December 18, 2008

The Best Rock Album Ever

Referensi dari Majalah Bolong..

Yap.. yg pertama ada.............

Sgt. Pepper's Lonely Heart Club Band - The Beatles

kalo ada yang ragu-ragu bilang The Beatles itu band rock, maka album ini wajib tuh orang tuh dengerin!! Ini adalah album ke-8 The Beatles yang dirilis label Parlophone pada tahun 1967. Para kritikus nyebut-nyebut album ini sebagai album terbaik sepanjang masa dan punya pengaruh gede terhadap sejarah musik rock dunia. disini, seluruh personel The Beatles keliatan bereksplorasi sangat gila-gilaan. Nuansa pshychedelic kerasa dimana-mana. Gak cukup dengan instrumen konvensinal, mereka juga masukin unsur orkestrasi plus bunyi-bunyian aneh. Sgt. Pepper's Lonely Heart Band, With a Little Help from My Friends, Sgt. Pepper's Lonely Heart Band (reprise), Lucy in the Sky with Diamonds, dan when I'm Sixty-Four adalah lagu-lagu yang bisa dinikmatin. Nah, khusus lagu di trek terakhir,  A Day in the Life, ppengen cerita dikit neh. Lagu ini bisa bikin perasaan dimaen-maenin. Nuansa balada ala John Lennon bisa dirasain di awal lagu. Tapi, pas di tengah lagu tau-tau nuansa berubah jadi ceria. Bagian tengah lagu itu diciptain ma Paul McCartney.  Dan, eksplorasi audio yang luar biasa juga ngasih kejutan-kejutan ajaib buat kuping kita. Lagu ini banyak dinilai para kritikus sebagai lagu terbaik sepanjang masa.

yang kedua ada.................

Exile on Main Street - The Rolling Stones

Rilis pada tahun 1972 di bawah label Atlantik Record, album ini adalah sebuah dobel album. Pas rilis pertama, album ini adem ayem aja. Sebagian kritikus baru nyadar kalo album ini sangat nampol justru selang beberapa tahun album ini dirilis. Lagu-lagu yang ada disini antara lain, Tumbling Dice, Rocks Off, dan Ventilator Blues. Dengerin baik-baik, perhatiin lirik, instrumensasi, dan gaya nyanyi Mick Jagger. Nemuin sesuatu..? So pasti!!

Yang ketigaaaaaa......

The Joshua Tree - U2

Ini album ke-5 yang dirilis dibawah bendera Island Record tahun 1987. Inilah album yang bikin nama U2 makin berkibar!! Denger lagu Where The Street Have No Name, I Still Haven't Found What I'm Looking For, With or Without You, dan Bullet the Blue Sky. Mereka emang paling bisa ngebuat kritikan menjadi sesuatu yang enak buat didenger, yaahaa....

yang keempaaatt..........

Led Zeppelin - Led Zeppelin

Debut pertamanya yang dirilis pada tahun 1969 sama Atlantic Record ini langsung jadi pusat perhatian. Sound yang keras dan menghentak jadi sesuatu yang ga umum di jaman segitu. Makanya, album ini dianggap sebagai sebuah terobosan yang ngebuat nama Led Zeppelin ngelambung tinggi. Lagu-lagu dalam album ini antara lain, Good Time Bad Time, Daze and Confuse, Communication Breakdown, Babe I'm Gonna Leave You, dan Black Mountain Side.

yang kelimaaaaaaaaaa.....

Nevermind - Nirvana

Yeaah.. Album kesayanganku masuk neh.. hehe.. Geffen Record ngerilis album dahsyat ini pada tahun 1991. Album yang kebanyakan dibalut dengan distorsi gitar dan gebukan drum dahsyat ini nongolin lagu Smells Like Teen Spirit sebagai jagoan andalannya. Dan lo pasti tau sendiri galaknya tuh lagu. Nendang!! Lagu keren lainnya di album ini, Come As You Are, Lithium, Polly, dan............. semuanya!! hehehe.

yang keeennnaaaaam........

OK Computer - Radiohead

Ini dia neh masterpiece-nya Raddiohead! Rilis pada tahun 1997, album gila yang penuh nuansa pshychedelic ini bener-bener jenius dah!! Payah ngejelasinnya. Lo musti dengerin ndiri gimana sound efek yang ajaib bakal ngaduk-ngaduk isi kepala kita. Dengerin juga, Paranoid Android, juga tentu aja Karma Police serta  No Suprise yang manis.

yang ketuujuuuuuuuh....

Master of Puppets - Metallica

Inia adalah album terakhir yang direkam sebelum bassist Cliff Burton tewas. Elektra Record ngerilis album ini ditahun 1986. Lagu kayak Master of Puppets, Battery, dan Sanitarium pasti bakal jadi kulikan wajib orang yang belajar riff-riff metal. Headbangin'!! Tapi dibalik itu kencengnya lagu-lagu dalam album ini, Metallica tetep nyediain sebuah karya melodius yang indah.

yang kelapaaaaaaan....

Appetite dor Destruction - Guns N Roses

Debuut albun GNR ini dirilis pada tahun 1987 sama Geffen Record. Welcome to the Jungle, Nightrain, Paradise City, Sweet Child O' Mine, dan Rocket Queen adalah lagu yang enak didengerin. Nada-nada gitar pilihan Slash emang revolusioner. Gara-gara album ini nama GNR pun langsung berkibar sebagai salah satu band rock terbesar di dunia.

yang kesembiiilaaaaan..

A Night at the Opera - Queen

Rilis pada tahun 1975, album ini ngejagoin Bohemian Rhapsody sebagai single pertamanya. Semua kritikus sepakat bahwa lagu itu emang merupakan salah satu lagu terindah yang pernah digubah oleh manusia. Melody gitar, perpaduan suara, dan orkestra yang megah jadi sebuah alasan kenapa album ini didaulat sebagai album rock terbaik. Lagu lain yang bisa didenger, You're My Best Friend dan Love of My Life

yang terakhiiiiiiirr...

Ten - Pearl Jam

Debut album Pearl Jam ini dirilis oleh Epic Record pada tahun 1991. Album ini dinilai punya lirik yang paling dalam dibanding dengan album band grunge bersejarah lainnya (termasuk Nevermind-nya Nirvana). Lagu-lagu yang bisa didengerin di album ini, Once, Olive, dan tentu Black yang menghanyutkan itu.

No comments:

Post a Comment