October 16, 2017

Hampir 1 Dekade

Saya mulai ngeblog tahun 2008, ketika orang tua saya memutuskan untuk berlangganan paket internet. Sebelumnya saya nongkrong di warnet menghias halaman friendster saya dan chating mIRC.

Sejak saat itu, saya masih melakukan hal yang sama, menghias halaman friendster dan chatting mIRC. Tapi kan ga mungkin terus-terus melakukan hal tersebut. Jadi dengan akal ingin mendapatkan duit, pengen jadi penulis seperti Raditya Dika (pada jaman itu ya, sekarang udah ngga), tenar di dunia maya, dan follower twitter makin banyak, saya akhirnya membuat blog.

Judulnya: anything.is.possible. Terinspirasi dari iklan caco-calo jaman itu.
Sayangnya, posting-posting awal saya hapus dengan kejeniusan yang tidak pada tempatnya, padahal bisa di-draft-in.

---


Dulu saya ga mikir bisa cerita pengalaman atau pandangan pribadi disini. Dulu saya berfikiran, kalau blog saya mau sebagai rujukan ilmu bagi kaum-kaum teknorat. Saya isi aja blog saya dengan hal-hal bermanfaat tapi copas dari majalah halah.

Ketika duit jajan udah abis buat beli majalah, saya bingung mau tulis apa.

Sejak itu saya do anything untuk nulis. Mau penting, mau ga penting, mau bermanfaat, mau bubur ayam, mau mie ayam, saya mau semuanya. Eh. Saya mau tulis semuanya.

Lalu Tahun 2009, saya memikirkan komunitas untuk sharing cara dapetin duit dengan blog dan akhirnya ketemu Bertuah yang saat ini domainnya udah dijajah negeri adikuasa. Disana saya belajar, nyari duit dengan blog itu tidak sesuai dengan idealis blog saya. Iklan sana sini, load-nya berat, ganggu kenyamanan dan lainnya.

Saya lebih suka mencari traffic. Apalagi ada temannya, si Bayu, teman 1 kelas waktu SMA. Menghalalkan segala cara seperti nulis sehari tiga kali, blogwalking, tukeran link, promosi dari mulut-ke-telinga teman sekolah, letak di media sosial dan lainnya hanya untuk mencari pageview, alexa rank, google page rank dan lainnya. 

Dulu di Bertuah, ada peringkat blogger berdasarkan pageview-nya. Nah, yang diperebutkan adalah peringkat 1 yang tidak pernah menjadi milik kami berdua.

Btw, saya sangat menyayangkan fitur ini hilang. Padahal bagus untuk menyemangati blogger-blogger untuk tetap menulis dan blogwalking.

---

Untuk hosting, saya udah coba wordpress gratis, wordpress berbayar, tumblr, posterous, dan lainnya. Tapi selalu balik ke blogspot lagi, dan selalu nyaman untuk nulis disini. 

Selain blog pribadi, saya juga tertarik dunia fotografi dengan project Pekanbaru Daily Photo. Beberapa kali wawancara di media cetak. Tapi tetap tidak bisa menahan gejolak malas saya, dan akhirnya tiada. Sempat beberapa kali mencoba menghidupkan blog tersebut, tapi tetap saja, malasnya hakiki.

---

Sekarang, saya lebih menikmati apa yang saya tulis. Beberapa paid posting boleh lah, kalau ada. Tidak begitu peduli dengan pageview dan rank, dan lebih mementingkan konten, lebih mementingkan bahasa dan tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pageview

Sebenarnya saya ngeblog buat melatih kemampuan menulis, menajamkan otak kanan yang udah tumpul dijejelin kerjaan kantor serta sebagai pengingat saya.

Di post saya kemarin, Mang Lembu komentar bahwa tidak ada tombol share di blog saya. Disini saya jawab, bahwa sebenernya saya itu malu kalau tulisan saya dibaca sama orang-orang disekitar saya, apalagi orang tua dan kakak sendiri. Ketahuan nanti pemikiran atau tulisan saya yang aneh ini. 

Semoga dengan umur blog yang hampir 1 dekade ini, tulisan-tulisan saya bisa lebih mencerahkan. *naikin contrast*

Sekian dari saya, terima libur dihari kerja.

35 comments:

  1. Bertuah itu apa Gan? Kok baru dengar. Apa komunitas blogger Pekanbaru itu? Dan kenapa domainnya dijajah Amerika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa klik link Bertuah yang diatas kak Arizuna

      Delete
  2. Udah hampir 1 dekade!!! Selamat ya, Mas. Aku baru mulai serius ngeblog 2 tahun. Tapi baru-baru ini sadar pentingnya tukeran link demi PA dan DA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah bukan jamanya tukar-tukaran link, tapi lebih ke share-sharan atau like.

      Delete
    2. saya baru tau DA dan PA blog saya, ternyata lumayan ya padahal ga pernah diapa-apain T.T

      Delete
  3. Waah ada link aku :D
    Nggak terasa udah hampir 1 dasawarsa ya?

    Yang paling seru dulu spammer unite nyerang postingan blog baru, terus komennya sampai 100-an :))

    Trus rajin blogwalking kesana-kemari supaya dapat banyak traffic. Alexa udah tembus di bawah 2 juta dan udah dapat pagerank 2. Peringkat blogger bertuah kita nggak paling tinggi seingat aku nyampai page one, tapi paling bawah hahaha :))

    Semangat nulisnya bos. Kalau perlu, hidupin lagi makanan of the week :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, spammer unite kita mana dulu ya wkwkwkw.. dah pada pensiun blogging kayaknya..

      nanti makanan of the week dibuat dengan format berbeda bay hahaha

      Delete
  4. Waaah udah hampir 1 dekade ya mas Andie....berarti udah banyak makan "asam garam" ama rendang dunia blogger...mantap masih kokoh utk eksis berbagi pengalaman..siip

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur blognya aja yang tua mas, artikelnya cuma 250an doang, ga produktip hahaha

      Delete
  5. Salaaaaam bang, kalo aku dari Palanta, sumatera barat (Palanta.org)

    Dan alhamdulillah domainnya sempat diperpanjang sebelum dijajah amerika hihihi

    Samaan nih, blog aku juga dari 2008
    Toss!* #BloggerLama #BloggerTua #hikshiks

    Jujur sih bang, emang blogosphere jaman now udah agak beda dibanding zaman dulu ya. Sekarang dunia maya fokus ke instagram dan youtube. Blogger banyak yang pada pindah rumah

    Tinggallah kita para blogegr luar biasa yang tetap bertahan melawan arus zaman eaa eaaa eaa

    tapi alhamdulillah sih, blogger makin dikit, rezeki jadi makin banyak hahahahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam dari daerah tetangga sumbar!

      bener-bener, sekarang emang fokusnya di youtube dan instagram.. apalagi instagram lebih simpel dan duitnya lebih banyak wkwkwk

      Delete
  6. mulai ngeblog sejak 2005 deh cuma ya gitu pindah2 dari blog frenster, multiply yg jadul2 dan banyak yg udah gak ada gitu deh dgn isi yang semuanya gapenting
    iyalah gapenting siapa eyke juga :p
    yg bertahan sampek sekarang listeninda.com itu keknya bikin mulai 2009 deh *lupa haha lihat arsip dulu kali ya

    ReplyDelete
  7. Blog jejak maya baru berusia satu tahun alhamdulillah walau postingan seadanya dengan pasang surutnya pembaca enjoy sajalah
    entah sampai kapan

    ReplyDelete
  8. Saya juga nggak begitu peduli lagi sama jumlah pengunjung. Ada tawaran kerja sama di blog syukur, nggak ya santai aja. Rezeki udah diatur juga. Yang penting mah bisa tetap menyalurkan hobi menulis dan berbagi cerita sudah bikin bahagia.

    Gokil banget udah mau satu dekade. Selamat! Blog saya setengahnya nggak ada palingan. Baru mulai akhir 2012, sih. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bang, yang penting otak tetap terasah kalo saya mah hahaha

      Delete
  9. Sudah lama juga mas, saya dulu sempat bikin bloh tahun 2008. tapi biasalah lupa email dll ahhahaha. Ini blog juga baru beberapa tahun; yang penting asal nulis :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu bikin blog di Google, pakai email yahoo lho mas hahaha

      Delete
  10. wah, blogger senior nih. kalau saya sekarang lagi pengen belajar bikin konten yang bagus juga tapi tetap berasa personal tulisannya

    ReplyDelete
  11. Saya kenal blog 2010, terus cuma di isi hal-hal nggak penting juga. Ya tau sendiri lah, jaman itu masih SMA. Isinya cuma foto-foto sama anak 1 kelas doang.

    Ternyata sama mas, saya juga malu kalau ada anggota keluarga atau orang dekat yang mbaca tulisan di blog saya XD

    ReplyDelete
  12. waw..pemain lama rupanya ya..
    blognya masih ada ga mas yang 2008 itu?
    kalo saya masih balita mas..mulai ngeblog 2013
    saya juga masih belajar nulis nih..
    dan skrg motivasinya masih ke trafik sih hehe..(makanya sering mampir blog orang biar pada mampir balik)..
    ya sambil perbaikin konten..

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog jadul sudah tutup karena kalah sama blogspot dan wordpress.

      Delete
    2. ya ini mas blog dari 2008 yang selalu saya tulis hahaha

      Delete
  13. Dulu sewaktu blog itu awal populer, memang gila-gilaan. Tampilannya semrawut dan norak banget, tukai link dan gambar, kayaknya harus menjadi kewajiban. Itu dulu..tapi kini blog lebih memprioritaskan kenyamanan dan tampilan yang simple.
    Saya nulis juga asal nulis, tidak ada embel-embelnya.
    Dan saya sendiri kadang merasa kesulitan juga jika membaca ulang artikel yang pernah saya buar, ada rasa malu gimana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul! segala jenis widget diletak blog.. makanya saya hapus postingan awal2 saya dulu karena malu wkwkwkwk.. tapii sekarang nyesel, harusnya bisa di draft T.T

      Delete
  14. Uwaaaaaaw selamat ngeblog menjelang sedekadeeeee 🙌🙌🙌
    Ditunggu giveawaynya yaaaa 😁😁😁

    Aku kayaknya masih 7 tahunan deh ngeblognya

    Btw, aku dulu juga gitu sih, nggak ngeshare tulisan blog ke medsos, karena bagiku itu privasi. Cukuplah orang2 maya yang tau tulisanku. Jangan sampai orang2 dunia nyata tau, hehe. Maklum, aku orangnya introvert

    Kemudian semua berubah ketika negara api menyerang, ketika aku ikutan lomba dan harus share2 ke medsos
    Sejak itulah aku gaungkan blogku ke seluruh dunia
    Heeheheee

    Memang pada dasarnya tiap orang punya prinsipnya masing2 sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarnag emang tuntutan jaman untuk ngeshare blog ke medsos mbak haha

      Delete
  15. Jujur saja, tulisan seperti nikmat banget dibacanya, orang ngerti maksud dan tujuannya,, dulu pas pertama kali ngeblog saya itu masih bimbang,, sampai bahas2 tips cinta padahal pacar aja kagak punya, lagu2 an bahas tips cinta,, akhirnya cuma jadi bahan olok2an teman, meskipun page viewsnya perhari bisa mencapai 5ribuan lebih, tapi rasanya saya merasa kurang pantess.. hahaha, namun setelah beerapa tahun berlalu sepertinya saya jadi mulai paham arah mana yang harus saya tuju.... :D

    ReplyDelete
  16. Perjalanan ngeblog nya cukup lama juga ya. Rame disini banyak yg komen, kayaknya besok2 saya bakal balik ikut nimbrung lagi di kolom komentar blog ini. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogwalking mas, bukan hadir dengan sendirinya hahaha

      Delete
  17. Wow, selamat ulang tahun blognya mas andi, maafkan mas andi kalo sering keluar-masuk (login-logout) dan semoga blog ini tetap fresh tidak dihinggapi sarang laba-laba.

    Untuk mas andi, semangka!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas alien! aamiin makasi doa'anyaa

      Delete
  18. Selamat ulangtahun blog mas Andi semoga panjang umur blognya dan sukses selalu

    ReplyDelete
  19. wkwkwk saya salah leave comment dibaca ga nyambung ya mas andy wkwkwk.. sorry lagi cepet2 kemarin... btw semoga terus menerus menulis ya mas andy dan semoga jangan backstreet lagi mas Anndy dari adik dan kaka hahaaa

    ReplyDelete