December 31, 2014

Kaleidoskop 2014

Ha.. Halo pem.. Pembaca se.. Se.. Semua.. Nya..


*diguyur air raksa*

---

Jadi ceritanya posting di tahun ini (2014) dikit, tiba-tiba besok udah 2015 aja. Kemarin cerita kamera, eh tiba-tiba udah posting kaleidoskop aja berasa portal berita.

Sebenarnya banyak banget kejadian tahun ini. Tapi ga sempat ditulis karena keasikan sama kesibukan sendiri *halah* nah biar memori-nya nempel tidak terlupakan, sebaiknya ditulis aja dah ya. Hahaha. Ini posting semacam rangkuman di akhir bab tiap buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

* ditulis berdasarkan ingatan, bukan tanggal, bukan prioritas.

** tulisan di bawah ini mengandung unsur ke-random-an.

*** penggunaan gambar yang banyak di post ini.

**** tulisan dibawah ini sangat panjang.

---

Mengambil judul PA (Proyek Akhir) : Pengembangan Personalization E-Commerce Website Berbasis Metode User-Centered Design dan Collaborative Filtering.

Alhamdulillah udah BAB II. Yah, lumayan lah. 

---

Tahun ini tahun ketiga sama Astia Dinnisya Arsthona. Lagi-lagi dikirimin hadiah surat dan hadiah yang tentunya handmade semua *terharu*


Mengandai-andai, kapan saya bisa secreative ini T.T Kemarin ga sempat ngasih hadiah ke Asty karena lagi nabung buat ke Bandar Lampung hiks.

---

Yang ketiga yaitu bulan Maret, diterima buat melakukan Kerja Praktek (KP) di Chevron Rumbai.

Btw di Chevron, kerjanya di divisi Technology Support Laboratory (TS-Lab). Kerjaannya cuma online doang seharian analisa penggunaan software St*rlims di divisi ini. Analisa kegunaan sih tepatnya. Kemudian memberikan hasil analisa dalam bentuk presentasi ke manajer TS-Lab, Ibu Nengsi. Hasilnya, gue menyarankan untuk gak perlu pakai aplikasi semahal ini karena banyak fungsi (yang membuat aplikasi ini mahal) yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Terima kasih juga buat teman ruangan 705, bang Ridho dan Dodi, yang telah banyak memberikan pengalaman dan tempat yang nyaman bagi saya selama 1 bulan disana. Semoga cepat jadi pegawai tetap yah aamiin. Lah jadi kata pengantar.

---

Tahun ini juga, saya revisi resume jadul tahun 2011. Alangkah malasnya bikin resume, sampai 3 tahun tanpa update T.T Berikut ini dia resume tahun 2014 (akhir)


Di atas resume yang udah gue cetak (dengan hasil yang tidak memuaskan), buat edisi full resume disini nih : Resume 2014 

---

Ulang tahun ke-21, diberikan banyak banget kado spesial dari Asty. Mulai dari permen-permenan, surat, kemeja dan kue ulang tahun! Sekali lagi, jarak bukan alasan untuk tidak memberi kue ulang tahun. Makasi sayang ya *cium basah nan brutal*

Tiap ulang tahun, selalu menjadi ulang tahun terbaik berkat si tembem sayang *dilempar batu granit*.


Hiks, ini kue terenak yang pernah dimakan. Sebagai anak gaul Pekanbaru, gue aja ga pernah kepikiran beli ini kue T.T Makasi mako yaa! Tau aja kalo aku hantu oreo T.T


Gak cuma kue, tapi dikasi surat dan birthday card juga. Spesialnya, semua yang dikasi itu handmade. Emang keren banget mako ini *cium basah nan brutal part 2*


Pernak-pernik di atas merupakan harta karun!

---


Oiya, tahun ini juga pertama kalinya dapat beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) 2014. Alhamdulillah. Dana-nya cukup buat bayar utang dan jalan-jalan ke Lampung XD

---

Ulang tahun Asty tahun ini, ga sekreative bikinin Asty ke saya T.T Semoga kado tahun ini bermanfaat yah mako. Aamiin. 

---

Tahun ini ke Bandar Lampung untuk ketiga kalinya. Bedanya, tahun ini kebanyakan pake duit sendiri (sebelumnya kebanyakan didanai sponsor). Bedanya lagi, tahun ini perginya bulan September (biasanya bulan Maret). Jadwalnya lumayan lama sekitar 2 minggu dari tanggal 14 September - 2 Oktober. Berangkatnya naik bus, pulangnya juga bus yang sama. Lorena.


Selama periode bulan madu liburan ini, banyak hal baru yang dilakuin. Seperti ngeteng dari Bandar Lampung ke Jakarta. 

Hal pertama yang dilakukan yaitu naik angkot Sam Ratulangi ke Terminal Rajabasa untuk mencari bus ke Bakauheni. Biayanya 25rb, AC, dan rame (banget). Setelah sampai, Bakauheni, masuk ferry penyebrangan menuju Merak. Biayanya lupa. Kenyamanan saat menyebrang tergantung dari tingkat ke-hoki-an kita, pada kasus ini, dapet ferry baru yang nyuaman banget. Ini ferry juga gede banget (biasanya cuma ngeliat ferry sungai).


Setelah sampai Merak, dengan 2.5 - 3 jam perjalanan, berjalanlah dengan menghiraukan para kenek yang menawarkan jasa ojek dll. Jalan kaki sekitar 300 meter (ikuti jalan rombongan dari ferry) akan menemukan terminal. Untuk ke Jakarta-nya bisa pake bus sesuai selera sih, kalo dalam kasus gue dan Asty pake bus ke Tomang. Alhasil diturunin di jalan tol *jedukin kepala*.

Sampai di Jakarta sekitar jam 8 malam, dan berangkat ke Bandar Lampung jam 9 pagi dari Stasiun Gambir. Untuk versi pulang, pake Damri Royal Class karena sudah merasakan getirnya hidup saat perjalanan pergi.


Hasil dari Jakarta yang kami dapat, makan di Pecenongan yang mahal, ngeliat Monas, ngeliat Istana Merdeka, nyicipin Starbucks dan ngerasain macetnya ibukota *baru pertama kali ke Jakarta*.

---

Di Bandar Lampung, juga pertama kali piknik sama keluarga (Mami, Babeh, Aul) Asty. Di Tabek Gadang nama tempatnya. Saat ulang tahun Babeh juga diajak makan enak, nyeemm.. Next time biar saya yang traktir ya beh *menantu kurang duit ajar*.

---

Tahun ini gue beranikan diri untuk pindah operator Tr* ke Mentar* dengan alasan hemat untuk modem. Ternyata....... Memuaskan banget si kuning matahari ini. Cepeeetttt.

---

Langkah terbesar dalam teknologi yang gue pilih tahun ini yaitu, pake hape HTC. Setelah nyaman selama hampir 6 tahun menggunakan Sony Ericsson, akhirnya HTC menjadi pilihan saya karena Sony tanpa Ericsson bukan Sony Ericsson :'(


Kenapa HTC bukan merk lain? Karena HTC ada HTC Sense. Cita-cita 2 tahun lalu pengen ngicipin ini HTC Sense. Dan akhirnya, netapin hati buat beli HTC One V.


Kenapa hape ini? Sebenarnya waktu beli Xperia Mini Pro dulu, kepengen hape ini juga. Tapi karena jari gede semua, gue merasa ga bisa buat operasi hape full touch. Sekarang, karena ga ada hape touch+keyboard, berati guenya harus adaptasi buat perkembangan jaman.

Ini hape pertama yang gue beli online. Karena di Pekanbaru udah ga ada stock lagi buat hape ini, discontinue istilahnya. Body full metal, ada lekukan di bawah body hape, cukup tipis dan elegan banget-lah yang bikin gue jatuh hati sama hape ini walaupun udah discontinue.

---

Tahun ini gue mengakuisisi 2 kamera, yaitu :


Yashica Lynx 14. Sebenarnya ini kamera ga beli, tapi barter dengan bang Ogi. Dengan modal roll film 120 dapatlah si kamera gaban ini. Ini rangefinder pertama juga loh! Belum merasa cocok pake-nya hingga hari ini T.T


Rollei 35 LED. Ini juga warisan dari tangan bang Ogi. Kamera ini gak barter, tapi beli dengan harga yang sangat miring sekali. Mengingat coating lensanya udah rontok semua. Tapi cukup layak lah buat dikoleksi. Belum ada hasil, jadi ga bisa cerita banyak T.T

---

Tahun ini, gue diajakin teman buat bikin startup di bidang teknologi (multimedia). Namanya Sikukumi dengan fokus untuk promosi dibidang multimedia, seperti promotional video, profile website, photo, animasi dan lainnya. Kali pertama juga diajak kerjasama beginian.



Secara resmi sih gue Web & UI (User Interface) Designer. Tapi secara ga resmi, bertanggung jawab atas photography, videography, layout dan typography. Lumayan banyak sih, tapi fakta dalam lapangan sedikit. Karena order kerjaannya juga dikit *double halah*.

---

Oiya, karena kerjaan ini juga, gue udah netapin hati untuk jadi web designer (PHP, ASP.NET & JSP) ketimbang programmer (desktop or android). Ga karena kerjaan ini juga sih, tapi juga judul PA yang sesuatu banget itu.

Secara pribadi, bikin website itu menyenangkan daripada bikin aplikasi lainnya. Karena resource yang tersedia itu...... banyak sekali. Spesialnya, bikin website itu bisa diakses pake perangkat apa saja. Spesialnya yang kedua, I feel live while creating website walaupun hasilnya ga bagus-bagus amat. Hahaha.

---

Dengan uang beasiswa juga akhirnya bisa buat ongkir dari US ke Indonesia untuk barang-barang yang udah gue beli pada tahun 2012 - 2013. Ongkirnya sejuta dengan berat barang 3 kg *nangis meronta-ronta*

Barang-barang yang datang merupakan lensa dan aksesoris kamera kesayangan Yashica FX3 Super dari Babeh Asty. Selain itu, ada juga beberapa barang untuk dijual lagi.


Lensa : Yashica DSB 50 1.9 - YUS (Yashica US) 135 2.8 - Soligor C/D 28 2.8.


Accesories : YUS 2.0x Tele Converter - Tamron Adaptal C/Y Mount - Yashica Angle Finder - Yashica FX Winder

---

Sebelum terakhir, akhirnya kesampean juga punya backpack untuk kamera dengan harga terjangkau. Hugger Half a Hogg. Huraaay!


Sebelumnya udah punya tas kamera sih, selempang, dengan merk yang sama juga yaitu Hugger Photo Booth. Tapi merasa terlalu sesak didalamnya, dan ga nyaman untuk bawa-bawa aksesoris kamera (seperti filter) di tasnya. 

---

Terakhir, tahun ini juga merupakan tahun cuci film BW (Black and White) perdana seumur hidup. Film Shanghai Pan 100 dan kamera Minolta Autocord. Karena hasil pertama, jadi bagus-bagus aja gitu.



---

Turut berbelasungkawa atas banyaknya kejadian / musibah yang menimpa Indonesia tahun 2014 ini, khususnya pada akhir tahun seperti banjir di beberapa kota dan hilangnya Air Asia tanggal 28 Desember 2014 kemarin. Semoga musibah ini memberikan kita pelajaran yang berharga untuk kita semua. Aamiin.

---

TENGTONG! Akhirnya sampai juga pada akhir posting. Maaf ya kalo panjang banget, karena namanya juga kaleidoskop ya. Terima kasih bagi anda-anda yang membaca hingga paragraf ini atau langsung lompat ke paragraf ini. YOU ROKS!

Ini posting kebutan akhir tahun ala mahasiswa. Dikejar deadline.

Semoga tahun 2015 bisa lebih baik lagi, aamiin!

10 comments:

papillonique said...

Wajajaja
Berasa baca nopel heripoter sampe tamat yg dirangkum didalam kertas contekan UN buat diselipin di beha :v

Btw, ke Jakartanya.. Kecepetan!
Eniweeyyyy, Smoga tahun depan dan seterusnya menjadi tahunmu ya beybehh... Lancar TA, lancar sama "list" cita-citanya, aamiin!

*kecup basyah*

Andie said...

wkkwkwkw
makanya ini rangkuman setahun dalam 1 posting..

aamiinn makasi ya do'anya mekong.. semoga kita semua lancar semua urusannya yah! cihuuui!

miwwa said...

Hello you twoooo!!
Wuih akhirnya ada postingan baru. Wuih postingannya panjang banget. Wuih gak kerasa kalian uda 3 tahun aja? Wuih dan si andie udah selesai magang dan lagi TA???
Wuihhh aku ngerasa tuaaaaa!!!!!
Kok cepat amat yak waktu berlalu huhuhu aku ingin kembali seperti yg duluuuuu
imut dan cute dan selalu lucuuuu..

Ninda said...

andie juga sekarang tembem mrip cak lontong :P :P
hahah iya ya template kakak berantakan
diapain yaa?

Ferfau said...

Haiii, makin kece aja nih, ndie.
CV-nya menarik banget utk dibaca.
Inspiratif buat pasangan LDR di luar sana kalau baca blogmu ini. #eeeaa
Good luck 2015!

Andie said...

@ Miwwwa
aku geli denger dirimu imut T.T *gebrak meja!*

@ Ninda
Kena harus cak lontong modelnya *sedih*
tinggal dirapihin kak itu widgetnya yg berantakan di bagian bawah

@ Ferfau
itu CV atau Resume sih ya? aku ga tau bedanya wwkwkwk
gud lak juga buat 2015 bang!

miwwa said...

Widget aku dirapihin juga dong bang.. sekalian bikinin header.. template lengkapnya boleh juga kalo sekalian kalo sempat..
*sogok #kopimahal*

Cumilebay MazToro said...

Selamat tahun baru 2015 semoga siraman air raksa nya meninggalkan bekas yaaa #piss hahaha

Anazkia Aja said...

Hohmaigod!
Panjangnyo tulisan dia
Ahahahaha...

Ini kamu di Pekanbaru?
Jadi volunteer Blogger Hibah Buku, yuk? :)

IjoPunkJutee said...

Wuih, Andy buy tank sudah gede sekarang, sudah berani pacaran! :))))