September 8, 2017

Telah Gugur Pahlawanku

Udah hampir 1 bulan handphone saya rusak. Bukan kali ini handphone saya rusak, tapi baru kali ini kerusakan bukan diakibatkan oleh kelalaian saya. 

Tapi emang karena device-nya aja tuh yang bermasalah.

---

Udah dari tahun 2009 saya menggunakan Sony Ericsson (SE). I'm big fan of SE. Mengikuti tiap perkembangannya, walaupun emang cuma mampu beli hape mid-end.


Semua handphone diatas, handphone yang saya gunakan sejak SMA. Semuanya rusak karna saya. Masuk air lah, fleksibel lah, casing retak lah dan lain sebagainya-lah. Alasan saya pilih SE karena UI nya yang saya sangat suka dan desainnya yang selalu outstanding. Prok prok prok.

Agak sedih emang tahun 2014, Sony ambil alih saham Ericsson. Hiks. Terus ganti nama. Terus semua desain handphone-nya seperti kembar siam cuma beda ukuran layar. Premium design is no more.

Tahun 2012, Alhamdulillah saya masih sempat ngicip Xperia Mini Pro dan bertahan hingga 2014. Tahun 2014, karena melihat tidak ada handphone murah dengan desain yang bagus, so I choose HTC One V.

Dan akhirnya, setelah beberapa tahun kecewa sama desain Sony, Tahun 2015 saya membeli Sony Xperia M4 Aqua.

---

Mengingat handphone ini dibeli menggunakan gaji sendiri, sudah sepatutnya dia diperlakukan bak raja dubai. Dibeliin hardcase-nya, dibeliin screen protector yang bagusan dan sangat jarang sekali terjatuh.


Saya beli M4 Aqua ini sekitar bulan Juni 2015. Waktu pertama kali keluar kalau tidak salah. Belinya karena tipis, bagus dan anti-air. Intinya CLBK sama Sony yang telah mengecewakan saya di Tahun 2012.

Jika dibeli dari Juni 2015, berarti umur M4 Aqua ini dengan saya sekitar 2 Tahun 2 Bulan.

Selama 11 bulan, saya menggunakan handphone ini tanpa masalah. Tapi kemudian blue-screen dan lemot. Karena masih garansi, saya service di service center resmi, dan alhasil menunggu selama 2 bulan dengan penggantian mesin.

Setelah itu berjalan seperti biasa. Hingga Agustus 2017, si blue-screen ini muncul lagi tanpa garansi tentunya. 5-7 Harian masih bisa digunakan walaupun lemot luar biasa. Kemudian gugur di medan perang. Terus bawa ke tukang servis handphone, mereka juga angkat tangan karena yang rusak adalah mesin, dan tidak ada parts-nya.

Setelah mencari sana-sini referensi tentang blue-screen ini, sepertinya ga cuma saya yang mengalaminya. Walaupun agak senang karena merasa tidak sendirian, tapi saya tetap merasa tidak senang dengan kerusakan hardware.

Sony Xperia M4 Aqua ini adalah bangkai handphone saya yang paling mulus.

---

Menurut saya, smartphone yang baik itu bukan smartphone dengan harga tinggi dan spesifikasi hardware yang wah, tapi smartphone yang hadware-nya dan software-nya saling support sehingga keduanya bekerja secara efisien dan efektif. Sejauh ini, merk handphone dengan ciri-ciri sebelum kalimat ini cuma Sony Ericsson / Sony dan HTC

2 merk di paragraf diatas hidupnya sekarang kembang kempis, karena penjualannya sedikit, dan terlalu sering merugi. Walaupun begitu, masih banyak user yang tetap menggunakan smartphone dengan 2 merk ini dengan cara mencari barang second like new atau barang baru stok lama (NOS).

Saya termasuk orang dengan tipe seperti paragraf di atas.

Jadi, teliti sebelum membeli, jangan sampai kerusakan mesin menjadi akhir hidup smartphone anda. Harusnya keteledoran anda-lah yang mengakhirinya. Paragraf sesat.

Sekian dari saya, terima kuaci tanpa kulit.

13 comments:

  1. Saya kali kedua pakai se sampai akhirnya saya move on ke hp lain. Karena kerusakan yang terakhir adalah lcd yang eror.. ngetik salah2 terus dan akhirnya saya pakai buat dengerin mp3 aja mas.. sependapat nih sama saya hiks

    ReplyDelete
  2. wuih sukeren banget ya, jaman SMA udah pake hape, padahal harga hape kan jaman itu mah mahal banget....berarti mang admin masuk kategori kelas kaya dong yah?

    ReplyDelete
  3. Sony Xperia M4 Aqua Masnya udah jadi bangkai...
    Klo punya ane masih mulus dan lancar jaya Mas...

    ReplyDelete
  4. Ciee hape baru dong berarti sekarang? Kok nggak dikasih tau hape barunya hahaha :))

    Udah mantap itu ndi, udah bisa beli hape pakai duit sendiri. Aku masih aja nganggur sampai sekarang -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang pake laptop, ga ada duit beli hape baru hahahaha

      Delete
  5. Wih pecinta sony Erricsson iya mas.

    Ak dulu juga pernah pake SE, lupa tipenya apa.

    Tapi emang bener sih, kalau sudah rusak ,susah carik perlengkapannya. Kalau tidak ada ya terpaksa beli baru.

    ReplyDelete
  6. SE jaman dulu emang keren-keren desainnya.
    Kalo hape jaman sekarang rasanya desainnya itu-itu aja.

    ReplyDelete
  7. Dulu pas smk ngeliat punya temen punya hape sony keliatannya kok keren ya, bener kata bang andi, tampilannya emang bagus tipis elegan gimana gitu.

    Tapi kalo secara dapur pacu kurang suka sih soalnya dengan harga segitu, dibandingkan sama produk sebelah kalah jauh :(

    ReplyDelete
  8. Iya tuh, kayaknya emang udah kembang kempis merk2 itu...

    Kalau saya fansnya Xiaomi sih sekarang..hehehe

    ReplyDelete
  9. muantap, hp hp penuh kenangan punya museum nya sendiri

    ReplyDelete
  10. Sepertinya memang harus cobain merk lain :D

    ReplyDelete
  11. Klo dlu megangnya selalu motorola.. terus move on ke nokia express music dan jatuh cinta sama evercoss... terus skrang cintanya udh diambil alih sama samsung...

    ReplyDelete
  12. Sony ericson ngingatkan sama hape jadil saya pas masi kuliah yu mas wkwkwk
    Yang pake trekbol tombol tengahnya

    ReplyDelete