August 30, 2017

Algoritma Isi Bensin Tercepat

Mengisi bensin itu kegiatan yang lumrah dilaksanakan di dunia permotoran. Termasuk saya yaiyalah yang pemain lama di dunia permotoran. Kegiatan mengantri tidak bisa dihindari untuk mengisi bensin.

Jadi uniknya mengisi bensin ini ga bisa kalo ngga ngantri secara konvensional. Mau pake nomor antrian gitu? Atau pake aplikasi? Ga bisa.

---

Kadang kesel gitu ngeliat orang ngisi bensin lelet. Ini bagi pengguna motor ya, kalau pengguna mobil mah enak ada atap. Kalau lagi beruntung bisa aja tu ketemu emak-emak-matic ngisi bensin dengan durasi 5 menitan.

Jadi asumsi saya, mereka tidak tau cara mengisi bensin yang cepat, tepat dan penuh berkah.

Tapi emang ada emak-emak yang cari di internet, "Cara Mengisi Bensin yang Benar?".

Anggap saja ada.

---

Jadi dengan pengalaman saya berkendara, mengecap pahitnya aspal, nabrak polisi, hingga menikmati naik turun hidup di gerombolan polisi tidur, disertai latar belakang ilmu ngoding, saya rasa saya orang yang berkompeten untuk menulis algoritma pengisian bensin tercepat ini.


Ibarat tips-tips yang penting banget gitu, perlu 2 bagian untuk menjelaskannya secara detail, yaitu Bahan-bahan dan Algoritmanya sendiri.

---

Algoritma ini berlaku untuk kondisi antrian (n) lebih dari 1 motor atau n > 1.

Bahan-bahan:
  • Duit > 5.000 IDR
  • Motor dengan bahan bakar Premium, Peralite, Pertamax, Pertamax Turbo.

Algoritma pengisian bensin:
  1. Ketika antrian masih n >= 2, kondisi motor masih dalam kondisi hidup, ambil uang untuk mengisi bensin. Pastikan uang (Ua) yang anda punya lebih besar dari jumlah pembelian bensin (Ub). Pastikan Ub merupakan bilangan genap dan kelipatan 1.000, bukan ganjil seperti 11.539 atau 15.117 karena akan menyulitkan pengembalian uang. Kalo yang familiar terhadap rumus aritmatika, bisa juga ditulis dengan: Ua - Ub  ≠ 0, Ub Mod 1.000 = 0.
  2. Ketika antrian n = 1, matikan mesin motor, masukan uang kedalam kantong celana/baju atau dipegang juga tidak apa-apa. Kemudian turun dari motor, buka jok motor, buka tangki bensin. Setelah itu kunci motor yang semula berada pada kunci jok, pindahkan kembali pada.... Tempatnya yang dibawah stang motor itu.
  3. Ketika antrian n = 0, isi bensin motor, sambil mengisi kasi duit yang telah disiapkan ke petugas. Hal ini untuk mempercepat waktu, bisa sambil isi bensin petugas menerima uang dan mengembalikan uang, anggap Uang Sisa (Us). Kalau dalam persamaan aritmatika, bisa ditulis dengan Ua - Ub = Us
  4. Ketika duit telah dikasih, bensin telah terisi dan uang kembalian telah didapatkan, majukan motor agar yang dibelakang tidak terlalu lama menunggu.
  5. Sambil motor dimajukan, naik keatas motor, hidupkan mesin, gas perlahan, ngeeng~
Algoritma diatas udah saya coba beratus-ratus kali pengisian bensin. Hasil pengisian bensin saya rata-rata 15 - 20 detik. Bahkan beberapa kali saya bisa jalan duluan daripada antrian didepan saya.

Dari langkah-langkah dan hasil pengujian, algoritma ini diyakini mampu mengisi bensin lebih cepat daripada algoritma Fuzzy, K-Means, K-Nearest Neighbor dan lainnya. *ditampar*.

Sekian dari saya, terima handphone baru dan second.

    18 comments:

    1. Waduh...anak exact.. Ngisi bensin juga pke rumus☺☺

      Klo aku seringnya tak bikin sante aja mas.. Yang penting, kelar isi..aku lngsung posisi maju. Jd yang blkngku lngsung bisa isi, sementara aku mberesin uang kmbalian, mposisiin anak di tempat semula..sama mbalikikn kunci dr blkng ke depan..

      ReplyDelete
    2. Pret lah, ngisi bensin aja pake algoritma, hahaha

      Pake duit mas, duitttt

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ua, Ub, dan Us itu duit mas dapat menjadi komponen penyusun rumus. wahahaha..

        Delete
    3. Wakaaaak kocak bgt mas dialgoritmain segala
      Untung saia bukan termasuk ibu2 metic

      ReplyDelete
    4. Kayaknya bakalan dapat timpukan N lemparan HP beneran nih, gara2 artikel yg bikin geregetan ini. :)) :))

      ReplyDelete
    5. Keren dan unik tipsnya bang, saya sendiri kalo isi bensin selalu mempersiapkan segala sesuatunya dengan sigap supaya bisa langsung cuss...

      ReplyDelete
    6. Maaf nih mas.. pas dibagian rumusnya langsung puyeng nggak karuan.. ini ngerjain banget postingannya, dan mas juga termasuk orang kreatif tapi lucu, sampai beli bensin ada alogaritmanya segala, saya bikin ginian? boro-boro mas..

      ReplyDelete
    7. aduh saking pinternya ini mastah isi bensin make rumus alogaritma yaaa.. saya aja uda lupa lagi mas rumusnya gimana hehehe btw thanks share nya ya

      ReplyDelete
    8. Buset, kayak Sherlock Holmes aja lu Bray. Segala sesuatunya di perhitungkan dengan akurat dan efisien. Salam kenal ya

      ReplyDelete
    9. Jadi terinspirasi untuk buat artikel dengan judul

      "Algoritma Cari Calon Istri Tercepat"

      Kira-kira gimana tuh Konsep artikelnya...

      #HarusMikirKeras

      ReplyDelete
    10. Sehat ndi? *gantian aku yang nanya hahaha :))

      Mohon izin bertanya, apa yang akan terjadi jika Ua = Ub? Apakah akan ada perubahan yang signifikan pada waktu penyelesaian prosedur pengisian bahan bakar ini? Terima kasih atas perhatian Anda *plak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Signifikan bay, gimana mau makan, mau bayar PDAM atau bayar listrik?

        Delete
    11. Aduh, saya termasuk yang lelet dalam mengisi bensin nih wkwk

      Kalo saya sih mematikan mesin motor pada n > 2 jadi pas n > 1 udah megang duit, iu pun duitnya saya remes remes ditangan wkwkwk

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gpp, yang masalah kalo megang duit setelah isi bensin terus lupa bawa duit.. DIE!

        Delete
    12. yo wis, besok saya isi bensin bawa kalkulator Karce...

      ReplyDelete
    13. Ya mestinya ditempat umum apalagi kondisi ngantri, ada bagusnya dipersiapkan segala sesuatunya supaya lancar dan orang lain nggk dibikin kesel

      ReplyDelete
    14. oke.. makasih..

      seumur-umur belum pernah ngisi bensin seribet ngisi ujian gini -__-

      ReplyDelete