March 1, 2021

Kerja Pertama

Sejak SMA, paling anti yang namanya jadi PNS. Maunya jadi karyawan Chevron :)) Ya maklum, karena pekerjaan top notch di wilayah Pekanbaru yang ehem ini adalah perusahaan minyak ameriki itu. 

Alhamdulillah, waktu Kerja Praktek kuliah dulu, mantan pacar (sekarang dah jadi istri πŸ˜…) bantuin untuk dapat magang di Chivrin ini. Maka angan-angan makin tinggi ga kepalang untuk kerja di perusahaan ini.

Cuma emang jiwa saing diri ini rendah, sehingga emang ga lolos aja buat kerja disana :))

---

Ceritanya di tahun akhir kuliah, om yang ga pernah ngubungin saya seumur hidup tiba-tiba ngubungi untuk datang di kantornya. Ternyata di kantor nya butuh tenaga programmer untuk menjadi technical support. Kantornya Bappeda Provinsi Riau.

Karena waktu itu udah ujian proposal, dan tinggal bikin laporan akhir, saya terima tawarannya. Lumayan banget buat jadi pengalaman pertama kan. Karena semangat, saya lupa tu prinsip saya di paragraf pembuka, saya ga mau jadi PNS :))

Dulu saya melihat PNS itu cuma sebatas kelurahan dan kecamatan, tau sendiri pelayanan 2 kantor ini rasanya ga pernah bagus. Berdasarkan pengalaman terhadap 2 kantor ini, citra PNS secara keseluruhan jadi buruk rupa. Dan ternyata, selama ini saya salah. Kerja PNS di kantor ini, sama sekali tidak seperti orang kelurahan dan kecamatan.

Beruntung saya ditempatkan di instansi perencanaan pemerintahan daerah, dimana seluruh kegiatan pemerintah daerah, hulunya pasti dari perencanaan. Terpampang nyata seluruh proses perencanaan daerah dari visi, misi, tujuan, sasaran, program, kegiatan, rincian anggaran, hingga jadilah proses pembangunan jalan di sekitar rumah kita.

Prosesnya memakan waktu hingga 1 tahun, sebelum jalan berlubang di kota kita itu dilakukan perbaikan atau pembuatan gedung baru atau kegiatan beasiswa atau kegiatan lainnya.

Dan itu benar-benar sebuah roda yang sangat besar. Saya yang awalnya cuma jadi programmer, merangkap kerja menjadi programmer-serba-bisa, seorang IT Man sejati yang sering jadi meme.


Saya merangkap jadi rekap data, potograper, tukang tulis artikel, operator rapat, bikin infografis, bikin cover dokumen pemerintahan, dan lainnya. Tapi hal itu menjadi pengalaman saya yang super duper berharga. Menjadi Yes-Man ketika muda emang tidak ada salahnya. Catat, ketika muda ya. Kalau udah tua, jangan mau.

Pergi siang pulang dini hari. Hampir setiap hari melakukan ini. Pekerjaan untuk unit saya, bener-bener padat dengan SDM yang rasanya kurang. Loh kok tidak ditambah? Karena ga ada yang mau masuk unit saya karena kerjanya ga waras :))

---

Oke, sebagai blogger yang minim ide, tulisan ini harus saya bagi menjadi beberapa part untuk kelangsungan one day one post (cita-cita tiap blogger). Manajemen posting yang baik itu emang penting bagi blogger moody seperti saya

Si yu!

31 comments:

  1. hehehe kelangsungan hidup one day one post, aku juga kadang mikir gitu
    aku dulu juga beranggapan kinerja orang orang di kelurahan, kecamatan ini berasa lelettt gitu, minta surat aja luama banget.
    meskipun ortu juga pns tapi ya gitu gitu juga macam orang kerja di pelayanan public
    aku sendiri heran, kenapa kalau kantor pelayanan public, bisa lama gitu bikin bikin surat atau apa gitu, atau kalau perlu malah ada "sogokannya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat sama Kak Inun πŸ˜‚. Selain hal-hal yang Kak Inun sebutkan di atas, yang aku heran kenapa PNS kelihatannya galak πŸ˜‚ lalu kalau telefon ke kantor pelayanan publik tuh nggak pernah diangkat πŸ˜‚

      *Kok jadi curhat*

      Delete
    2. @ Mba Ainun
      Thul - thul, susah banget ngelak sogokan gini kalau udah dipatok sama mereka, misal "50rb bang" dsb T.T

      @ Mba Lia
      Saya ga pernah ngubungi pelayanan publik pakai telepon mba, enakan datang langsung walaupun ga pernah selesai dalam 1 kunjungan wkwkwk

      Delete
  2. Eh iya lho, dulu jaman SMA saya menganggap PNS kerjanya nggak jelas magabut aja. Sekarang, setelah punya banyak teman PNS, ternyata banyak yang lembur kerja rodi, sama seperti karyawan swasta. Banyak yang diberi target kerja pula. Tapi ada juga yang selow, sih ... Mungkin tergantung orangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya tergantung instansi dan atasannya mbak.. Karna dulu ngerasa banget, beda pimpinan, load kerja berubah..

      Delete
  3. Yang saya kenal PNS lain malah kerjaannya santuy, bahkan rata-rata gaji buta muehehehe. Tapi saya juga tahu dan kenal PNS yang kerjanya gak waras jugak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, emang beda-beda si tiap pns ini, tergantung didikan dan dedikasinya :))

      Delete
  4. Di sini tergambar jelas, orang punya banyak ilmu itu (serba bisa), pasti jadi orang penting.
    Salut pada Mas Andie. Kerjaan seimbang dengan gaji yang diterima. Artinya uang yang bibawa pulang adalah halal. Tidak seperti oknom pns yang suka lalai dalam melayani manyarakat. Sebelum dikasih uang urusan kita dibuat sulit, plan plin, berteke-tele. Terima kasih telah berbagi pengalaman. Selamat bertugas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadooo, saya udah keluar dari instansi ini mba Nur, lagi pokus ngembangin usaha sendiri.. lebih profitable :))

      Dulu waktu di Bappeda ini, pelayanan masyarakat minim sekali mbak.. Jadi ga bisa banyak cerita..

      Delete
  5. salam knl deh buat sang programmer... jujur aja, bisa dpt pekerjaan yg klop dgn keahlian itu sangat jarang sekali. Saya aja sebutan sih programmer jg, tp mentok2 kerjaannya ngurusin duit org, haha... tp ya pekerjaan apapun, menurut saya jika dilakukan dgn senang hati, pasti hasilnya akan maksimal. Lam knl ya sob... saya follow blognya, berharap bisa mampir ke blog saya dan difolback, hehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyallah kalau ada dapat amanah kerjaan, dikerjakan dengan sepenuh hati bang (lain hal kalo kerja ga bener ya :)), ogah malah kerjainnya)

      siapp! langsung otw!

      Delete
  6. Zaman saya kecil namanya masih Caltex terus Jd CPI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woogh, udah lama banget itu Caltex sekitar tahun 2000an tengah gitu.. Kapan terakhir kali ke Pekanbaru mbak?

      Delete
    2. Pindah pas lulus SMA, tahun 2004, datang kondangan sohib sekali di 2012. Sampai skrg belum main lagi

      Delete
  7. ngakak dong pas bagian meme anak IT :))

    Sama dulu nggak pernah samsek kepikiran pen jadi PNS, tapi belakangan berputar haluan jadi kepengen. Meskipun tetep ajja ga masuk-masuk seleksi. wkwkwk

    ohya 1day1postnya semoga berhasil ya,
    jangan kayak saya, hari ini belum posting apa-apa. 1day 1 post masih jadi wacana, wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw, saya juga sama mbak.. Kadang ikut test cuma untuk ukur kemampuan.. ga ada pake bimbel2 seperti yang lain.. ya wajar ga lulus saya :))

      Saya ga yakin mba pipit ga odop, lah bulan kemarin produktip banget hahaha

      Delete
    2. ha ha ha... iya bener,
      keknya klo sampai bimbel2 gitu terniat banget sih :))


      bulan kemaren kan dipaksa jadi bisa seproduktif itu, ga nyangka saya juga :))

      Delete
    3. iya, seniat itu orang untuk jadi pns/tni/polri/stan gitu-gitu mbak, makanya menjamur..

      Delete
  8. semangat2 one post per day
    saya juga kepengen bisa kayak gitu

    ReplyDelete
  9. Yang tak diinginkan itulah yang terjadi. Saya mungkin terlalu menginginkan makanya gak jadi 😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget si ini.. apa yang kita ga suka, bisa jadi cobaan kita.. maka, jangan tidak menyukai sesuai dengan amat sangat.. takutnya malah kejadian :))

      Delete
  10. Samaaa, aku dari kecil kayaknya udh dibrainwash Ama papa, jgn jd pns hahahaha. Papaku sendiri dulu kerja di oil company yg mana benefitnya zaman dulu itu ya gila2an. Kalo di Pekanbaru Chevron yg terkenal, di Aceh ada 2 oil company PT Arun dan Exxon mobil. Pensiun dari oil, papa nerusin kerja jd pengusaha bakery sampe skr. Jd wajar kalo aku ditekanin sedari dulu, pilih perusahaan swasta yg bgs, ato jd pengusaha sekalian. Jgn pernah pns hahahahah..ga udh aku sebutin alasannya kenapa ya :p

    Mungkin Krn terbawa doktrin gitu, aku kerja di perusahaan asing juga jadinya. Krn ngerasa memang LBH cocok Ama suasana kerja begitu :).

    Cm anehnya, aku malah dpt suami yg ortunya diplomat, yg mana pns juga hahahah. Tapi ya sudahlaah, yg ptg kan suami bukan PNS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup! Pasilitasnya gila-gilaan, dulu waktu cuma jadi anak magang aja pasilitasnya edun bener :))

      Kalau saya lagi pokus berusaha, makanya ini blog jadi korban wkwkwkwk

      eh kok korban si, jadi objek si tepatnya.. eh sama aja ya? :))

      Delete
  11. Saya juga gak kepengen jadi pns, tapi mengingat susahnya cari kerja, pengen juga jadi pns, ikut beberapa kali tes cpns gak lulus2, akhirnya gak jadi pns juga hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, sama mbak.. saya baru 2x ikut si untuk cpns ini.. ga lulus juga :))

      banyak fresh graduate yang lebih pinter-pinter :))

      Delete
  12. Wah sama mas, dari mudah aku ga pernah punya cita-cita jadi PNS padahal bapakku PNS abis. Iya, image PNS kayak gimana gitu, kerjanya ga seberapa baik (apalagi kalo di unit pelayanan kayak cerita mas Andie) tapi dijamin pemerintah seumur hidup. Dan berkesan: leyeh2 pun tetep magabut. Semoga semakin ke sini citra PNS ga seburuk yang ada dalam bayanganku waktu remaja dulu ya (tsaahh...remaja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku cerita gimana pengaruh PNS lama-lama terhadap yang baru mbak.. ini masih sepotong cerita :))

      Delete
  13. Pas muda harus banyak ikut orang. Biar nanti tahu mana yg benar dan mana yg salah saat udah punya usaha sendiri. Belajar memang kadang pahit, termasuk harus jadi yes man.

    ReplyDelete
  14. ngakak-ngakak nih baca cerita kak Andie. Sebagai lulusan IT emang kadang sering dianggap serba bisa. Padahal mah, ga gitu juga ya konsepnya hehehee

    Aku paham kenapa kak Andie akhirnya memutuskan untuk resign dari cerita ini :)
    Karena pada dasarnya orang cari kerja itu ada 2 tipe, orang yg cari pengalaman ato orang yang cari gaji gede

    bersyukur kalo bisa dapet pengalaman dan gaji juga gede ya ahhaha

    ReplyDelete