March 13, 2021

Pedas atau Enak?

Mungkin sekitar 99,5%* populasi penduduk bumi suka makan makanan enak, sisa-nya terobsesi makan makanan yang aneh πŸ˜…

Adakah 0,5% penduduk planet namec bumi itu membaca tulisan ini? 

---

Let's talk about those 0,5% people. Aneh ini menurut saya orang yang mencari kenikmatan makan dengan makan makanan aneh seperti makan kalelawar, ikan cupang atau buaya darat. Yha, you named it lah, ada banyak banget makanan aneh beredar di galaksi bimasakti ini. 

Makanan enak

Akhir-akhir ini, pendapat saya tentang makanan aneh itu meluas hingga orang yang doyan makan pedas. Ga ada yang salah emang dengan makanan pedas, la saya juga doyan banget nyambel. Tapi, yang ga habis pikir ada yang lebih mengutamakan pedas daripada enak. Nah itu yang menurut saya out of mind banget. 

Ketika makan makanan pedas tapi enak, it's sangat ok. Menambah nafsu makan emang. Lain hal kalau abis ditelpon debt collector ya, mana ada napsu makan itu mah. Tapi  ketika makan yang penting pedes mah, makan cabe rawit merah doang juga pedes gitu ga perlu dimasak.

Makanan pedas tapi enak

Saya pernah makan ayam penyet, sambelnya pedas banget. Tapi rasa-nya itu ga ada alias hambar. Cuma rasa tidak enaknya itu ditutupi dengan penggunaan cabe yang banyak. Dan menurut saya banyak sekali yang seperti ini. Spicy first, delicious later.

Ga heran, mengapa sekarang lebih banyak warung yang me-highlight pedasnya, daripada rasanya. 

Perlu diperhatikan juga, makanan pedas ada juga bahayanya, seperti maag, insomnia dan menguransi sensitifitas lidah. Lengkapnya bisa baca link berikut ya: Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh.  

Sebaliknya, mengkonsumsi makanan enak, rasanya tidak ada efek samping selain menipisnya dompet karena biasanya cenderung lebih mahal daripada makanan pedas. Tidak berlaku untuk keturunan keluarga Cendana ya.

Oiya, buat yang doyan pedas, bisa cobain Carolina Reaper ini.

---

Menurut saya makanan enak itu emang debatable, karena lidah orang itu terbentuk dari kebiasaan, lokasi geografis, ketersediaan barang, dan tebal tipisnya dompet. Tapi saya pikir makanan tidak enak itu mutlak. Dan pedas-pun makanan tersebut tidak dapat menutupi rasanya.

Jadi pilih makanan enak atau pedas? Kalau saya sih makanan enak dan gratis πŸ˜… 

* Berdasarkan pendekatan non-personal terhadap data-data tersier yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

41 comments:

  1. Jadi pilih makanan enak atau pedas? "Kalau saya sih makanan enak dan gratis" he he ... Tos, Mas Andie ....

    ReplyDelete
  2. Makanan pedas susah dihindari ya kak. Banyak restoran Indonesia template makanannya sudah pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak.. Paling kesel ya itu, rasa hambar, tapi dibikin pedes T.T

      Delete
  3. Ngikut aja mas, enak gratis dan tidak terlalu pedas, apalagi sampe diantar ke rumah. Alhamdulillah banget, selesai makan langsung rebahan... Surgaa hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kan jadi pengen wkwkwkkw

      *ntah siapa yang kasi*

      Delete
  4. wakakakakaka, saya juga ikutan deh, makanan enak dan gratis :D
    Kalau saya, kayaknya karena kelamaan jarang makan pedas, udah ga kuat dong makan pedas.

    Padahal waktu kecil dulu, saking ortu pecinta pedas, ga bisa makan kalau nggak ada sambal, jadinya saya ikutan suka makanan pedas.

    Sejak hamil anak pertama, udah 11 tahun lalu, saya mengurangi makan pedas, trus pas anak lahir, sampai sekarang, jarang banget masak masakan pedas, saking saya malas masak 2 jenis lauk hanya karena ada yang suka pedas, sementara anak-anak ga bisa makan pedas.

    Jadinya saya ikutan anak-anak aja, makanan pake garam aja, bahkan ga pake penyedap rasa hahaha.

    Jadinya, sekali makan di luar tuh, enaaakkk banget, saking ketemu msg, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu kejadian seperti istri saya juga mbak, setelah hamil dan melahirkan, ga kuat lagi makan pedes-pedes..

      Tapi biasanya kalau rasa enak lebih dominan dari pedes, saya makan juga si mbak :))

      Woaahh! Cobain pake kaldu jamur mbak, pengganti msg.. Soalnya dirumah pakai itu, dan happy.. walaupun emang ga kayak msg mamang bakso :))

      Delete
  5. Pedas dengan taburan kacang pasti makin nendang tuh teman

    ReplyDelete
  6. Paling males kalau udah ketemu yang jual makanan pakai embel-embel setan dan semacamnya rasanya sudah bisa dipastikan menang pedasnya doang *eh...

    Saya dan suami suka pedas ya tapi lebih suka enaaaak apalagi dikasih gretong, mana bisa nolak. wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saaamaa! Ntah apa tujuannya pake embel-embel mahluk dimensi lain sampe dimensi akhirat kayak neraka, iblis dll T.T

      Delete
    2. Mungkinkah mereka pernah mencoba rasanya makhluk dimensi lain tersebur :))

      Delete
  7. Enaknya makanan pedas, enak dan gratis mas, tapi saya makanan pedas gak gitu sering sih kawatir bikin sakit maag juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul mbak, punya temen yang maag akut, ga bisa makan pedes sama sekali..

      Delete
  8. Enak,gratis, dan pedas..ha..ha.

    Aku penyuka pedas. Dan entah kenapa, klo ada makanan agak enak+pedas, enak tapi ga pedas...aku milih yang agak enak+pedas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pilihannya enak+pedes atau enak+gapedes, saya pilih yang pedes mbak. hehehe

      Delete
  9. semoga banyak yang baca tulisan ini....
    saya suka yang sedang pedasnya....tidak terlalu pedas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu! Pedesnya normal, ga bikin lidah mati rasa ya bang hahaha

      Delete
  10. Kalau saya sih lebih milih enak daripada pedas, soalnya udah nyobain pedasnya omongan tetangga, itu rasanya udah bukan lidah lagi yang rusak, tapi kepala rasanya mau pecah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk

      based on true story ini :))

      Delete
    2. Ya Allah, ngakak baca ini
      Numpang curhat ya mas, aku pun merasakan yang sama, hahahaha

      Delete
    3. Kasian bang Ahmad, mbak :))

      Delete
  11. Tingkatan pedas yang enggak enak ini contohnya bisa ditemukan di Indomi Ayam Geprek. Menang pedas doang, soal rasa kurang banget.

    Memang benar, sih, semakin ke sini warung makan yang level-levelan gitu lupa memperhatikan kelezatan, dan fokusnya ke rasa pedas.

    Dari 1-5, makan mi level 3 aja udah bikin mati rasa. Kayak ngunyah neraka. Enggak ada nikmatnya lagi itu makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ntah kenapa orang rumah sering beli indomi ayam geprek ini :))

      Saya saranin cobain Mie Sedap Pedas Korea bang, itu pedasnya diatas ayam geprek, tapi lebih enak..

      Saya kalau makan di warung pedes gitu, pasti pilihnya yang level paling rendah.. dan biasanya ga ada rasanya wkwkwkwk karena cuma ngejual "pedes" doang hahahaha

      Delete
  12. Kalo saya sih lebih milih enak.
    Pernah juga makan ayam penyet, yang rasanya pedes doang dan itu bener-bener nggak bikin nagih. Jadi menurutku enak tetap harus nomor satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smart choice bang, harus tetap enak jadi prioritas

      Delete
  13. Pengin deh rasanya makan daging buaya darat biar tau rasanya, hahaha πŸ˜‚
    .
    Kalau aku pilih seperyo dirimu, mas ...enak dan gratis 🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bang, nanti selesai makan diciduk polisi :))

      Delete
  14. alus tenan, meluncur ke carolina reaper. mangan kepedesen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan bang, efek makan carolina reaper ngeri banget T.T

      Delete
  15. Setuju. Makanan enak itu akan tambah enak kalau ada pedasnya, tp kalau pedas doang alias rasa cabe, ya jdnya nggk enak. Pernah beli pentol cabe gitu, eh isinya bakso pentol rebus yg cuma disiram cabe giling. Rasanya kayak makan cabe giling dikasih pentol, bukan pentol dikasih cabe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk

      ngakak karena relate bang, soalnya pernah kejadian sama saya :))

      Delete
  16. Anggota Tim makanan enak dan gratis, hadir di sini πŸ‘‹πŸ»
    Aku juga suka heran dengan orang yang suka makan pedas doang gitu, bingung enaknya dimana πŸ˜‚ tapi memang lidah orang beda-beda, mungkin mereka suka sensasi pedasnya yang didapatkan. Kalau aku pribadi lebih suka pedas yang bisa dinikmati 🀭. Jadi kalau makan yang level-level gitu, paling pilih level 2 atau sedang, jadi masih bisa menikmati rasa makanannya 🀭
    Tapi bener deh, kalau rasa nggak enak itu, mutlak. Aneh tapi nyata 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Saya suka ya antara level 1-2 untuk menikmati rasa makanannya, bukan pedesnya.. Walaupun kadang banyak zonk karena ga ada rasanya :))

      Delete
  17. aku mah apa ya...lidahku itu cuma ada 2 cap bang, enak dan enak banget...ga suka rewel lidahku tuh bang...apa aja mau...maklum pernah idup susah jadi apa aja telan wkwkwkkw

    tapiiiii memang kalau yang pedes bianget aku ga isa bang, bukannya apa apa...melilit perut bang...ntar perut aku makin rata kayak perut jeniffer bachdim kan enak bang hahahhaha #apadeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga apa aja di telan selain batu dan kayu :))

      ooo apa gara-gara itu orang lain doyan pedes? biar kurusan? menarik nih

      Delete
  18. Idemlah, Mas. Saya juga pilih makanan enak dan gratis. Enak bayar pun saya mau. Asalkan gak mahal-mahal dan terutama ngarepin diskon gede. Hehehe ...

    ReplyDelete
  19. Setujuuu!! Aku bingung sama orang yang suka makan mie pakai cabe gendot (rawit merah yang guede itu) 25 pcs. Makan 1pc aja uda nyelekit, begimana yang sampai 25 pcs ckckck Itu mah bukan mie pakai caabe, tapi cabe dipakein mie πŸ˜…

    Aku pun tentu memilih makan makanan enak dan gratis ketimbang makan pedas, bayar pulak. Nyiksa diri itu namanya ahahha

    ReplyDelete
  20. Aku memang suka pedas, tp bukan yg hanya sekedar pedas . Kalo pedes Thok, tp ga da rasa, sori aja, aku ga tertarik makannya :p.

    Terlalu pedes, sampe menutupi rasa makanan, aku jg males. Aku pernah nyobain reecheese wings level 5 yg terpedas. Itu kapok sih. Aku ga prnh nyentuh lagi sampe skr. Lambungku sakit 2 hari.

    Untuk penyuka pedes, seharusnya tahu level dia sampe mana. Jadi jgn paksain diri utk makan level tertinggi padahal kemampuan lambungnya ga sampe situ. Aku sih sadar sampe mana batasku. Jadi ga prnh mau melebihi itu. Kalo memang rasanya udh bikin lidah mati rasa, aku ga akan lanjut.

    Di JKT ada Indomie terkenal, Abang adek namanya. Sampe skr aku ga tertarik makan di sana. Cabe nya sinting banyaknya. Ga ush dirasa, aku udh kebayang bakal kayak apa lambung disiksa :o

    ReplyDelete
  21. hahahaha aku nih, kalau ada nama makanan yang aneh aneh pasti penasaran. lahh kalau makanan buaya mah belum hahaha
    aku sendiri suka pedas, kalau nggak sampe sakit banget nih perut, nggak bakalan berhenti.
    tapi kalau udah sakit, ampun ampun dulu sampe puasa pedas haaha

    ReplyDelete