February 28, 2021

Monetisasi Blog

Ngeblog sejak Tahun 2008 waktu masih usia 15 tahun. Ratusan tulisan telah terbit sejak saat itu. Baik yang nulis sendiri, comot dari blog lain tanpa sumber ataupun ngetik ulang dari majalah. Duh maapkan daku waktu masih labil :))

Kalau anak sekarang, usia 15 tahun udah jadi selebgram kali yak? 

---

Kalau dulu nulis, ya asal saja yang penting nulis kayak sekarang. Nulisnya juga ga mikir panjang. Beda sama sekarang harus ditulis dengan bener-bener takutnya jadi aib nanti kalau jadi Gubernur :))

Ok, lupakan.

Dari jaman dulu nulis, cuma ada 1 prinsip yang saya terapkan yaitu Tanpa iklan alias no ads. Saya itu kurang suka sama iklan, baik di televisi ataupun internet. Kalau radio dulu suka sih, soalnya iklannya lucu-lucu.

Asupan gizi waktu ngeblog dulu, Timtim. eh Tam.

Terhadap iklan ini saya agak-agak idealis. Bahkan, blog ini menghasilkan duit setelah bertahun-tahun lamanya dari tulisan berbayar (bukan iklan nyebelin). Dan sejak Tahun 2008 juga saya udah menjadi pengguna setia adblocker. Jadi mon maap, teman-teman yang memiliki Ads dari berbagai publisher, ga keliatan disaya. 

Karena dari dulu saya sudah pakai adblocker, jadi di Youtube saya itu ga ada iklan sama sekali. Dan ketika saya nonton Youtube pakai laptop orang lain dan ketemu iklan, disaat itu lah saya mulai jadi anak cupu yang ga tau skip ads. 

---

Tahun 2021 ini, sepertinya idealisme saya ini berubah ngakak. Jadi saya merencanakan blog khusus untuk dimonetisasi. Kemarin niatnya blog ini saya monetisasi, tapi ternyata harus menggunakan Top Level Domain (TLD) menjadi syarat. Dengan idealisme 1 lagi, blog ini insyaallah akan tetap di blogspot gratisan, sampai google bangkrut kapanpun

Eits, untuk tulisan berbayar blog ini masih terbuka kok :))

37 comments:

  1. Keren euy, 2008 sudah mulai nulis. Waktu itu saya masih nulis diary di buku tulis.
    Setiap orang punya idealisme sendiri, iklan adalah pilihan. Baru tahu kalo mau monetisasi harus domain TLD, dulu blogspot juga bisa. Apa ada syarat baru ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya si TLD mbak, emang ga jadi syarat utama sih.. yang TLD itu syarat untuk jual backlink..

      Delete
    2. Bener ga sih ini Khoirunisa kk kelasku SMA? Yang dulu ojan2 gt?

      Delete
  2. wow, ada blogger lama nih, salam kenal mas, asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogger lama yang keseringan hiatus :))

      salam kenal bang!

      Delete
  3. Senior banget nih mas nya. Sejak tahun 2008, masih 15 tahun pula. Kayaknya usia SMA itu yaa. Tahun 2008, saya masih SD loh bang. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senior umur belum tentu senior pengalaman..

      tsahhhh! Dah kayak kakek kura-kura saya ngomongnya bang :))

      Delete
  4. Wih, suhu saya salim. Baru dua tahun ngeblog, dan sekarang masih enjoy. Gegara masa kuliah sering buat tulisan untuk buletin kampus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren bang! sekali mendayung dua tiga pulau terlewati ya..

      Delete
  5. hahah, masih ada rupanya blogger idealis seperti saya, dulu pengen banget memonetisasi blog ni, cuma kalau melihat persyaratannya. lebih baik jadi blogger idealis daripada liberalis . hehehe

    ReplyDelete
  6. Pokoke apapun kuwi, dimonetisasi atau ngganya konsistensi ngeblognya mas Andie itu patut diacungi 2 jempol.

    Monetisasi ngga kudu domain tld kok mas.
    Bagiku pakai blog gratisan juga sudah cukup karena tujuanku ngeblog cuma buat berbagi info ke teman-teman, punya sarana buat nulis juga buat hiburan.
    Ngga ada kepikiran tujuan utama ngeblog sengaja buat nyari duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ga musti si bang, cuma kemarin mau di monetisasi di marketplace backlink harus TLD :))

      Bener bang, itu tujuan awal-awalnya si.. dan makin lama agak terkikis pelan-pelan wkwkwk

      Delete
  7. Hahaha.. people change... Malah bagus kayaknya kalau ada target duit.. wkwkwk biar semangat dan makin konsisten..

    #sungkem ma senioren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen si targetnys duit, tapi ga ada yang mau ngasi :))

      *ngarep*

      Delete
  8. uda apal dirimu mang senior bang...kan kita temenan di blog uda lama...xixixi ga selama jaman dinosaurus sih

    tapi emang iya sih kadang bole aja monetizasi asal harganya cucok ai juga mau wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman dinosaurus mah saya masih jadi kuda ganteng di akhirat wkwkwkwkwk

      Duh bukan masalah senior ini mah, tapi seberapa lama mempertahankan prinzip.. wkwkwk orang2 disini salah pokuss

      Delete
    2. Halo kak, dulu awal ngeblog dimana? Me MWB.

      Delete
  9. Hahahaha astaga Kak Andie 🤣 Sampai Google bangkrut? Itumaahh nunggunya sampe kapan yak?? Hahahha 🤣

    Aku juga sama loh Kak Andie, dulu ngblog sejak SMP kelas dua atau tiga kalai nggak salah. Itu usia 14 tahun. Dan aku bikin buuaannyyaaakkk banget domain. Sampe sering lupa kata sandi. Hahahah.

    Akhirnya waktu umur 16 berusaha konsisten, and Thank to God bisa running sampai sekarang. 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset SMP udah ngebloog... aku bukan ngeblog, tapi go-blog di mIRC jaman itu wkwkwk

      Delete
    2. Lw dulu aku MWB kak, rame banget. Tapi sayang dah mati.

      Delete
  10. Begitulah, prinsip akan selalu berkembang dan dinamis apalagi kalau sudah digoda-godai bayangan cuan, eh itu mah aku aja kali, wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kok :))

      Makanya bikin web baru, demi memuaskan napsu cuan :))

      Delete
  11. aku dulu nggak ngerti apa itu monetisasi hahahaha
    awal ngeblog mikirnya ya cuman nulis, sharing gitu aja
    terussss pas tau istilah ads, cobain pasang, ehh ditolak, yawes lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Ainun, aku dah ada kali kak 10x ditolak. Tapi aku ga akan nyerah deh. Salam kenal kak.

      Delete
  12. Ya Allah, 2008 msh 15, aku lgs berasa tua wkwkwkwkkw. 2008 aku udh kerja itu soalnya :p.

    Kita sama idealis mas. Aku ga suka ada iklan di blog ku. Tapi bedanya, aku ga terima tulisan berbayar apapun. Krn memang blogku hanya utk nyalurin hobi menulis ttg traveling dan kuliner. Aku ga kepengin penilaian dlm menulis ttg tempat2 yg aku datangin jd ga objektif lagi :D.

    Aku LBH suka bisa nulis apa adanya . Kalo ga enak, ya aku bilang ga enak. Gitu juga sebaliknya.

    Aku nulis sih udh dari 2004, pas kuliah. Msh di platform Friendster, trus ganti ke multiply, ganti lagi ke blogspot, sampe akhirnya wordpress :D. Ga pgn ganti lagi. Udh cukup itu aja. Tapi yg pasti, mau Ampe kapanpun, blog ku ttp ga akan di monetisasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakwkwkw, emang masi muda kok ini :))

      nanti saya berencana untuk matrealistis yang agak-agak idealis mbak.. ntar kalo dah berkecukupan, baru idealis lagi.. prinsipi bener dah tu :))

      Delete
  13. Aku masih pake blig gratisan dan udah bisa di monetisasi walaupun belum pernah di bayar karena gerak ads ngesot kayak keong.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Tara boleh dong tutorial nya biar cepet diterima adsense gimana. Aku daftar udah ada kali 10x suruh perbaiki terus entah apanya deh. Boleh dicek deh apanya yang salah kira2. Makasih sebelumnya. Salam kenal kak.

      Delete
    2. mungkin yang ke-11 kalinya berhasil tu bang, coba teruus

      Delete
    3. Aamiin mas e. Bantu support selalu yak, minta do'a & restunya para mastah yang udah berhasil ads. Makasih buat pak Anton buat Kafe MM nya. Darisana trafik saya lumayan yang dulunya lumayan banyak tapi cuma aku sendiri yang liat wkwk

      Delete
  14. Emang harus pake domain TLD ya gan? Blog mas Agus saya liat masih dot blogspot ga TLD tapi udah muncul iklannya. Saya rasa kualitas konten, lw domain TLD ga terlalu masalah. Soalnya saya sering jumpa blog non domain TLD tapi iklan lancar jaya. Maapkan lw keliru kang. Ditunggu yaa mampir nya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga harus TLD sih, cuma kalo pake TLD, backlink-backlink gitu banyak yang berminat bang :))

      Delete
    2. Lebih terlihat pro ya bang, soalnya dirawat, dibiayai, kayak bini uga gt tuh bang. Ya ga?

      Delete
  15. Walah ternyata masih muda toh tahun 2008 masih 15 tahun ya wkwk, blogspot bisa koq dibuat iklan malah lebih cepat pengajuannya, atau jual backlink aja semangat monetasi blog ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2008 itu dulu kak, awal dia ngeblog, sekarang yaa kayak saya udah berumur lah. Soalnya saya awal ngeblog uga sekitaran tahun itu. Ini mau tanya serius kak saya, maksudnya cepat pengajuannya pengajuan untuk monetasinya? Jual backlink gimana caranya?

      Delete
    2. Wihh, blog kakak keren, templatenya sama kayak punyakku LinkMagz templatenya mas Sugeng.

      Delete