October 24, 2017

Kunci di Pagi Hari

Kejadian pagi ini, mengajarkan saya banyak hal. Karena dibalik musibah pasti ada hikmah dibelakangnya. Betul? Betul.

Pelajaran berharga dari sebuah konci. Jeng jeng.

---

Kunci merupakan benda kecil yang kadang kita anggap sepele, tapi kalau hilang bikin pusing dari kepala hingga lutut kaki. Secara ekonomi, kunci ini murah dan biasanya langsung ada duplikatnya. Resep komplit untuk membuat sebuah barang tampak sepele. Bayangin, kunci yang harga duplikatnya lima ribu rupiah ini adalah satu-satunya pertahanan terakhir rumah kita.


Pagi ini, kunci kamar saya rusak. Heboh? Pasti. Lain cerita kalau yang rusak pintu luar. Kita bisa keluar lewat pintu belakang, atau tinggal hancurkan pakai perkakas yang diambil dari kamar gudang. Atau pasti ada aja akalnya.

Bayangin dikamar itu ga ada apa-apa. Tidak ada palu, tidak ada obeng, tidak ada gergaji dan hal pertukangan lainnya. Hal ini yang bikin heboh. Ceritanya kuncinya ini stuck, ga bisa lepas dan ga bisa diputar. Berbagai cara udah saya coba, seperti dipukul, diputer, dijilat, dicelupin. Pengennya bisa kayak Detektip Konon yang bisa buka pintu pakai jarum pentul, tapi apa daya jarum pentul di kamar sebelah.

Jadi kepanikan ini dikarenakan minimnya alat penyiksaan didalam kamar. Bukan, bukan seperti Grey dipilem itu, tapi perkakas dengan daya siksa yang hakiki.

Setelah menyiksa lubang kunci cukup lama namun tidak berhasil juga, muncul ide. Panggil tetangga. Untungnya udah nyimpen nomor hape tetangga sebelah. Jadi misinya membuka pintu kamar dengan memberikan kunci rumah dan kunci duplikat kamar melalui jendela kamar. Berharap kamar bisa dibuka dari luar.

Ternyata tetap tidak berhasil juga, dikarenakan kunci dalam kamar masih nyangkut dan tidak bisa dibuka dari luar. Tetangga udah ancang-ancang mau ngehancurin pintu kamar dengan obeng. Niatnya baik, namun dengan kerendahan hati yang paling rendah, saya meminta untuk diambilkan palu.

Dengan ilmu anak SD, kemampuan tukang dan kekuatan reflek panik dari sum-sum tulang belakang, akhirnya saya mengingat ilmu "Pesawat Sederhana" yang sering saya baca pada buku RPUL. Tuas! Dengan tenaga yang minim, dapat tenaga tambahan yang disebut keuntungan mekanik halah. Yaitu dengan cara menggunakan gigi palu (bagian belakang palu) untuk memutar kunci.

Alhamdulillah kebuka, namun kunci tetap tidak bisa dilepas. Sepertinya emang harus beli kunci pintu yang baru dan agak mahal.

Bisa aja saya cari-cari ahli kunci dari internet. Tapi, saya agak ragu karena kunci rumah + alamat rumah merupakan dua hal penting yang diperlukan untuk membuka pintu rumah saya. Kalau cuma tau kunci dan tidak tahu alamat rumah tidak ada masalah, begitu juga dengan tidak ada kunci dan tau alamat rumah. Lain hal kalau tau kuncinya dan tau alamat, bisa bisa rumah dibuka oleh orang yang tidak diundang. Jadi hati-hati ya kalau mau manggil ahli kunci ke rumah.

---

Bayangin, dari sebuah kasus konci saya dapat beberapa hikmah dibelakangnya. 

Sudah banyak banget hadist tentang berbuat baik kepada tetangga, hal ini dikarenakan ketika kita susah, tetangga lah yang langsung membantu kita. Bukan orang lain. Contoh adab-adab dalam bertetangga bisa baca lebih lengkap disini atau ini. Selalu berbuat baik karena kita tidak tau kapan terjadi musibah ke kita. Kalau kita tau, bolehlah kapan-kapan kita baiknya halah. 

Sudah minta nomor telepon tetangga belum?

Pelajaran selanjutnya, belilah kunci rumah yang agak mahalan dikit. Ingat, if you buy cheap, you pay twice. Belilah dengan harga dan kualitas yang seimbang. Ingat lagi, kunci pintu itu merupakan pertahanan terakhir rumah kita walaupun ada grendel pintu dan lainnya. Kunci itu ibarat filem Heri Porter, seperti guardian yang keluar dengan spell "Piertotum Locomotor" *sambil mencontohkan gerakannya*.


Kemudian, selalu sediakan palu dalam kamar, lumayan untuk menghancurkan dan mendapatkan keuntungan mekanik halah.

Sekian dari saya, terima kunci pintu baru yang mahalan dikit.

60 comments:

  1. wkwkwk karena beli kunci rumah yang murahan dikit malah jadi ngerepotin si empunya rumah.. aduh ada ada aja mas andyini.. Lain kali kalau susah dicabut coba pake obeng aja mas andy wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, obeng, ojek bengkolan....

      Delete
    2. percuma pake obeng, udah coba ga bisa ngapa-ngapain. Hidup palu!

      Delete
    3. Ditinggal bentar langsung rame blog kang andy ahahaa

      Delete
  2. Bicara soal kunci rusak, saya juga pernah ngalamin mang.. solusinya pake jurus Tarzan alias teriak sekencang-kencangnya biar orang pada denger kalau saya terkurung di kamar, wkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah saya belum pernah, karena memang kamar saya tidak ada pintunya, alias hanya berkorden saja.

      Delete
    2. sambil siapin makanan aja kang
      sapa tau agak lama orang pada dengernya hehehehe

      Delete
    3. Wah kuncinya belum ada yang baru nih,... :D
      Ayo move on :D

      Delete
    4. Ayo move on dari kunci yang rusak yaa wkwkkwkw

      Delete
  3. Kalau bahasa kampung saya, duit itu tidak menipu. Harga mahal umumnya kualitas juga ok punya. Musibah bisa menjadi bahan cerita ya? Yang penting di kamar jangan sedia golok, takut nanti untuk bunuh diri saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunuh diri ga pake golok juga kali bang bumi T.T

      Delete
    2. Pake tali rapia aja ya bang wkkwkwk

      Delete
  4. kalo rumahku si gampang, kalo kuncinya macet bisa lewat atas karna gak ada plaponya, lompat-lompat ala spiderman:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus sedia double tape buat manjat berati ya hahaha

      Delete
    2. Lompat ala ala the flash ahahahha

      Delete
  5. Makanya,, belajar ilmu pertukangan,, kamu gak setrong sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. akibat ga baca detail ini mah haha

      Delete
  6. Ambil hikmahnya; sudah ngaSih rejeKi tMbahan ke penjual kunci.. sekarang baru kan kunciny?😀

    ReplyDelete
  7. Bisa - bisanya yah kekunci sampai kayak gitu, gak habis pikir hahah, tapi yah syukur sih yah bisa kebuka, mungkin perlu beli kunci yang emang rada mahalan dikit,, atau pake kunci dengan sistem berpassword atau sidik jari kayak di film2 gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemahalan buat rumah kontrakan wahahahaha

      Delete
  8. Aku juga pernah ngalamin, pintu kamar macet
    tapi enggak terkurung didalem.. mau masuk enggak bisa masuk
    hikmahnya baek2 sama tetangga, apa lagi tetangga nya tukang kunci

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu pasti ada aja akal buat bisa masuk

      Delete
  9. Jangan sampe deh terkunci di dalam kamar atau ruang manapun di dalam rumah
    bukan nggk baik dengan tetangga, tp nggak enak sama tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau ga mau mbak, daripada terkurung terus T.T

      Delete
  10. suka ngeri kalo liat kunci tanpa gantungan, gampang ilang soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gantungan kunci dilepas mbak, diambil tetangga buat buka dari luar T.T

      Delete
  11. ada nomornya cuman hapenya di cash di kamar temennn akhh, dan teman sedang diluar karena kesibukan, dengan rumah yang tidak ada jendela, hanya berbentuk kotak saja dengan pintu :( , apaa yang harus dilakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kasus yang sangat kompleks bang Andri, mungkin bisa angsur-angsur bobol dinding pake kuku dulu sementara mungkin bang?

      Delete
  12. Yup berhubungan baik dg tetangga emang wajib ya hukumnya, duh itu masalah perkoncian emang rada bikin keki, punyaku yang udah lamaan dikit kudu diputer berulang kali tuh iar gembokjnya nyampe kebuka, kadang ampe bingung diliatin orang, buka pager ndiri ga bisa2 wkkk

    ReplyDelete
  13. kenapa hanya sebuah palu yang harus tersedia dikamar, kalau saya menyiapkan pestol yang bisa multi fungsi, ketika konci macet, tak tembak saja lobang kunci tersebut hancur kan.....dilain waktu pestolku bisa digunakan untuk kebutuhan bathinku...gituh kalau saya mah mang....#ehh

    ReplyDelete
  14. Banyak hikmah yang bisa aku ambil dari tulisanmu yang ini ndi. Luar biasa! Hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa diaplikasikan ketika berkeluarga nanti bay hahaha

      Delete
  15. Pada akhirnya yang menolong kita itu orang yang berada di sekitar kita, betul?

    Gatau hehe.

    ReplyDelete
  16. bener itu if you buy something cheap you pay twice. paling sering pas beli lampu. umurnya pendek, jadi bolak-balik beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualitas berbanding lurus dengan harga hiks

      Delete
  17. kalau jaman sekarang enak ya kekunci dalam kamar ada henpon, bisa kabarin orang. Dulu waktu belum jaman henpon saya pernah kekunci dalam kamar mandi yang ada di dalam kamar. cuma bisa pasrah wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada orang yang nyariin yah :))

      Delete
  18. jadi inget lirik lagu Ebiet G Ade
    "masih mungkinkah pintu-Mu kubuka dengan kunci yang pernah kupatahkan"

    ReplyDelete
  19. Kunci & tetangga, dua hal yg sering diremehkan namun fungsi dan manfaatnya baru dirasakan ketika "kunci itu hilang/rusak" dan "tetangga itu membantu ketika kondisi terdesak/musibah" ....bener kata mas Andie, berbuat "ihsan" pd tetangga maka kebaikannya akan kembali kpd kita sendiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali bang Nedi, saya baru nyadar baru-baru ini juga bang

      Delete
  20. dari hal sederhana seperti kunci saja udah dapat banyak pelajaran, belilah sesuatu yang berkualitas, jangan cari murahnya. terus berbaiklah pada tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa merujuk ke artikel saya: Cerdas Cermat :))

      Delete
  21. if you buy cheap, you pay twice,
    betul2..
    emak2 suka gini nih yg penting murah kualitas belakangan ujung2nya ngomel..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga cuma emak-emak, kadang bapak-bapak juga begitu :))

      Delete
  22. Hahahha
    Awesome words
    Ternyata kunci sedemikian besar dan dahsyat ya urgensinya bagi kita semuaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang AuL, kalo jaman SMA dulu kalo dah dikerjain kunci ilang udah deh, bad mood all day hahaha

      Delete
  23. mungkin karena si kunci masih kangen, jadi gamau di lepas hahaha

    ReplyDelete
  24. Ngunci kamarnya pakai nomor PIN saja, Gan. Kalau nggak pakai pola. 😂✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai pola puter-puter lobang kunci ya bang wkwkwk

      Delete
  25. salah fokus sama gif yang bikin rindu harry potter dan masa muda

    ReplyDelete