June 12, 2017

Ringkasan Kuliah Selama 4 Tahun

Setelah tamat SMA dengan nilai pas-pasan, pengen banget masuk kuliah jurusan komputer-komputeran atau desain-desainan. Maksud hati ingin ke Binus ambil Desain Komunikasi Visual (DKV), apa daya duit semesterannya bisa dipakai buat kontrakan rumah gedongan setahun. Diskusi ini itu sama orang tua, akhirnya dibolehin untuk coba Ilmu Komputer di USU lewat jalur SNMPTN. Mengingat kemampuan IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Pengetahuan Umum (elah bilang aja semua mata pelajaran) yang pas-pasan, sayapun tidak lulus. 

Sayanya ga sedih, karena sebelum tes SNMPTN udah lulus duluan di Politeknik Caltex Riau (PCR) jurusan Teknik Informatika. 

---

Kecintaan saya terhadap komputer berimbas kepada tingginya nilai komputer saya di SMA serta rendahnya harga terong di pasar hampir semua mata pelajaran saya di SMA. I'm not good at menghapal-things dan hampir semua pelajaran dulu ya menghapal. Minimal ya ngehapal rumus keriting fisika atau menghapal itu bu guru bisa buat nyontek atau ngga.

---

Jarak dari rumah ke kampus itu kira-kira 15 km, ditempuh pakai motor Mio kira-kira 25 menitan. Masuk kampus jam 7 pagi, jadi dari rumah jam 6.25 pagi. So I feel like back to high school. Itu kalau telat ga boleh masuk kuliah, plus 2 jam diganti dengan pengabdian di kampus (seperti bersihin halaman, bersihin lab, atau bersihin hati dari kemungkaran tsah).

Jadi konsep saya di SMA itu dulu, "Besok Ujian, Hari ini Belajarnya".

Ketika kuliah saya ubah jadi, "Besok Ujian,  Satu Semester Belajarnya". 

Alhamdulillah, kehidupan kuliah lurus-lurus aja walaupun kurang tidur ngerjain laporan dan tugas yang kadang.... bikin kita mikir, itu dosen, ga mikir? Atau emang ga punya hati? *curahan hati mahasiswa teknik* *semoga ga dibaca dosen* *eh kan udah lulus*

---

10 Bulan sebelum lulus kuliah, alhamdulillah saya ditawarin kerjaan full-time di salah satu instansi pemerintahan. Sesuai bidang yang saya sukai, koding-kodingan. Soalnya beberapa tahun belakang ini Pemerintah lagi giat-giatnya e-government, cuma belum ada tenaga teknisnya.

Jadi sebelum kerja, saya termasuk mahasiswa yang paling awal sidang proposal diantara yang lain. Tapi setelah kerja, saya jadi mahasiswa paling akhir ujian skripsi, yang mana kalau itu ujian saya gagal dan mau mengulang, harus wisuda di tahun depan.

Alhamdulillah lagi, lulus dengan nilai yang baik dengan tepat waktu. 

---

Belum sah kalau belum ada poto wisuda, nih.


Hasil kuliah 4 Tahun dalam 1 post 1 poto, walaupun agak kepanjangan.

No comments: