March 26, 2009

Indonesia Raya

Indonesia Raya
Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku.
Disanalah aku berdiri, Jadi pandu ibuku.
Indonesia kebangsaanku, Bangsa dan Tanah Airku.
Marilah kita berseru "Indonesia bersatu!"

Hiduplah tanahku, Hiduplah negriku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya.
Bangunlah jiwanya, Bangunlah badannya.
Untuk Indonesia Raya.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Tanahku, negriku yang kucinta.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Tanahku, negriku yang kucinta.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya.
Yup. Indonesia Raya. Lagu kebangsaan Indonesia. Gue pernah nonton di satsiun TV swasta tentang caleg-caleg gituh. Maklum sekarang ge musim caleg-caleg nongol di TV. ckckck. terus disitu ada Sujiwo Tejo. Seniman Indonesia dalam perwayangan. dia pernah bilang ke caleg kayak gini...
"di lirik lagu Indonesia Raya, Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku. Disanalah aku berdiri, Jadi pandu ibuku. nah. di lirik itu. ada kata disana. Bukankah lebih baek kalo disini. Kita kan di Indonesia,, kok bilang disana..? disana mana..? Jadi cocoknya lagu Indonesia Raya ini hanya untuk TKI atao TKW saja ya.? Gimana menurut anda?"
Gue lupa calegnya bilang apa. Yang penting jawabannya itu  ga penting. Terus pertanyaan kedua...
"Di lirik lagu Indonesia Raya, Hiduplah tanahku, Hiduplah negriku, Bangsaku, Rakyatku, semuanya. Di lirik itu ada kata hiduplah Rakyatku. Jadi untuk siapa lagu ini.? saya pikir lagu ini hanya buat penguasa aja. mana mungkin tukang bakso bilang hiduplah rakyatku.? rakyat yang mana.? bagaimana menurut anda.?"
Setelah gue pikir-pikir bener juga tuh kata-kata si Tejo (bukan lagu Jamrud. kalo itu mah yang laen lagi). 

No comments: