August 20, 2017

Makes

Weekend itu menyenangkan*.

---

Makes. Pasti banyak hal-hal aneh yang terlintas ketika membacanya. Kata kerja bahasa inggris untuk kata ganti orang pertama tunggal, Makes Polri, ataupun makes ah jelasinnya. (Males oi).

Makes. Makanan Kesukaan

Atau Mafa (Makanan Favorit) dalam padanan bahasa di daerah lain.

---

Pernah kan ya, mengalami masa-masa kejayaan isi kertas binder warna-warni? Yang nantinya digunakan untuk menulis biodata teman 1 kelas (biasanya waktu SD/SMP) terus diserahin ke marketing untuk pengajuan kartu kredit. Isinya biasanya nama, panggilan, TTL, motto, makanan kesukaan (makes) dan lain halnya.

Ikhtisar paragraf diatas adalah, makes.

Sejak menikah, selera makan saya berubah kira-kira 130 derajat kearah timur laut. Arah timur laut merujuk pada taste makanan saya yang ternyata suka yang ke-Chinese-an dan ke-Indonesia-Timur-an. Derajat sudut merujuk pada makanan yang dulu rasanya ga suka, sekarang malah suka banget dan sebaliknya.

Sebagai contoh dulu saya suka banget sama tahu. Everything about tahu, mau tahu goreng tepung, tahu goreng aja, tahu bakar, kembang tahu, tahu isi, tahu kecap, tahu apa aja. Sekarang? Biasa aja.

Dulu saya juga sangat amat biasa aja sama tempe. Tapi sekarang? Saya tergila-gila dengan olahan tempe istri saya. Sambel tempe lah, tempe goreng tepung, sambel kering tempe, tempe apa aja.

Jadi, selama 24 tahun saya hidup, saya baru tau yang membuat makanan itu enak bukan bahannya, tapi olahannya. *ditimpuk tempe segoni*

---

Ok, sebernarnya paragraf-paragraf diatas belum masuk ke inti cerita kita hari ini *ditampar*. Jadi setelah lidah saya dewasa dalam mengecap makanan, walaupun semua makanan buatan istri enak, ada beberapa menu yang tidak hanya jadi favorit saya, tapi juga jadi apa yaa... I can't say a word. Jadi ibaratnya, dari range nilai 1-10, menu-menu dibawah ini beyond the reach. Tsah.

Yang pertama, Sambel Tempe.


Ini menu saya makan pertama kali di awal tahun 2017 ini. Kalau kata istri saya, makanan orang jawa. Tapi, ini enak banget bagi saya yang lidahnya ke-sumatera-an ini! Saya rela nukar rendang dengan menu ini. Tasty, enak, pedes dikit, ada manisnya juga, seger, terus oily-nya itu bercampur nasi bikin selera makan naik sekitar 219 % dengan hitung-hitungan persamaan linear dengan nilai x + 7y = 45 dan 2x + 3y = 24. *jangan cari jawabannya, plis*

Ya intinya, saya yang ga suka tempe (pada awalnya), jadi suka banget dengan tempe (pada akhirnya). Jujur saya bisa makan ini tiap hari kalau ga mikir asam urat.

Menu makes kedua adalah, Nasi Goreng Kampung.


Sebelumnya nasi goreng kampung bagi saya ya biasa aja. Tapi, setelah kenal nasi goreng kampung buatan istri, alamak....... I CAN EAT THIS ALL DAY EVERYDAY. Uenak banget. Pedes, seger, enak, rasanya itu "kaya" kalau saya bilang mah.

Ya intinya, saya yang ga suka nasi goreng kampung (pada awalnya), jadi suka banget dengan nasi goreng kampung (pada akhirnya). Jujur saya bisa makan ini tiap hari kalau ga mikir perut buncit karena kebanyakan kalori dan kesedikitan olahraga.

Abaikan porsi nasi gorengnya ya.

---

Jadi itu, menu Beyond the Reach bagi saya. Menu yang luar biasa murah tapi bisa membolak-balikkan selera saya akan sesuatu. It's beyond my imagination

Alhamdulillah banget, istri hobinya masak (enak) dan sering nulis resep di Cookpad bahkan sampai berhenti ngeblog karena sukanya nulis resep di kukped. Buat yang suka masak, boleh lihat-lihat menu yang saya makan tiap hari di cookpad istri saya. Semua menunya mudah dibuat, enak (banget), sehat dan murah pula. Lengkap dari sarapan, makan siang, makan malam dan cemilan buat yang suka masak sendiri di rumah. Menu makes saya juga ada di cookpadnya lho, boleh dicobain sendiri.

Sekian, terima beras solok 10 kilo.

* kalau tidak disuruh ke kantor

11 comments:

  1. kok laper ya...
    sambal tempenya itu loh

    ReplyDelete
  2. Makan tanpa ada tempe ,terasa ada yang kurang. Walau kata tetangga masakan istri tidak enak, tetap saja dipuji. Takut nanti ngembek terus tidak masak, lebih bahaya lagi kan ?

    ReplyDelete
  3. Kan makanannya di buat lake cinta pasti enaklah. Hehe

    Yang sambel Tempe saya juga suka.

    ReplyDelete
  4. tempe emang makjleb banget, maka nggak heran kalau orang bule seperti saya hobinya juga makan tempe

    ReplyDelete
  5. Menggugah kali sambel tempe nya ya. Sudut ngambil foto juga berpengaruh nih kayaknya hahaha :))

    Nasi gorengnya juga maknyus tu. Udah kayak di restoran-restoran. Gas langsung buka usaha ndi ;)

    ReplyDelete
  6. Ini pasti episode lagi nyanjung bini ya? Hahahaha

    ReplyDelete
  7. ini kalau pesamaan linearnya kelar bakal diajak makan ngga yak? kayaknya enak kali :)))

    ReplyDelete
  8. Dari tak suka jadi suka, dari tak tahu jadi tahu itu sudah biasa terjadi
    Faktor penyesuaian bisa jadi salah satu penyebabnya

    ReplyDelete
  9. makes tuh jadi keinget jaman2 SD-SMP suka isi diary teman makes sama mikes OMG :p jadul

    ReplyDelete
  10. Sip! Berarti istrinya jago masak. Dan katanya....klo istri jago masak...suaminya betah di rumah😀😀😀

    ReplyDelete
  11. Wuih mantapnyo.. eh mas tulis dong artikel resep bikin sambal tempee enak bener

    ReplyDelete