February 21, 2019

Barber and Hair

Suka atau tidak suka, menikah itu pasti mengubah orang. Jadi, kalau ada yang bilang tidak akan berubah setelah menikah, kemungkinan besar duda salah. Kalau saya salah, kembali ke pasal pertama.

Rambut, salah satu hal yang berubah dari saya setelah menikah.

Sejak seringnya kena razia rambut waktu SMA dulu, saya memutuskan untuk potong pendek rambut saya. Ga terlalu pendek kayak tentara, masih panjang sikit lah. Kalau saya bilangnya, "Sisir 4 rata, bang". 

Sisir 4 Style (S4S) ini, bertahan selama 8 tahun hingga 2016. Adapun beberapa manfaat yang paling substansial adalah selalu rapi walaupun tidak mandi. Selain itu, I don't need a damn comb!

---

Setelah menikah, berubah. Ada yang memperhatikan dan merawat rambut saya. Istri bilang S4S ini seperti anak sekolahan, ga cocok buat kerja. Ya, emang sih. Hahaha.

Kemudian, saya sulit mencari barber langganan yang sesuai dengan selera saya. Karena minimnya pengetahuan saya akan gaya rambut, biasanya saya menyerahkan model gaya rambut sepenuhnya ke barber. Nah, mencari barber yang taste-nya yang bagus itu yang sulit.

Dengan tingkat kelangkaan yang tinggi, istri menawarkan diri untuk memotong rambut saya. Wah, pilihat hemat tepat! Kalau hasilnya kurang bagus, ya sudah tinggal S4S. Lagian, potong rambut dirumah juga ga perlu ribet ngantri plus diraba-raba (rambutnya) sama barber.


Dengan peralatan sederhana dan tekad yang kuat akhirnya datanglah saatnya ekseskusi rambut. Sore, duduk di halaman belakang, sambil menikmati daun-daun berguguran dari pohon yang tidak berasal dari rumah saya. Setelah 30 menit berlangsung, rambut saya bener-bener bagus! Karena dalam rambut yang bagus, terdapat kepedean yang tinggi. Mens Hairo in Corpore Sano.


Ternyata istri punya bakat terpendam yaitu potong rambut. Mungkin kedepannya, bisa investasi mesin cukur biar lebih hemat waktu dan hemat energi. Alhamdulillah, tidak perlu keluar biaya lagi untuk potong rambut dan bisa dialokasikan untuk jajan cilok popok anak.

Apalagi istri, pasti tau yang terbaik buat suaminya, termasuk model rambut. Karena jarang-jarang potong rambut bagus, saya minta fotoin buat saya masukin ke CV Edisi 2017.

Ternyata, kamulah barber yang selama ini aku cari ~

105 comments:

  1. Jadi, hasil potongan rambut sekarang ini karya dari istri tercintah, ya ?.
    Bagus juga karyanya ;)

    Apakah mas Andi berbakat juga jadi barberman ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakat saya sepertinya makan dan tidur di waktu yang terpisah bang :))

      Delete
    2. Hahhahaa bakat ngabisin makanan saya juga itu kang.. wkwkwkkw

      Delete
    3. wah..wah...kreatif banget tuh istrinya Mas....potong rambut ala sang istri,

      Memang pernikahan itu bukan hanya sekedar menjalin gubungan biologis semata, akan tetapi berjalan menghadapi serta bersinergi bersama, yang pada akhirnya terciptalah kebahagiaan.

      Delete
    4. Terus terang saya iri lhoo...jika melihat sebuah keluarga yang harmonis, bahagia, menerima dalam kesederhanaan,


      sampai pada potong rambut di belakang rumah....yang menghemat waktu dan isi dompet...

      Delete
    5. Duh jangan iri mas TrikNews T.T

      Ini maksudnya jelasin perubahan setelah menikah saja mas..

      Delete
  2. wih, istrinya berbakat juga ni mas andi..

    ngomongin soal rambut, jadi inget suami saya beberapa hari lalu potong rambut ke kang cukur, lah kok pulang2 pitak sebagian.

    mau saya antar suami ke tempat cukur nya untuk protes dan minta ganti rugi, eh dia malah gak mau. jadilah sekarang pusing sendiri mikirin rambutnya yg tak kunjung tumbuh. haha #eh #GakBoleh KetawaDongYa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Itu salah satu resiko barber yang kurang bagus, jadi aib sampai rambut panjang kembali wahahaha

      Delete
    2. Kalau salah potong ya jadi masalah besar coz nunggu tumbuhnya lama

      Delete
  3. Ketauan, waktu melamar dulu bukan bertanya " Kamu mau jadi istriku tidak?" . Yang ditanyakan pasti "Kamu bisa cukur rambut tidak?

    Gitu ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja taunya pas udah nikah kok mas, hahaha

      Delete
    2. Hehehe alhamdulilah salah satu kebahagiaan tak terdugem ya kang andy hehehhee

      Delete
    3. Kok kesel baca terdugem ya wkwkwkw

      Delete
    4. maksudnya terduga cuma salah ketik alias typo kang wkwkkwkw

      Delete
  4. Mantap nig kang andy punya istri solehah yang serba bisa pastinya kang andy bangga nih hihi gaperlu banyak keluar duta buat potong rambut y ckckkx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! Ngemat 35ribu buat bayar barber wahahaha

      Delete
    2. Kebayang setaun berkursng pengeluaran 500 rb ya kang andy wkwkkwkw salam buat istri kang andy yang multi talenta itu y hihi

      Delete
  5. bisa buat investasi nih. buat pemasukan tambahan kalo lagi cuti. istri bisa kerja nah sampean tiur dan menikmati hasil mas. gimana? he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap mas, barber pribadi ini mah hahaha..

      Yang cari duid biar suaminya aja hahaha

      Delete
    2. wah, so sweat. berkorban buat sang tercinta. keren.

      Delete
  6. Ndi, nebeng pangkas rambut dong. Harga kawan ya! Hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang potongin ya, pake gunting indomi :))

      Delete
    2. Oalah jangan gunting indomie lah. Berkecap pulak rambut jadinya hahaha :))

      Delete
  7. hmmmm saya lagi coba rambut gondring mas tapi istri udah ngomel2 terus

    ReplyDelete
  8. Wah hebat istri nya gan..., saya sih lumayan bisa juga kalau cuma panhkas rambut orang tua atau anak2. Kalau request model saya agak grogi... soal nya belajar pangkas rambut secara otodidak. Bahkan saya bisa pangkas rambut saya sendiri pakai 2 cermin besar dan hanya dengan gunting biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh! Keren sekali mas!

      Kalau sama istri biasanya saya emang minta yang penting rapi aja mas.. Nanti kalau udah ada mesin dan gunting yang proper, boleh lah miinta yang macem-macem gayanya :))

      Delete
  9. Sama donk seperti aku mas...Tos doongg!!😂😂 Aku malah punya Salon kecantikan + Butiq yang ngelola istriku tercinta..

    Tapi sebelnya nggak boleh panjang dikit langsung deh digrepesin sama sang istri..😱😱 Jadi sejak menikah saya punya rambut selalu cepak...

    Berbeda waktu masih jadi cover boy...😂😂 Biar pontongan pendek masih bisa panjang atau di warna-warni rambutnya biar ngak ngebosenin..


    Taapii sekarang yaa terima nasib rambutku harus selalu pendek.😰😥😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Wah, sampai punya salon sendiri ya buat dijadiin bisnis..

      Wahahaha, kebalikan dengan saya mas.. Malah pengennya pendek terus.. Kalau panjang dikit gitu ga betah haha..

      Delete
  10. ngomong masalah rambut, pria itu ada juga yang susah buat nentuin gaya rambut. pilihannya pasrah sama tukang cukur, syukur-syukur kalau modelnya kita suka. kalau gak suka, ya mau gimana lagi, pasrah deh. tapi kalau punya langganan malah lebih bagus mas. cukurnya di rumah pula. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya emang selalu pasrah sama tukang cukur mas, bilangnya itu "mas potongin yang ganteng" wkwkwkwk

      Delete
  11. Emang susah cari tempat pangkas rambut yang cocok. Sekalinya nemu yang bagus, harganya pasti di atas rata-rata. Saya sebetulnya paling males cukur karena rambut ini cepet banget numbuhnya. Kalau Mas Andie kan istrinya, sedangkan di keluarga saya nih, ayah saya diam-diam yang juga bisa mencukur rambut. Ketika masih pengin gondrong tapi mau sedikit lebih rapi, saya suruh aja Ayah. Wahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas, ntah kenapa harga tukang cukur makin lama makin tinggi sekitar 35ribuan T.T

      Wih, kita sama hematnya untuk masalah potong rambut mas hahaha..

      Delete
  12. Setelah baca artikel ini, aku mendadak pengen belajar nyukur rambut, biar bisa jadi istri idaman buat calon suami nanti wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar mbak, kayaknya ga sulit tu.. Cuma susah mencari target belajar aja :))

      Delete
  13. Praktis dan murah meriah hehehe
    Jarang2 istri, sekaligus ibu serba bisa jaman skr.

    Btw itu S4S itu umum gk si istilahnya? Sy sj klo potong rambut k tkg cukur, style paling sering tk sebut, "rapihin", "sasak", "ati-ati pala sebelah kiri peyang" udah gitu aja. Soalnya punya rambut pas-pas, mau gimana lagi, apalagi gk pny ahli hair stylis hahaha

    Sing penting ora keliatan mawut mawut hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. S4S mah ga umum mas :))

      Tapi kalau Sisir 4 rata, umum mas.. Kecuali emang mesin cukurnya berbeda dengan yang mainstream wkkwkwkw

      Betul, mas dulu biasanya saya bilang "rapihin, ganteng ya mas" karena ga tau mau model apa yang bagus dengan muka dan kepala ini haha

      Delete
  14. setuju saya bro andi....
    mau gak mau, enak gak enak, sampai terima gak terima... setelah menikah kita akhirnya harus berdamai dengan perubahan dan merasa nyaman dengan perubahan itu. walau ada sedikit perasaan janggal, wagu, agak gak enak, atau risih dan lainnya... tapi tetap saja itu akan merubah kehidupan kita. baik dari cara pandang, gaya hidup, sampai pada kepribadian kita.

    ketika kita punya anak, kita dianggap berubah oleh orang banyak. kita dibilang agak dewasa, padahal kita hanya banyak merenung tentang kehidupan masa lalu kita yang akhirnya kita tertawakan sendiri. kita akhirnya dikatakan kebapakan kalau sudah punya anak, walau sebenarnya itu sudah hal lumrah kalau punya anak ya kita jadi bapak, masa jadi emak? kan gak mungkin sekali, heeee

    pada kenyataannya, kita hanya sedikit merasa berubah, walau kita jarang menyadari perubahan itu. itu karena kenapa, kita hidup terlalu banyak dibiasakan atau terbiasa dengan kehidupan dan keseharian kita sendir. satu hal sederhana untuk menyadarkan kita, coba kalau waktu bangun subuh... duduk sebentar, lihat istri, lihat anak, lihat juga diri kita di cermin, lalu pikirkan kebiasaan perjalanan kita sehari-hari... maka kamu akan menemukan suatu hal yang tidak biasa....
    suatu hal tersembunyi yang selama ini kita lupakan... yaitu kita lupa bersyukur walau kita selalu mendengungkan kalau kita selalu bersyukur. saya yakin, dalam waktu yang tidak banyak itu kamu akan menyadari apa yang konyol dan harus kita lakukan dalam kehidupan ini. dari situ kamu akan sadar apa arti perubahan sesungguhnya.

    ketika kita beranjak pergi untuk bekerja, kita lupa... bahwa sewaktu-waktu kita akan meninggalkan mereka untuk selama-lamanya. itulah sebuah kepastian dalam perubahan yang sampai sekarang tidak bisa ditolak manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin banyak orang kita berubah banyak setelah menikah karena kita jarang ketemu.. Sedangkan kita berubah sedikit demi sedikit setiap harinya.. Hahaha..

      Jadi kebapakan itu emang lumrah sih mbah.. Yang agak aneh, kalau udah jadi bapak tapi tetap egois sama anak wahahahaha..

      Bersyukur emang sangat penting mbah.. Karna kalau ga bersyukur, masalah ga kelar-kelar dah.. T.T

      Delete
  15. Kwkwkwk, ya Allah kenapa lucu bacanya ya :D

    Kirain setelah menikah rambut berubah beruban atau rontok dijambakin anak..haha *apa sih :D

    ReplyDelete
  16. Tak kirain tadi invest alat cukur, Istri mau dikasih peluang buka barbershop 😂🤣😂🤣 *wadeziiiig* ... Menang banyak ya Mas. Hemaaat 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, beli mesin cukur buat jadi barber pribadi :))

      Delete
  17. kemaren calon suami sha potong rambut di tempat yang bukan biasanya. Dan hasilnya semrawut. Dia gak pede dan bingung mau diapain karena pendek banget susah di benerin wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, resiko itu namanya mbak.. Kalau resiko rambut yang semrawut itu paling bentar sebulan la, baru bisa dimacem-macemin lagi hahaha

      Delete
  18. Enak sekali nih mas Andie punya istri yg jago motong rambut, jadi nggak perlu nyari barber yg cocok tinggal dipotong sambil duduk di halaman belakang ngeliatin daun2 yg berguguran dari pohon tetangga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, agak kesel tu.. kaga nanam pohon, tapi kebagian nerima daon berguguran di halaman T.T

      Delete
    2. btw kalau pas pohonnya berbuah, dibagi nggak mas sama tetangga? Jangan hanya daunnya aja :D

      Delete
  19. Lumayan nih kalau istrinya punya bakat motong rambut hehe

    ReplyDelete
  20. Itu ples kramas sama pijet kepala gak kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bener juga ya.. Tapi masa keramas di tempat cuci piring ya? wkwkwkwk

      Delete
    2. Kok kakak pintar yahh..

      Coba deh keramas pake sunlight, pasti wangi...

      Delete
  21. belum menikah pun anak muda udah serih gonta ganti rambut mas wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Kalau saya suka potong rambut gaya tentara, cepak gitulah. Hemat minyak rambut dan praktis tanpa sisiran. Oh iya, adik saya membuka usaha potong rambut dan hasilnya lumayan besar.

    ReplyDelete
  23. Hahaha dasar, emang pas banget buat menghemat pengeluaran buat potong di barber. Saya setuju idenya mas, beli mesin cukur rambut aja deh, bisa di pakai lama dari pada sebulan sekali ke barber xD

    ReplyDelete
  24. Nah perlu diberdayakan nich kaka, bisa jadi peluanh bisnis dengan membuka barbershop 😁😁😁

    ReplyDelete
  25. mending memang pasrah menyerahkan kepada tukang cukur mau dibabat model apa, kalo request malah sering gak sesuai harap :D

    ReplyDelete
  26. Rencana nikah nanti pengen punya istri yang jago bahasa ingris, biar bisa convert tulisan ke blog ke dalam bahasa ingris dan nambah income wkwkwk, syukur2 kalau yang bisa nyukur... makin tambah hemat whehe,

    ngomong - ngomong masalah cuku mencukur, pekerjaan ini menurut saya adalah bagian dari seni atau ada nilai seninya,dulu bapak nyuruh saya buat belajar nyukur, sudah beli banyak peralatan, tapi dasarnya emang gak mau dan gak niat akhirnya peralatan cukurny dijual...

    ReplyDelete
  27. Perubahan adalah sesuatu yang tak terhindarkan dalam hidup kita. Bukan cuma sikap, sifat, selera personal, sampai sudut pandang!; model rambut pun berubah. Ada andil dari seseorang yang menyertai perubahan dalam hidup, seorang istri dengan keahlian terpendam telah bikin cakep penampilan suaminya, ha ha. Perasaannya kala sedang garap rambut Bang Andie pasti dicurahkan secara total. ada cinta, kasih sayang, harapan, juga keahlian. saya nyerah kalau disuruh potong rambut suami. akan gagal total karena tak pernah belajar dan tak tahu cara pegang gunting yang benar. Salut untuk istri Bang Andie.

    ReplyDelete
  28. Luar biasa, istrinya mas andi punyya hidden talent sebagai seorang barber

    ReplyDelete
  29. Bagusnya nih iseng-iseng investasi barber shop-nya mas..

    ReplyDelete
  30. Wah, salut ama istrinya ternyata bisa memotong rambut. Eh, usaha potong rambut di rumah bisa lumayan lho, dapetnya.

    ReplyDelete
  31. Hebat juga istrinya mas bisa pangkas rambut, saya potongin rambut anak hasilnya jadi pitak akhirnya jadi dibotakin semua deh, gak bakat ternyata hehe

    ReplyDelete
  32. Wuih, keren mas.Sang istri pun bisa merangkap jadi baber spesial. Kalau istri saya bisa kaya begitu, alangkah nyamannya, jadi saya perlu lagi repot-repot cukuran di luaran. Istrinya bisanya cuman jadi baber anak-anak. itupun pas mereka pada masih balita.. Heheh..

    Eh iya, Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  33. baru tau uy, ternyata setelah nikah urusan rambut pun bisa jadi bahan bicaraan sama istri yak? eheheheh
    klo saya sendiri udah bosen nyoba-nyoba bentuk potongan rambut yang aneh. sekarang udah yang kayak biasa aja udah, potong rapi aja. rambutnya ya, bukan muka.

    ReplyDelete
  34. Wuiih. Jadi inget dulu pas kecil bokap selalu motongin rambut pake koran buat pengganti kain penutup baju. :))

    ReplyDelete
  35. seseru itu ya nikah, aduh jadi pengen punya suami.. hahahaha..

    ReplyDelete
  36. Saya belum nikah, jd kalo udah nikah terus rambutnya plontos mbok ya gmna ya? Hahaha

    Dan ternyata, potong rambut hasil bebeb tercinta ruapih tenan mas ... Bakat terpendam nih ... Hehe

    Salam kenal mas andi ^-^

    ReplyDelete
  37. Iyaa memang kalau menikah banyak perubahan yang terjadi, dari yang ngekos sendiri jadi ngekos berdua, dari yang masak cuma mie jadi masakannya mie ayam, mie sapi, mie mas mas....

    Wahhh kalau soal istri idaman banget tuh mas bisa cukur rambut sendiri, yang penting jangan sampe tergores yaa bisa penjol wuehehe

    ReplyDelete
  38. Akibat potong rambut ini akhirnya perubahan pun terjadi, lebih kebapakan dan wibawanya akan muncul karena potongan rambutnya sudah disesuaikan dengan usia :)

    ReplyDelete
  39. ayo kang andy tak tunggu artikel selanjutnya hehehehe

    ReplyDelete
  40. Waaaah istri multitalent yah mas. Beruntungnya mas punya istri kayak doi. Kayaknya saya juga pengen punya skill itu deh, lumayan menghemat pengeluaran untuk keluarga nanti. Haha, asyikeeee.

    ReplyDelete
  41. Kalau suami saya, pas saya tawarin potongin rambut dia biar hemat gitu eh langsung refleks bilang "nggak" dan menjauh. Katanya takut ntar malah jadi pitak.

    ReplyDelete
  42. Wow jadi itu potongan rambut hasil karya istrinya, mantap juga

    ReplyDelete
  43. Pengen juga nanti punya istri yang punya skill terpendam kayak gini.. hehehehe

    ReplyDelete
  44. Memang benar, susah nyari barber yang punya taste, sampe sekarang saya ga pernah nemuin yangnpas, yangbada gaya rambut saya ya biasa ajà sih yg penting rapi, gitu saya bilang kalau mau pangkas

    Mas bukw barbershop, nanti saya jadi pelanggan pertama hihihi *kabuur

    ReplyDelete
  45. saya juga sekarang kalau potong rambut gak ke salon. cari tutorial di youtube, terus potong sendiri. lebih hemat sih. kalau udah ke salon pasti mupeng pingin hair treathment lain juga. jatuhnya mahal. hehehe

    ReplyDelete
  46. Mantap kali ya... punya istri punya skill istimewa.
    Sayangnya punya skill itu malah milih kerja sebagai karyawan .

    ReplyDelete
  47. Ahahahahaha

    Somehoew, this is so sweet :)))

    Mau juga dongs dipotongin gratis baaanggg

    ReplyDelete
  48. Nah itu benar mas. Bisa investasi untuk beli mesin potong rumput, eh rambut. :D Wkekwk
    Hemat waktu dan duit :D

    ReplyDelete
  49. Hihihi...keren rambutnya...what a lucky man

    ReplyDelete
  50. ahahaha enak banget mas
    hemat jadinya
    aku klo potong ya dipendekin aja
    gaberubah dari jaman esde

    ReplyDelete
  51. saya lebih irit lagi mas, potong rambut saya potong sendiri, gak perlu ke barbershop atau di potongin orang lain :D

    ReplyDelete
  52. Kayak-kayaknya mas Andi lagi sibuk opening usaha barbernya nih ... , lama ngga kelihatan aktif.

    ReplyDelete
  53. Wah asyik banget ya kak kalau sudah menikah dan punya anak, bisa jadi keluarga bahagia ;)

    ReplyDelete
  54. habis baca ini kayak ada keinginan gitu pingin belajar potong rambut cowok, siapa tahu besok2 si (calon) partner hidup bisa aku pangkas sendiri rambutnya. halu!!

    11:12 nih bang sama aku, perempuan identik sama salon kan yah, bahkan cuman potong rambut ujungnya doang yg berakhir gocek rupiah lumayan dalam. rambutku sendiri bukan jenis rambut bagus kayak di iklan shampoo. dari situ jadi tahu juga kalau emang g bisa punya rambut panjang. karena aku rasa potong sebahu itu g perlu keahlian khusus, jadilah tiap potong rambut dipotongin mama, hasilnya lumayan dan yang paling penting hemat!

    ReplyDelete
  55. Asik dah, istrimu berbakat mas, dari foto kayaknya potongon nya rapi.

    Jadi hemat iya mas dan efisien waktu, tak perlu lagi ke barber untuk potong rambut.

    ReplyDelete
  56. Ke mana saja, Pak? Kok tak perbari blog. Semoga sehat.

    ReplyDelete
  57. Bagus pak potongan rambutnya, istri bapak keren banget

    ReplyDelete
  58. wah rapih banget hasil cukuran istrinya. beruntungnya mas miliki istri yang multitalent.

    ReplyDelete
  59. Woi, kapan lu apdet blog lu? Dah jamuran nih

    ReplyDelete
  60. istri yang berbakat mas hehehe

    ReplyDelete
  61. Ke mana ni si empunya blog, senyaaapp je...???

    ReplyDelete
  62. Salam kunjungan dan follow ya :)

    ReplyDelete
  63. waaah ini sih istri idaman, bisa motongin rambut suamik. duh ya, aku juga pengen kl udah nikah nanti jd barber buat suami, ehehe

    ReplyDelete
  64. Wah selamat udah menemukan barber yang selama ini dicari, bisa buat tambah uang bulanan juga kalo mau

    ReplyDelete
  65. wah ini lni hebat istri sendiri jadi barber ya

    ReplyDelete
  66. multi talenta gitu ya istrinya hehehe
    mayan jadi lebih irit kaalau dicukurin sama istri...
    Aduh jadi pengen nikah...lagi

    ReplyDelete
  67. Keren semoga Istri saya juga bisa memiliki kemampuan yang membanggakan.. Amin

    ReplyDelete