June 27, 2013

Kawin Silang

Setelah hampir setengah tahun, tanpa si D90, akhirnya kesampaian juga beli Adapter C/Y (Contax/Yashica) Mount to Nikon AI Body.

Kenapa ga beli lensa Nikon aja?

Nah, permasalahannya adalah, sekarang ini gue lagi 'menyelam' kedalam fotografi film. Nah, berhubung diantara semua kamera film gue yang lensanya bisa dicopot cuma si Yashica FX3 Super, dan lensanya ada 6 biji, nah mending lensa Yashica ini aja yang gue berdayain bisa nancep ke D90! *otak ga mau keluar duit banyak*

Jadi, selain bisa explore lensa Yashica ini pake film, gue juga bisa pake lensa ini ke D90 minimal buat poto dagangan lah




Itu dia hasil kawin silangnya.

Jadi kesan dan pesan kawin silang ini apa dong?

Jadi lensa yang gue pake buat test adalah Yashica ML 50mm 1.9 (c). Lensa yang katanya 1 pabrikan sama Carl Zeiss cuma versi hemat. Kode (c) tandanya lensa baru, dibuat oleh Cosina (OEM).

Berhubung baru kali ini pake lensa manual, yang sebelumnya AF (Auto Focus) dan VR (Vibration Reduction), jadi pertama kali motret tangannya tremor haha.. tapi gapapa, cepat menyesuaikan karna sering pake SLR Analog..

Hasilnya tajam, walaupun pake correction lens, yang katanya bikin ga tajam foto.




Foto diatas, bukaan 5.6 dengan speed 1/60, ISO 200 dan WB kayaknya Auto. Thanks banget buat cheap lightmeter app ini > Light Meter Tools (Trial) lumayan bisa trial 60 hari

Suka banget karakteristik contrast lensa ini.



Foto diatas, bukaan 1.9 dengan speed 1/50, ISO 2500. Tajem!


Foto diatas, bukaan 2.8 dengan speed 1/6, ISO tetep di 2500. Kurang tau deh ini jenis bokeh-nya apaan. Ga ngurus hahaha.

Yasudah, semoga bermanfaat buat yang mau nyoba-nyoba explore lensa manual di DSLR.. Atau juga yang mau tau hasil pake adapter + correction lens-nya.. cihuuy!

6 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. asal mana ne mas,,
    mantap info nya,,
    saya juga penyuka fotografi, tapi asal saya magetan jawa timur,,
    salam kenal mas (Agen IBCBET)

    ReplyDelete
  3. suka foto juga ya?
    bagus-bagus ko hasilnya :)

    ReplyDelete
  4. Denny blogspotassalamualaikum, marhaban ya ramadhan, senyum sapa dari saya denny aby untuk para sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini....visit balik ya sob..

    ReplyDelete