat sama tukang potong rumput. Sejak itu udah ga mau nanam-nanam lagi. Untung yang ditanam pohon pisang, bukan pohon keluarga cendana.


Hobi ini bangkit kembali setelah sekian lama dikarenakan instagram saya isinya monstera semua. Mau tidak mau, saya terhipnotis. Walaupun belum kesampaian punya monstera varigata, saya udah punya monstera adansonii yang belinya ga usah pakai mikir. Menumbuhkembangkan tanaman itu membahagiakan menurut saya. Senang ketika ada tunas baru, eksperimen water propagation, atau stek batang. Lumayan itung-itung aktivitas produktif walaupun minim gerak. 

Bunga-bunga yang saya koleksi juga bukan yang hypebeast, tapi yang affordable. Karena saya tau, yang mahal pasti akan segera murah pada nantinya. Apple iPhone 12 itu akan affordable 5 tahun lagi, nah, saat itu lah kita belik.... *udah mulai ngigo*

Biar ga stres saya pilih bunga-bunga yang ngerawatnya mudah. Kalau merawatnya susah, kan nambah beban kehidupan aja jadinya.


Tanaman diatas saya beli di Cactusnesia, teman kantor saya yang punya passion di dunia perkaktusan-tapi-lagi-nyoba-peruntungan-jual-bunga-lain . Jangan tanya ID-nya apa, saya ndak tau :)) 

---

Buat teman-teman yang punya hobi tanam-tanaman, udah punya tanaman apa aja di rumah? Buat yang kasi komentar ternak bunga bank, sini saya pites dulu palanya.

26 comments:

  1. Buat teman-teman yang punya hobi tanam-tanaman, udah punya tanaman apa aja di rumah? ===>>>> punya semua, Mas. Kecuali tanaman duit. He he ... selamat malam. salam untuk keluarga di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh dirumah saya ada tanaman kaktus dollar mbak, mungkin bisa di asosiasikan dengan tanaman duit :))

      Delete
    2. Ngomongin soal nanem tanaman hias saya jadi ngenes Mas, masalahnya siMami pengen banget ngoleks bunga hias yang belakangan ini lagi hangat gosibnya di kalangan Emak-emak,....tapi sayang kagak ada tempatya

      Delete
    3. Nanam bjsa dimana aja mas, bahkan di botol isi air di kamar mandi, ruangtamu, bahkan tembok rumah..

      Ya, kecuali nanem sawit ya mas....

      Delete
  2. Pas ngebaca "Bukan ngeblog ya, walaupun emang bener juga sih...... Eh?". Otak ku langsung kayak "Hah? gimana gimana?" wkwkwk. 😄

    Aku sekarang juga sering merawat tumbuhan orang tua yang dirumah. Sering mandiin sekaligus perhatiin perkembangan tumbuhannya. Padahal, gak tau nama tumbuhan yang aku siram. HAHAHA. Kegiatan menyiram tanaman memang asik banget. Gak tau kenapa, tapi setiap selesai nyiram otak jadi fresh lagi. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, dulu awal-awal tiap hari semua bunga saya siram 2x sehari, setelah itu bunganya gumoh wkkwwk

      Tapi emang bener sih, abis nyiram-nyiram otak presh lagi..

      Delete
  3. yampun openingnya bikin ngakak aja, Mas. ha ha ha...

    Monstera daunnya emang estetis banget ya, saya juga suka. Tapi buat sekarang belum bisa rawat-rawat anak pohon. anak bayik di rumah tiga biji masih butuh perhatian saya. *curhat, bun*

    ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau monstera sejenisnya itu gampang banget ngerawatnya mbak..

      Delete
  4. Tanaman yang aku punya cuma 3 jenis aja, Kak 😂 nggak berani nambah lagi soalnya takut nggak ada lahan penyimpanannya 😂 jadi selama ini cuma coba stek batang sama tanam di air untuk tanaman yang udah ada hahaha.
    Aku punya 1 monstera andasonii, lidah mertua dan sirih gading. Semua tanaman yang beginner friendly 🤣 untungnya mereka bisa bertahan hidup 2 tahun ini meskipun perawatannya bisa dibilang minim 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget wkwk.. Ga kuat menambah beban hidup kalau merawat tanaman yang agak manja :))

      Delete
  5. Tanganku panas mas, kalo mliara tanaman mati semua hahahaha. Pernah diksh kaktus, yg sbnrnya inikan ga banyak perawatannya yaaaaa. Apa daya, mati jugam yowislaaah aku ga mau pliara2 lagi. Cukup menikmati tanaman2 temen lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, kalau tangannya panas sebaiknya jangan ngerawat tanaman, lebih baik buat nyetrika mayan wkwkkw


      *kabur ke Tanzania*

      Delete
  6. aku cuma punya kaktus mas
    soalnya aku suka lupa nyiram tanaman mas hahahah
    jadi kalau akktus kan engga bakal mati klo lama engga disiram

    sekarang lagi musim yang bolong bolongan itu ya samoe harganya bikin mengelus dada hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu rasanya beli monstera seperti gambar di postingan cuma 15rban :))

      Delete
  7. Tanaman yang dipiara apa ya?

    Hmm saya pikir yang mudah, simpel adalah "jamur", ya jamur itu mudah sekali.
    Jamur di kaca mobil, jamur di handuk kalau gak kering², jamuran kalau diabaikan orang yang kita sukai hiks hiks hiks

    ReplyDelete
  8. Ga punya tanaman mas, karena rumahnya ga ada halaman, adanya parkiran motor motor tetangga. Mau nanam di mana cobaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh coba tanaman indoor bang, atau bisa pake tanaman plastiq

      *dikeplak*

      Delete
  9. kalau disini, lebih baik nanam cabe bang, karena harganya mahal . eheheh

    ReplyDelete
  10. Aku dulu juga suka memelihara tanaman kang, tiap Minggu beli bunga mawar atau lainnya yang harganya cukup terjangkau 15k saja, tapi akhirnya berhenti karena istri saya marah karena duitnya buat belanja kadang dipakai untuk beli tanaman atau pupuk.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkwwk

      Ya wajar bang, kita ga makan pupuk toh bang :))

      Delete
  11. yasalammmm bang andie aku jadi ngakak ngakak baca ini

    klo giti bolehlah saya ngayal dulu memiliki iphone seri itu tuk 5 tahun ke depan hahahhahaha


    pms ini dan pms yang itu

    etjieeee baru bangun 2 perusahaan...saatnya katakan congrats ya bang sekalian tumpengan nasi kuning harusnya hahahhah...

    dan kalau masalah tanaman kanjeng mamiku itu jagonya...halaman sampingbuda disulap jadi macam orang jualan anggrek...pernah kupost juga sih foto fotonya di blog anggrek anggreknya wkkwkw...cuma ga buat dikomersilin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran mbak, boleh la ditungguin 5 tahun lagi tu ipon 12 promek :))

      Boleehh.. Potong lontong aja boleh ndak wkwk

      Eh jadi kanjeng mami jago nanam bunga atau jago sulap ni? 😂

      Delete
  12. waa kebetulan mas, gw juga lagi pengen memulai nanem sesuatu, tapi belum kesampaian, karna aepertinya masih banyak yang oerlu gw pelajari, ga cuma asal nanem yang ada malah mati tanenamnya :D

    oya sekarang gw lagi nanem di game aja si, di post gw ada plant vs zombie hoho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nananm sawit ya bang? Kok bnayak yang dipelajari? 😂😂

      Delete