December 21, 2008

JAMBE

Berbunyian perkusi punyaperanan penting dalam sebuah ensembel musik. Pletak, jendung, pletak, jendung, kira-kira seperti itulah bunyinya. Salah satu alat tradisonal yang sering digunakan sebagai musisi sebagai penghasil bunyian perkusi adalah ‘Jimbe’. Biasanya Jimbe terbuat dari bahan kayu beresonasi yang bagian atasnya dilapisi dengan membran yang berasal dari kulit lembu. Tapi ada juga perkusian ini terbuat bukan dari bahan biasa. Dan karna sampe saat ini belum ada namanya, kami namain ini barang dengan nama ‘Jambe’.

Tanpa ada kulit lembu dan bahkan sama sekali tanpa berbahan kayu, ini adalah alat musik dengan disain futuristik yang terbuat dari galon air mineral. Mengerikan!! Sound low, high, and middle yang dihasilkan sangatlah seimbang. Asal suara dahsyat itu berbeda-beda tergantung dari mana kita mukulnya. Supaya suara semakin nyaring bunyinya, disarankan agar air yang dikandung didalamnya dihabiskan terlebih dahulu. Karna, semakin galon tersebut dipenuhi oleh air, maka suara yang dihasilkan smakin tidak jelas. Satu hal lagi yang pasti, kalo galon tersebut penuh dengan air, ada kemungkinan si player dapat terkena penyakit terun berok, karna terlalu lama menahan beban berat.

Harga barang ini berkisar antara belasan ribu dan masih tetap dapat difungsikan sebagai tempat air mineral sampe kapanpun dan bisa diisi ulang. Jadi jangan ngarep bisa didapetin gratis karna ga ada yang mau buangin galon ini disembarang tempat. Bahan lain yang biasa diperlikan adalah tali rafiah sepanjang kurang lebih 2 meter. Tali ini digunakan untuk mengikat jambe ke perut si player.

Tips

'Alat musik yang satu ini tetep ga ada di toko musikk, karna memang ga perlu ada disitu. Cerdas dikit napa sob.? Sebaiknya cari jambe di sudut-sudut rumah dan warung serba ada. Pinjem atawa beli dah. Sesuaikan dengan kemampuan. Demikianlaaaaaah.... Waaattaaaaaw...!!'



1 comment:

  1. IYah bro klo beda agama dalam muslim tidak boleh,,,,....

    thx sob


    http://yudhim.blogspot.com/

    ReplyDelete