August 17, 2021

Coba Tebak

Akhirnya saya motret pakai smartphone. Setelah beberapa hari lalu menjual lensa kesayangan yang disebabkan kamera saya shutternya lagi macet. Mungkin sudah usia, karena si kamera udah nemenin saya hampir 12 tahun, dan baru kali ini rusak.

Agak canggung pada awalnya, karena biasanya saya motret dengan rasio 3:2. Rasio default 16:9 di smartphone rasanya terlalu lebar dan banyak distorsi.

---

I'm not a good mobile photographer. Cupu bener makanya jarang pakai. Kalau motret pakai dedicated camera, hasil poto saya masih kelihatan bagus karena ketolong bagusnya image processing di kamera. Jadi ketika pakai smartphone, kalo hasilnya burik ya burik aja gitu ðŸ˜…

Learning by practice.

Kata-kata yang benar bermanfaat bagi saya yang pemula ini. Setelah konsisten beberapa hari ini untuk foto produk, akhirnya saya ketemu "chemistry" dengan si kamera hape ini. Oiya, yang bikin canggung itu karena teknik pengambilannya ya, yang biasanya ngeker nempel di mata, sekarang posisinya sekitar 30 cm di depan mata. 

Jadi, saya punya 2 gambar. Teman-teman bisa coba tebak gambar mana yang dipotret pakai smartphone, dan gambar mana yang dipotret pakai DSLR.

Gambar One

Gambar Loro

Jawabannya bisa ditulis di kolom komentar yaaa! Ga perlu suskreb dan laik man-teman.

14 comments:

  1. Nenek-nenek seperti saya segalanya mengalir apa adanya saja. Motret bawaan dari hp. Pake teori "semaunya". Setelah baca artikel ini saya sadar. Makanya hasil pemotretan saya tak ada yang waras. He he terima kasih, Mas Andie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika sudah mengaplikasi teori semaunya, berarti tingkatannya sudah pro mbak. Udah artist gitu :))

      Beneran dahh

      Delete
  2. Kurang tahu soal kamera, sih, cuma salfok sama novelnya apalagi yang Kamikaze suka aja baca novel ala-ala Jepang gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamikaze itu majalah mbak, Majalah Angkasa.. Kalau yang thing explainer bukan novel si, kayak apa ya.. susah juga nyebutnya wkwkwk

      Delete
  3. Kamikaze wah novel di atas berat-berat, tapi menarik aja buat dibaca ... sering liat anime misalnya naruto, xixi.

    ReplyDelete
  4. Sama kayak Mbak Dyah nih apalagi kamikaze itu selalu keren dan kamikaze artinya angin dewa bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi sih mbak, cuma ni kamikaze tentara AU jepang tentara bunuh diri..

      Delete
  5. Maaf, aku cuma fokus sama novelnya sih menarik untuk dibaca walau kayaknya isinya berat. Gak paham tentang kamera, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Majalah dan bukunya bagus emang bagus mbak.. bagus buat ditengok-tengok daripada di baca wkwkwk

      Delete
  6. Aku jarang juga foto mau pakai kamera hp ataupun kamera biasanya, jadi kurang tahu soal beginian. Kamikaze kalau tidak salah taktik perang yang biasa disebut angin dewa dan ini brutal 'kan? Jadi pengin baca tuh buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh, ini majalah dan baru aja kemarin laku mbak..

      Delete
  7. Aku malah belum pernah foto pakai kamera lensa kang, selalu pakai hape terus. Memang sih hasilnya tidak sebagus kamera DSLR tapi lumayanlah buat sekedar menyimpan momen.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mungkin bisa motret tanpa lensa bang wkwkkw

      Bener mas, sekarang sih niatnya untuk nyimpan momen, plus motret barang jualan :))

      Delete