February 17, 2019

Web Portfolio

Beberapa hari ini tidak enak badan dikarenakan sinusitis kambuh. Buat yang belum tau, sinusitis bukan bentuk kecintaan yang berlebihan terhadap perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi miring. Sinusitis merupakan infeksi pada jaringan sinus yaitu pada bagian kiri kanan hidung dekat tulang pipi. Untuk lebih lengkapnya, bisa baca artikel ini ya. Takut terlalu bermanfaat kalau saya ketik ulang disini.

Nah, asumsi saya, hal ini dikarenakan asap. Bukan asap kebakaran hutan, tapi asap kebakaran sampah. Saya masih takjub sama orang-orang yang masih membakar sampah di halaman rumahnya.  Ga ada etikanya. Kalau asapnya untuk hal bermanfaat ga ada masalah, misal asap bakar sampah tadi bisa digunakan untuk mempercepat laju pertumbuhan bakteri Lactobacillus Casei pada pencernaan.

Nyatanya, mempercepat pelepasan hormon adrenalin untuk memaki dan mencaci.

Pengecualian untuk asap sate padang dan ikan bakar, saya masih tolerir sih. Mukadimah penuh emosi kali ini disponsori oleh tetangga saya yang nilai PpKN nya dibawah rata-rata.

---

Setelah menemukan jati diri dengan membuat Curriculum Vitae edisi 2017, saya pikir sudah tepat waktunya untuk membuat web portfolio. Membuat web portfolio yang komprehensif, enak dibaca dan menarik itu susah. You have to know yourself first, kemudian mencari hal apa yang bisa dijual lalu ditulis dengan bahasa yang menarik dalam layout yang bagus.


Untuk saat ini, web portfolio saya kira-kira progress-nya udah 85%. Rencananya ada fitur blog juga di portfolio ini, untuk sharing hal-hal yang berfaedah dalam bahasa Inggris. Kalau blog Andiebuytank ini rasanya, biarkanlah begini saja. Saya tidak ada berniat untuk menggunakan domain berbayar, mengubah isi, ataupun menggunakan platform lain untuk blog ini. Biar tetap ngeblog rasanya.

Dalam proses pembuatan portfolio ini juga memudahkan saya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview pekerjaan. Hahaha.

---

Saya rasa tidak hanya desainer yang perlu membuat portfolio, tapi semua orang baik dibidang kreatif ataupun non-kreatif sebagai showcase karya, penghargaan, kontribusi, organisasi dan lainnya.

Jadi, adakah teman-teman yang sudah memiliki web portfolio? I'll love to see it!

76 comments:

  1. Butuh waktu cukup lama bagi aku untuk mengerti kalau tulisan oren itu bacanya "riandy" -_-

    Ditunggu progress 100% portfolio-nya pak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kirain oreo ternyata logonya to :)

      Delete
    2. hahaha buka oreo pakk.... wkwkkwkwk aya aya wae nih kang djangkaru ckckckkc

      Delete
    3. @ Bayu
      Mayan lah bay, daripada ngga sama sekali :))

      @ Djangkaru
      Kenapa Oreo ya mas? Ga ngerti saya hahaha..

      Delete
    4. Gambar profil bloggerku ya mas?
      Itu gambar Detective Conan mas, bukan oreo -_-

      Delete
    5. Masih ga ngerti kenapa oreo, wwkkwkww

      Delete
  2. Saya juga termasuk alergi sama asap sampah, mudah pening saja. Kadang saya uring-uringan jika ada yang bakar sampah dekat rumah.
    Soal domain, sebenarnya saya lebih suka yang gratisan, semisal blog punya saya yang satunya om koodok. Kalau blog djangkarubumi sekedar buat cari recehan biar isi dompet tambah tebal :)
    Web portfolio, ah pening.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tu, kenapa masih ada yang doyan bakar sampah si yak?

      Delete
  3. saya belum punya kang fortopolio kaya kang andy.. punyanya cv biasa nih.. belum ada ide bikin portofolio yang keren nih huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga wajib kok mbak, tenang :)) Portfolio mah projek iseng aja, ya kali ada yang nge-hire hahahaha

      Delete
  4. Saya masih baru ngeblog. Dan ini juga masih belajar. Jadi pengen juga sih punya domain sendiri, tapi belum punya uang, blog belum menghasilkan income..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat bang Jhon! Kalau nanti nulisnya rutin pasti rejeki dateng sendiri..

      Delete
  5. Semoga sukses selalu dengan portofolionya dan bisa menjadi yang terdepan..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn wahahaha, saingan sama motor Yama** nanti mas, semakin terdepan :))

      Delete
  6. yang tahun 2017 keren portofolio nya mas.. semoga segera selesai progress web portofolionya

    oya ngomongin bakar sampah, ku jadi teringat tetanggaku yg hobi bangat bakar sampah, pagi-siang-sore setiap hari gak kenal waktu. kesel rasanya, gak ngertiin banget ada anak bayi di rumah saya.. hiks.. #jadicurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAMA! Padahal tetangga udah diingetin lho.. Alasanya 'bakar sampah cuma sebentar'.. Minta dikeplak pakai binder clip..

      Delete
    2. Kurang berasa kali mas pakai binder flip doang.. haha

      Delete
    3. Binder clip yang paling gede itu mbak, plus kertas-kertasnya wkwkkw

      Delete
  7. Web portofolio-nya agar beroleh tawaran kerja sama, ya? Semoga sukses dan bisa segera diselesaikan.
    Soal sinusitis, bikin suara saya jadi bindeng. Kalau udara dingin, susah bernapas makanya oksigen kurang lancar asupannya sehingga saya kerap pusing arau lemas.
    Tetangga yang buang sampah kayak gitu barangkali nilai afeksi sosialnya rendah. napa dia tak bakar pada jam tertentu agar tak ganggu yang lainnya? Padahal bakar sampah bisa atur waktunya, kok. Yang elasa jangan gegabah pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya itu mbak, biar ada yang hire :))

      Benar mbak, emang bikin lemes plus susah napas, tak enak ngapa-ngapain..

      Tetangga saya mah, udah terjadwal bakar sampahnya mbak.. Pagi, siang, sore selama 2-3 hari berturut-turut setelah potong rumput di halamannya..

      Delete
    2. Tetangganya rajin sayang cuma untuk diri sendiri tanpa merhatiin lingkungan. Kalau eumputnya sedikit 'kan masih bisa dijadikan humus. Apalagi musim hujan tak perlu pakai acara bakar rumput. Bakar rumput yang masih ada lembapnya tindakan bodoh, tuh. Mengapa demikian, karena aspnya akan lebih banyak sebab belum kering benar semua bagian rumput. Makanya susah terbakar habis secara cepat dan asap sudah pasti mengganggu.
      Mungkin sebaiknya tetangga piara kelinci saja agar tak perlu bakar rumput.

      Delete
    3. Betul mbak, kalau rumputnya lembab, besok dilanjutin tuh.. Mungkin karena pengaruh usia kali ya, tetangga saya emang banyak 50++ wahahahaha

      Wah, emang kenapa dengan kelinci mbak?

      Delete
    4. Ya kelincinya dipelihara buat maem rumput, maaas ... ;)

      Jadi, si tetangga rempong sukanya bebakaran rumput bergoyang, eh# maksudku rumput yang habis digoyang pakai arit ..., ngga perlu dibakar gitu hehehe :)

      Delete
    5. ah! Saya baru ngeeeeh! Wahahahaha..

      Delete
  8. Blog gw juga gw biarkan apa adanya. Walau begitu gw tetap cinta blog gw, ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Kalau ga cinta sama blog sendiri mah, susah nulis di blog :))

      Delete
  9. keren web portofolionya mas. btw bikinnya pakai aplikasi apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya belum publish webnya mas :))

      Tapi saya kembangin webnya pakai PHP mas, mura meriah :))

      Delete
    2. PHP itu apaan sih, mas ?
      Pemberi Harapan Palsu kah ?.
      Ohh ...

      Ajarin boleh ngga bikin portfolio, mas ;) ?

      Delete
    3. Ini beneran nanya atau apa yah mas? PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman mas.. Pemberi Harapan Palsu juga bisa, tapi kalo konteksnya pemrograman Hypertext Preprocessor..

      Kalau buat portfolio, sebenarnya tergantung yang saya tulis diatas mas.. Tergantung pribadinya itu sendiri, sukanya yang bagaimana, brandingnya seperti apa dan lainnya..

      Delete
  10. Sekarang blogger pada buat portofolio juga utk mengundang advertiser, bikinnya juga mudah tinggal pake canva aja nah isinya yang bingung saya, secara prestasi ngeblog juga belum ada, follower yah pas pasan tuh wkwk, btw ipar saya sampe dioperasi gara2 sinusnya udh parah, menarik cairan dihidung trlalu kuat aja bisa pendarahan, kasian liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru tau itu Canva mbak, terima kasih infonya..

      Dulu sempat parah mbak Sinusitis saya juga, minum antibiotik full 2 bulan.. Tapi lama kelamaan ilang, jadi ga perlu operasi sedot itu..

      Delete
  11. Web Protofolio yang kayak gimana sih Mas ? Yang spesifik kah ? Misalnya : Homepagenya penuh dengan photography, gitu2 kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau misal emang skill yang dijual fotografi, ya harusnya banyak hasil karya fotografi yang dipajang mbak.. Jadi si client tau, si fotografer ini seleranya gimana..

      Kalau saya karna bikin aplikasi, aplikasi yang dipajang, tapi ya thumbnail dan skrinsyutan :))

      Tapi saya juga publish seperti pendidikan, pengalaman organisasi, dan kerja biar calon client paham background kita juga..

      Delete
  12. Ah itu ... saya masih belum pede bikin web portfolio. Kayaknya belum ada yang bisa dituliskan di situ deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pajang beberapa karya yang saya buat waktu masih kuliah dulu mbak :))

      Mayan buat nambah-nambahin pengalaman hahahaha

      Delete
  13. mungkin saya bisa lihat portfolio milik mas seperti apa? siapa tahu ada yang cocok, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, nanti kalau udah 100% saya tulis di blog ini mas..

      Delete
  14. Asli ya, tadi sy itu ga baca judul artikelnya, cm baca snippet nya dan kepincut sama sinusitis bukan kecintaan sinusitas, haha *sambil ngapain sih mak tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Saya ga tau kenapa sinusitis dan sudut sinus itu sama-sama sinus :))

      Delete
    2. ahhh saya ngejelimet baca nulis sinuitis, sinusitis ahh apalah itu haha

      Delete
    3. Sinus-itis mas, jangan sampai salah Sulis atau Suprisitis :))

      Delete
  15. Semoga apa yang dialami cepat sembuh yach Mas. :)
    Kalau punya Web Portfolio, kalau saya belum ada Mas, maklum sedang males,heheheh....

    Asap sampah memang menganggu, apalagi asap ikan bakar milik tetangga yang notabenenya lupa bagi2 ikan bakarnya kalau sudah masak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas!

      Wah, itu emang paling nyebelin emang kalo lupa bagi-bagi apalagi kalo ikan gurame :))

      Delete
    2. semoga web portfolionya bisa berguna buat banyak orang

      Delete
  16. Keinget temen aku deh sakit sinusitis. Jdi dia gak bsa terkejut hmmmm kok malah curcol hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, ga bisa terkejut mbak? Kenapa yak? Karena sinusnya?

      Delete
    2. Iya kak. Krna sinusnya. Jdi gak bsa terkejut, gak bsa terlalu mikir hal yang berat. Dan, kalo semua terjadi, dia harus rileks dlu selama setengah jam. Baru bisa sembuh...

      Delete
    3. Wah kalau dah parah begitu ya, naudzubillah T.T

      Delete
  17. asap untuk memicu adrenalin orang untuk memaki ya mas, baik itu asap pembakaran sampah juga asap rokok kecil pun kadang bisa saja

    ReplyDelete
  18. Kang Andy. ditunggu donk artikel selanjutnya.. biar bisa menuhi kolom komentar di artikel lain hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah, penuhin kolom komentar ini dulu lah ya hahahahaha

      (( miskin ide ))

      Delete
  19. Web portofolio...kayak apa ya? Oh...soal sin..cos..tangen, aku jado inget itu gara2 mbaca artikel ini. Inget klo itu adalah materi matematika...yang dulu aku nggak mudeng, dan sampe sekarang pun aku nggak ngerti dipake ngitung apaan...��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, setelah lulus kuliah, pelajaran sincostan ini belum pernah saya temui di pekerjaan sehari-hari :))

      Delete
  20. Saya belum, tapi rencana ada, buat web portofolio sepertinya butuh intuisi, wheheheh, tapi suka cari jalan pintas aja, download2 gratisan wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp lah mas, orang mana tau template gratisan sama yang berbayar hahaha

      Delete
  21. masih ingat saya mas bikin Curriculum vitae menggunakan template info grafik, sekali diajukan untuk ikut seleksi bantuan seniman, malah kena senyumin saya sama yang nerima. heee

    ReplyDelete
  22. Aku belum punya :) Tapi memang penting ya, supaya orang tahu siapa kita dan memperluas jaringan. Sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kalau saya sih biar ada yang hire buat nambahin duit jajan + looks professional gitu :))


      (( walaupun skill ala kadarnya ))

      Delete
  23. Semoga cepat sembuh sinusitisnya mas dan semoga tetangga nggak bakar sampah lagi, saya juga nggak suka baunya kalau ada yg bakar sampah dipingir jalan...
    Menarik sekali ulasan tentang Web Portfolio dan komen teman2 blogger di atas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih Mas! Kalau sinus ini emang perlu kesabaran untuk recovery-nya, paling ngga seminggu..

      Delete
  24. Punya web portofolio bikin kita terlihat sangat-sangat profesoional. Mungkin suatu saat sy akan buat web portofolio juga :)

    ReplyDelete
  25. Hmm memang yah, masih ada aja orang yang membakar sampah padahal itukan jadi pencemaran udara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetangga saya hidup dari jaman PKI (Sekitar umur 70an) mbak, mana tau apa itu pencemaran udara T.T

      Delete
  26. belom punya web portofolio
    mungkin kedepanya iyah
    klo skill aku udah memadai wkwkkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan minder mas, skill alakadarnya kayak saya aja pede :))

      Delete
  27. Wah, keren. Saya belum punya dong *belum pantas haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, apalagi saya dibandingkan dengan Mbak Muyas T.T

      Delete
  28. kalo ga salah, sebelum ini ama blognya bukan Andiebuytank deh. apa sha yang kurang memperhatikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andiebuytank dari awal, mbak..

      Cuma dulu emang anything.is.possible, tapi udah ganti Andiebuytank aja dah :))

      Delete
  29. Saya kok juga mengalami tetangga rumah yang sering bakar-bakaran sampah dihalamannya. Bikin sesak nafas.

    Btw, berguna banget kah web portofolio itu?

    ReplyDelete