March 4, 2021

Membaca atau Menonton?

Ketika di daerah Selatan Indonesia, mengalami kebanjiran, dan Pekanbaru mengalami musim kemarau. Udah seminggu tidak hujan, asap kebakaran hutan sudah muncul di beberapa wilayah Provinsi Riau. Untungnya emang di Pekanbaru belum nampak asap, perkiraan karena pengaruh angin bukan kentut.

Ok, setelah berikrar dengan one day one post kemarin, besoknya udah alpha :))

---

Lanjut ke pembahasan utama. Sejak Youtube booming beberapa tahun yang lalu, popularitas blog semakin turun. Ga ada data kuantitatif sih, tapi ini berdasarkan hati nurani yang bisa menghabiskan nonton Youtube berjam-jam :))

Saya belum tertarik untuk nyoba bikin Youtube. Selain karena peralatan tidak memadai, membuat video yang baik itu emang cukup berat, setidaknya buat saya. Baik dari take video dan post process-nya. Tahun 2014, pernah kolaborasi dengan teman kampus untuk bikin project film pendek. Agak terpaksa emang karena untuk nilai akhir mata kuliah Digital Video Processing. Hasil akhirnya bisa dilihat melalui link Youtube ini ya. Di video ini, saya sebagai kameramen rider nya.


Bagi saya yang suka bikin journal bukan journal akuntansi plis, menulis lebih baik daripada bikin video. Bikin video untuk jurnal pribadi seperti vlog itu rasanya terlalu bar-bar dan bikin tidak menikmati hidup :)) Contoh, misalnya lagi perjalanan ke Eritria. Disaat kita ingin "menikmati" perjalanan, kita harus take video dan memikirkan sudut-sudut aestetik agar videonya bagus buat tayang di Youtube. Oiya, bar-bar disini maksudnya sangat terbuka sekali ya. Kelihatan gitu seluruh sudut pandangnya.

Buat saya yang menjunjung tinggi nilai konservatif tsah, saya lebih suka menulis dan membaca. Kecuali untuk hal-hal tertentu seperti tutorial, unboxing, review dan pemandangan. Selain kategori itu, saya lebih suka membaca. 

Menonton anime atau membaca manga? Saya lebih suka membaca manga karena membaca 1 chapter cukup 3 sampai 5 menit. Dibandingkan nonton anime, saya harus nonton 30 menit. Kalau nonton, kita terpaku untuk melihat secara continuously. Ketika kita skip, kita bisa kehilangan informasi berharga atau bahkan inti cerita. Bayangin nonton anime 30 chapter butuh waktu 900 menit di depan monitor, dibandingkan dengan membaca manga 30 chapter cuma butuh 150 menit.

Dengan membaca. Kita bisa scanning, bagian mana yang kita mau baca. Kita bisa telaah, yang mau kita baca dan tidak kita baca. Terakhir juga kecepatan baca. Orang yang bisa membaca cepat, tentu lebih cepat mendapatkan informasi dan menghemat lebih banyak waktu.

---

Baiklah, ini sebagai pendapat pribadi saja ya. Anggap aja seperti tugas anak SMA untuk membuat paragraf argumentatif secara induktif halah.

29 comments:

  1. Sama kang, aku juga lebih suka menulis di blog dari pada bikin konten YouTube, selain peralatan tidak memadai karena cuma punya hape juga karena malas. Yang utama malas sih soalnya pakai hape juga bisa bikin konten YouTube pakai aplikasi kinemaster.

    ReplyDelete
  2. Saya juga ngacuung!!! Lebih suka nulis daripada bikin video. Ga heran akun tiktokku terbengkalai. Cuma ada 2 video dan itupun untuk properti di blog #plak

    Susah menurutku bikin video. Mending blog aja daah. Terus juga menurutku tetap kok yg baca blog ada. Karena orang kan cari info search dulu di google hehe 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya yang normal emang dari google mbak, cuma sering liat teman, Youtube jadi search engine wkwkwkwk :))

      Delete
    2. dia mungkin lagi butuh tutorial ngerjain sesuatu kak. Jadi butuh liat video. Kalau untuk cari info singkat misal "apa definisi dari Schizophrenia" Masa harus liat youtube hahaha

      Delete
    3. bapack-bapack si mbak, emang absurd kok wkwkwkkwk

      Delete
  3. baru baca udah dibikin kentut eh ngakak, wkwkwk

    Tapi emang sih buat aku sendiri mending nulis daripada bikin video, soalnya muka aku kurang aestetic. ha ha ha ha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak juga vlog yang ga keliatan muka mbak, ngarahin ke depan aja gitu kameranya kayak main PS tembak-tembakan :))

      Delete
  4. kalau saya sih suka duaduanya sih mas, walaupun saya lebih suka nonton, apalagi film anime seperti luffy dan sejenisnya, bisa betah banget dah nontonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nonton cuma 1 eps per minggu gpp bang.. coba misal ketinggalan cerita dari time skip :))

      Delete
  5. Sama, Mas Andie. Saya juga lebih suka membaca daripada nonton youtube. Kurang minat juga nonton sinetron, drakor dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka kok mbak nonton yutup, tapi ya tema-tema tertentu gitu

      Delete
  6. pingin one day one post sebenernya tapi agak sulit jadi coba konsisten min. 20 artikel perbulan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat bang! untuk konsisten saya pikir perlu ada target bang.. duit misalnya :))))

      *kabur ke Andorra*

      Delete
  7. aku pun lebih senang menulis dan membaca ketimbang menonton. bagi ku kalo membaca tuh lebih cepat dapetin poin/inti bacaan yang sedang kita cari. sedangkan kalau nonton, gak bisa ya kan kita skip-skip, takutnya malah info penting yang mau kita cari yang malah ke skip.. huhu..

    tapi meskipun begitu, sekarang aku juga lagi mencoba membangun youtube. krn memang banyak org yang lebih senang menonton sih ya. ya, nyoba2 aja sekalian nambah ilmu editing video.. hehe.. konten2nya juga sederhana aja dengan peralatan yang sederhana pula.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll! Sama mbak poin kita, bukan poin main basket ya :))

      Good lak buat yutup barunya mbak!

      Delete
  8. Saya senang keduanya. Membaca kalo lagi santau dan waktu luang, membaca adalah hal yang direncakan. Sekarang nonton YouTube buat teman pas makan aja. Waktu luang dipake buat baca-baca tulisan teman-teman dan balas komentar blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiiii!

      Nonton yutup sambil makan bang? Paten kali bang.. saya ga pernah soalnya :))

      Pokoknya yutupan biasanya kalo dah mulai terdistraksi gitu dah :))

      Delete
  9. trending sekarang orang lebih suka "menonton" daripada membaca, apalagi cuma ada baris baris kata kata.........

    semoga anginnya tetap menguntungkan Pekanbaru.....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull! Karena menonton enak, tidak perlu kerja keras :))

      Makasi doanya bang!
      Tapi lebih baik doain hujan juga si bang plis

      Delete
  10. aku tuh ya kalau yutuban just for refresing soalnya kan ga terkendala bewe balik...wkwkwk wong yang ditonton random dan channelnya sembarang nemplok wkwkkw

    nonton yucub suka...tapi kalau buat create something blom mumpuni skillku bang..secara edit video aku ga jago...aku kan maunya parfait macam punya mark wiens gicu loh hahahha

    tapi kalau nulis dijebretin foto baru lah daku sanggup kwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. kacau si kalau nonton yutup harus balas nonton :))

      ooh iya, mark wiens itu kesukaannya istriku.. tapi sekarang udah jarang nonton ndak tau napa..

      Delete
  11. Izin rewrite yaaa :
    "Dengan membaca. Kita bisa scanning, bagian mana yang kita mau baca. Kita bisa telaah, yang mau kita baca dan tidak kita baca. Terakhir juga kecepatan baca. Orang yang bisa membaca cepat, tentu lebih cepat mendapatkan informasi dan menghemat lebih banyak waktu."

    Absolutelly!
    Saya lebih suka baca, biar kata sekarang yang namanya yutub itu booming, saya masih setia ama blog.
    Salah satu alasannya adalah, karena saya benci waktu saya terbuang banyak, apalagi kalau saya mencari info, dan mengeklik sebuah video, lalu isinya kebanyakan basa basi, tapi saya nggak tahu di menit ke berapa hal utama yang saya cari berada.

    Kalau baca mah gampang, kalau membosankan, ya udah scanning yang kita butuhkan aja, dan menghemat banyak waktu banget :D

    Kecuali memang beberapa tutorial yang butuh visual :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuu!

      tapi sekarang yutup udah bisa kasi index gitu lho di timeline-nya, jadi bisa di skip-skip gitu kayak ada outlinenya..

      cuma emang ga semua video ada beginian si..

      Delete
  12. Kalau yang ceritanya sampai ratusan episode, ya mending baca komik aja. Tapi ada juga beberapa anime yang satu musim tamat. Sekitar 12-24 episode bisa beres. Yang sejenis itu asyik banget buat ditonton.

    Sebetulnya pilihan semacam ini balik lagi ke pribadi masing-masing, sih. Saya sendiri suka keduanya. Ada anime yang awal-awal saya ikuti dengan nonton sampai 100 episode, tapi setelah tahu lanjutannya bakal lama, saya pilih baca manga. Ada pula yang udah saya tamatkan komiknya, pada kemudian hari nonton anime lagi. Sensasi melihat karakternya bergerak dalam film jelas menimbulkan kenikmatan sendiri.

    Tapi kalau disuruh memilih, ya jelas membaca. Khususnya yang versi buku, sama sekali enggak ada gambar kayak komik. Imajinasi saya terkadang liar membayangkan adegan-adegannya. Karena beberapa kali kurang sreg dengan novel yang dijadikan film.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, kalo sikit enakan nonton ya.. ini saya contohin nonton onepiece karena emang saya alamin ketinggalan jauh :))

      oiya, kadang nonton anime dan baca komik itu sama kayak baca novel dan nonton novel yang di-filmin.. rasanya beda, jadi ga tau mana yang bener, kayak ga punya pegangan mana yang realita dan khayalan :))

      Delete
  13. Sama Kak. Aku juga lebih suka menulis dibanding bikin video hahaha
    Kadang suka bikin video untuk kenangan pribadi sih, cuma kalau untuk konten gitu, belum sesuka seperti menulis di blog 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren mbak, kalau saya jarang banget tangan ini reflek untuk ngerekam video.. ujung-ujungnya ya poto :))

      Delete
  14. Membacaaa dong pilihanku :D.aku LBH suka membaca dr dulu mas. Menonton itu jujurnya biasa aja buatku. Tv di rumah bisa dibilang ga kepake sih. Krn memang LBH suka membaca drpd melihat acara tv ato youtube. Sesekali aku msh buka YouTube, tp durasinya msh kalah jauh dengan durasi ku membaca :D.

    ReplyDelete