October 5, 2017

Moody Woodpecker

Setelah saya berpikir panjang ketika menulis judul ini, mood-y ini mirip banget dengan males, cuma dengan bahasa kekinian, bersilat lidah, kesana kemari, digunakan oleh public figure dan diparipurnakan sehingga maknanya agak bergeser dari males menjadi ke-agak-agak-malas-an. Tsah.

Mari kita lihat KBBI:

malas/ma·las/ a 1. tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu; 2. segan; tidak suka; tidak bernafsu.

Setuju kan males = moody?

Ternyata setelah saya searching di google, sepertinya belum ada yang mengetahui rumus ini. Jadi rumus diatas kita sebut dengan Teori Malesion Riandy.

---

Beberapa hari ini saya jarang blogwalking, padahal biasanya sering liat reading list, mengunjungi blog yang baru posting. Tapi sekarang saya lagi mood banget ngoding. Mood yang aneh, tapi begitulah. Apadaya saya menolak mood?


Saya dari kecil, sekolah, kuliah selalu berhubungan dengan komputer. Kayak passion gitu. Padahal dulunya ga mikirin tuh jadi programmer. Sekarang, setelah mendalami profesi ini, programmer itu cuma sekedar problem solver. I love solving problems.

Bener itu kata Pak Bill Gates, "I will always choose a lazy person to a difficult job. Because, he will find an easy way to do it". Seharusnya udah sepatutnya programmer itu bikin the easiest way to do everything something. Bukan cuma untuk aplikasi, tapi untuk semuanya lho termasuk bikin KTP atau Kartu Keluarga. *curhat*

Fokus fokus.

Mood ini mahal harganya. Jadi harus memanfaatkannya sebaik mungkin, seefisien dan seefektif mungkin. Ibarat artis, kalau udah di puncak karir harus pinter-pinter memanfaatkannya dengan cara investasi sana sini, buka usaha, dan bikin sensasi. Kira-kira seperti itu lah walaupun kita bukan artis.

Mau dibayar berapa sih biar kita mood? Kalau udah ga mood, udah aja gitu, selesai.

Saya biasanya me-maintain mood saya dengan target. Seperti kuliah dulu, kalo H-1, baru semangat ngerjain tugas. Jadi kayak saya memantain mood nulis, minimal 1 post seminggu atau 4 post sebulan. Kalau untuk aplikasi saya itu targetnya 1 aplikasi setahun. Minim banget emang, tapi kerjaan administrasi kantor udah bikin kayak orang gila, 1 aplikasi setahun udah syukur banget.

Selain target, bisa juga dengan tanggung jawab. Kalau kita udah merasa bertanggungjawab akan sesuatu hal, biasanya mau mood-ga-mood, pasti dilakukan. Istilahnya, mood-ga-mood harus mood. Maksa gitu. Karena udah merasa tanggung jawab dan we have to do it. Kasih contoh simpel aja, misal kita lagi ga mood ngegas motor, tapi kita merasa bertanggungjawab untuk pergi ke kantor, maka mau ga mau kita harus ngegas motor kita untuk ke kantor, atau minimal panggil ojek.

Jadi karena ini Oktober sudah mendekati akhir tahun, dan belum ada aplikasi yang dibuat serta meningkatnya mood ngoding, saya akan memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya untuk produktif dan berguna bagi khalayak.

Sekian dari saya, terima nasi padang pake cincang kambing.

---

Oiya kalau ada yang berpikiran foto diatas tidak nyambung dengan posting, tenang. Foto diatas adalah situasi dimana jam 10 malam dengan kondisi mati lampu tapi masih semangat rapat. Sebagai contoh tanggung jawab atas kerjaan. Ya mood-ga-mood demi sesuap nasi gitu.

15 comments:

  1. Sama sih, aku jg blogger moody
    Kalu lagi belum dapet feelnya, berhari-hari bisa nggak update

    Kalau lagi mood, beuhhh. Sehari bisa tiga postingan hahahahaha

    *Apaan*

    Salam kenal ya Mas
    Aku Aul dari Padang

    Dan aku nggak rekomen makan cincang kambing
    Itu kolesterol semua

    HAHAHAHA

    ReplyDelete
  2. Ga ada jagain lilin ya.... hehehe.

    ReplyDelete
  3. Rapat dalam gelap, nggk sempat hidupkan getset

    ReplyDelete
  4. Bener banget sih mas, bicara soal tanggung jawab, mau ga mau ya harus dilakuin. Makanya yuk biasain diri kita bertanggung jawab dengan semua kegiatan yang dikerjakan.

    ReplyDelete
  5. Muantap kita sama sehati nih ahahha saya juga moodian kadang nulis kadang enggak.. kadang ud mau nulis gatau apa yang mau d tulis wkkww

    ReplyDelete
  6. kok saya cari di google ga ada yah Teori Malesion Riandy !!!
    jangan jangan blm punya hak paten :D

    ReplyDelete
  7. Moody sih oke artinya mirip dengan malas. Trus "woodpecker" nya itu gimana maksutnya? Kok nggak ada dijelasin di tulisan? Hahaha :))

    Sebelumnya udah bikin aplikasi apa aja ndi? Sundul dong gan :p

    ReplyDelete
  8. Xixiix... harus disosialisasikan nih teori superkerennya Mas Andie: Teori Malesion Riandy. :D

    Kalau kemarin seminggu cuma 1 postingan, dan setahun cuma 1 aplikasi, semoga mulai bulan ini sehari bisa posting 24 (jam) tulisan dan setahun 12 (bulan) aplikasi. :)

    ReplyDelete
  9. Teori yang baru untuk saya, Teori Malesion Riandy.

    Hhaha. Moody woodpecker meningatkan saya akan sosok karakter kartun burung pelatuk, mas. berarti ada indikasi kalo mood ini melatuk gitu yak? haha. piiiiiiiiiiiiiiiisssssssss.

    kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur ....

    ReplyDelete
  10. setelah tinggi karir harus bii sensasi? sensasi semodel gimana nih

    ReplyDelete
  11. Saya selalu berusaha membuat mood selalu on the top! kalau nunggu mood on sendiri rasanya sulit, jadi kitalah yang menjadikan mood itu, bukan mood yang menggerakan kita, itu menurut saya lho...

    ReplyDelete
  12. "I love solving problems."

    Tolong selesaikan masalah saya dan pacar saya kalo begitu..

    *eh.. lho kok?*

    ReplyDelete
  13. Mood mood an udah biasa, Bro. Saya juga gitu. Kalau lagi on fire...wuh bisa bikin 3 postingan sehari. Tapi kalau blogwalking masih jarang, waktunya ini loh kudu dibagi2. Hiks...nasib IRT

    ReplyDelete
  14. Bener juga tuh, buat jaga mood harus fokus sama target :) Jadi pas lagi males pas inget target bisa semangat lagi deh :)

    Regards,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  15. wajar banget moody sih
    gapapa moodyan asal jangan bosenan dan tetep konsisten
    pernah yg kejar target banget karena tipe - perfectionist ngeblog aja pake target. dapet sih targetnya, tp dlm proses kok malah nggk bisa menikmati. terus jadi bosen dan jenuh sendiri.

    berdasarkan pengalaman itu, target posting aku turunin jauh banget yah minimal 5 lah sebulan di blog personal. krn bahaya banget kalo hobi kita yg mestinya bikin seneng ternyata justru bikin bosen.


    Andie, nggak tau Andie masih inget apa gak tapi dulu kamu pernah loh mau jual CD yg isinya fonts. aku bilang mau beli tapi Andie bilang nanti ya kak, masih lagi aku siapin. kalau udah nanti dikabari. lantas mungkin karena Andie sibuk kuliah jadi lupa :D
    entah CDnya sempat kebikin nggak tuh?

    ReplyDelete