January 31, 2019

Fresh Start

Tepat 1 tahun kurang 2 hari yang lalu, saya menulis tulisan yang menjadi awal Tahun 2018. Bukan cuma awal sih, tepatnya juga yang terakhir untuk tahun tersebut. Pengen ketawa saya.

Awal tahun ini, saya membuat perubahan di blog saya. Saya unpublish beberapa tulisan saya sejak Tahun 2009 di blog ini. Total ada 148 yang sudah saya unpublish dari total 270 tulisan. Harusnya emang sudah lama sih di unpublish, tapi apa daya, menulis itu lebih enak daripada membaca. Jadi tulisan-tulisan saya yang lama itu jarang sekali saya baca ulang. Putri Malu menjadi alasan utama-nya.

Kesimpulannya, sekitar 54,81481481% tulisan saya di blog ini tidak ada faedahnya untuk dibaca.

Ada beberapa alasan tulisan tersebut tidak ada faedahnya, seperti copas dari majalah tanpa izin penulis, foto-foto yang tidak mencerminkan rasa-rasa pancasilais, dan tulisan yang terlalu banyak style sehingga saya aja pusing bacanya. Tapi tenang, cerita jujur selalu saya pertahankan di blog saya ini sejak awal.

Jadi, ketika kita merasa 'kurang' terhadap masa lalu, dan ingin memperbaikinya di masa sekarang, tandanya kita udah naik kelas. Dulu masih kelas bulu kaki, sekarang udah jadi bulu kuduk.

---

Kemarin ngeliat reading list, masih banyak blogger yang konsisten nulis. Bahkan masih ada juga blogger yang konsisten buat blog baru hampir tiap tahun seperti Bayu. Saya salut sama teman-teman yang konsisten dalam menulis. Walaupun saya juga konsisten, konsisten ga nulis setahun.


Apapun kesalahan-kesalahan kita kemarin, masih ada waktu untuk mengubahnya hari ini. Selalu aja ada u-turn yang tersedia di tiap jalan jika kita ingin putar balik untuk memperbaiki tujuan. Menurut saya, menunggu tahun baru berikutnya terlalu lama untuk berubah.

Tulisan ini juga menjadi awal yang baru bagi Andiebuytank, untuk menulis yang lebih bermanfaat bagi makhluk-makhluk yang bernapas melalui hidung.

Sekian, terima sop tunjang ga pakai tulang.

35 comments:

  1. Ooo alasan ngilangnya karna mensortir berfaedah dan unfaedahnya sebuah postingan tho.. kirain karna sibuk jadi bapak bhakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bapak ngurus anak ndak sesibuk ibu ngurus anak laa hahaha

      Delete
    2. Punya saya sudah ratusan yang saya draf kembali. Sekarang lebih selektif dalam bercerita.

      Delete
    3. Tepat sekali! Selektif dalam bercerita dengan bahasa yang baik. Toss!

      Delete
  2. Semoga kedepannya semakin bermanfaat bagi makhluk yang bernafas lewat hidung. Terima sop ayam pak min diorder via ojek onlen.

    ReplyDelete
  3. kalo masalah tulisan itu di blog saya banyak banget mas tulisan gak berfaedah, isinya cuma cerita gak penting gitu si hehehe, oiya kadang saya juga pengen unpublish beberapa tulisan di blog saya, cuman kalo inget perjuanganya nulis, untuk buat satu post aja sampe beberapa hari, ahirnya gak jadi, sayang banget kalo di unpublish ato di hapus, jadinya di edit-edit gitu kalo ada kata yang gak enak ato gak pas buat dibaca hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas, emang butuh perjuangan nulis itu. Cuma saya pikir-pikir lagi, lebih baik di unpublish biar ga jadi aib hahahaha

      Delete
  4. heheh mantan konsisten setahun gak nulis, istiqomah berarti itu... saya nulis karena kurang kerjaang mang.. whahah
    tapi memang sih tulisan di blog kita itu mungkin tidak akan semuanya berisi "daging", saya juga sering perhatikan tulisan2 saya dari dulu sampai sekarang, dan kadang memang ada beberapa yang dihapus, terutama jika tulisan itu kurang positif atau secara pribadi kita bacanya kurang enak, tapi saya pribadi tulisan2 jaman dulu yang rasanya kurang srek baca dan kurang berfaedah tidak semuanya dihapus, lumayan buat kenang - kenangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan lama tidak saya hapus mas Ahmad, cuma di unpublish.. Masih bisa dibaca-baca kalau kangen mah.. hahaha..

      Bukti kalau dulu kita udah 'ngelewatin' masa-masa tulisan masih 'begitu' #halah.

      Delete
  5. Ehhh kemana aja kang andy.. lama gak nongol bw nih.. semoga shat selalu ya.. kemarin smpeet ga nulis beberapa waktu ya kanh? Soalnya saya sempat bw dlu dlu kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, kemarin konsisten ga nulis setahun haha.. Aamiin, terima kasih do'anya ya..

      Delete
    2. hehehehe menghilang bagaikan ditelan bumi ckckc btw bener kok kang andy.. kemarin video saya test tanpa mic ternyata kecil banget yaa.. sip dah next time pake mic wkwkkww

      Delete
  6. selamat atas ke-konsisten-nan nya mas andi. jangan dipertahankan yaa.. haha..

    ditunggu tulisan-tulisan baru nya yaa..

    ReplyDelete
  7. Halo blogger senior salam kenal ya dari blogger pemula hehehe :)

    Ditunggu tulisan-tulisan keren selanjutnya ya ..., pasti tulisannya jauh lebih baik.
    Apalagi sekarang udah naik kelas, dari bulu kaki jadi bulu kuduk xixixi ..
    Ntar naik kelas lagi kira-kira eeummmh .. jadi bulu apa lagi yaa .. wkkwkkwkk :D


    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan yang senior mas, tua di umur, minim di jumlah tulisan hahaha 😂

      Setelah bulu kuduk, kedepannya, saya menargetkan menjadi rambut mas biar noticeable di tahun 2020.

      Delete
    2. Asik targetnya ... , kudoain betulan naik kelas jadi rambut 😉.
      Rambut yang banyak, sebanyak tulisan artikel2 keren 🤚😁

      Delete
  8. Selama enggak parah-parah amat tulisan jadulnya, saya tetap membiarkannya di blog. Standar "parah" di sini tentu berbeda untuk setiap orang. Intinya, biar jadi bukti kalau manusia bisa berubah--ke arah yang lebih baik.

    Saya malah lebih suka membaca daripada menulis. Menulis itu prosesnya bikin capek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standar saya cukup rendah buat tulisan Mas, yang saya unpublish lebih rendah lagi 😂 apalagi banyak aib-aib diumbar-umbar hahaha..

      Saya pikir-pikir lagi, proses menulis perlu waktu yang lama ya, tapi saya lebih betah nulis 10 paragraf panjang daripada baca 10 paragraf panjang.. Mungkin isinya berpengaruh ya, kalau tulisannya asik pasti ga males dah.. hahaha..

      Delete
  9. Sebenarnya saya juga punya perasaan yang sama. Apakah artikel saya itu bermanfaat atau sekedar menjadi sampah yang justru mengganggu kenyamanan pembaca. Mungkin saya juga tergolong mahkluk tidak pancasilais. Terlalu egois.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan masalah bermanfaat atau tidaknya bang, tapi banyak mengumbaik aib atau tidak. Plus tulisannya kira-kira di masa depan, saya bakal di-bully gak dengan tulisan ini? wkwkwk

      Delete
  10. Kalau bikin blog tiap tahun malah nggak konsisten dong ndi -_-

    Padahal aku juga pengen baca-baca tulisan lamamu ndi, yang dulu sempat aku tiru gaya tulisannya hahaha :))

    Selamat datang kembali untuk yang ke-sekian kali bos. Semoga kita semua bisa sama-sama konsisten dalam blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten buat blog tiap tahun itu konsisten Bay. Kalau ga konsisten, ga buat blog tiap tahun 😂

      Terima kasih bay, semoga kali ini bisa konsisten untuk sekian kalinya hahaha

      Delete
  11. Hi! Selamat datang mas Andi .. selamat kembali ke rimba blogger indonesia...😀😀

    ReplyDelete
  12. Semoga kedepannya lebih baik lagi ya mas hehe

    ReplyDelete
  13. Wahahahahahaha.. rupanya ada yang hobinya sama seperti saya, bikin blog. Senang mengetahui bahwa di belahan dunia lain ada orang yang melakukan hal yang sama.

    It's a nice writing mas..enak dibaca beut. Apalagi tahu si mas senang motret juga, hahaha.. maklum, biasalah dari kalangan sejenis juga.

    Salam kenal dari Bogor mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha, langsung mas kenalan sama si Bayu.. Kenapalah kalian ini doyan pencet create a blog ya? wkkwwk

      Terima kasih mas, masih belajar nulis beginian mas dan seringnya ndak konsisten kapan bagus kapan ndak hahaha..

      Salam kenal kembali mas!

      Delete